Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenisnya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 28 Jun 2021, 08:20 WIB
Diperbarui 28 Jun 2021, 08:20 WIB
Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenis-jenisnya
Perbesar
Ilustrasi Aplikasi. | unsplash.com/@christianw

Liputan6.com, Jakarta Segala hal kini bisa dengan mudahnya Anda lakukan melalui ponsel pintar, baik dengan sistem operasi iOs maupun Android. Ini tentu tak bisa dilepaskan dari peran aplikasi. Aplikasi adalah sebuah program perangkat lunak untuk keperluan tertentu. Aplikasi tidak hanya program yang terdapat di ponsel. Program-program yang berada di dalam komputer pun dapat disebut dengan aplikasi.

Secara umum, aplikasi adalah suatu subkelas dari suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Aplikasi dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Selain bisa membantu dan mempercepat proses pekerjaan manusia, aplikasi juga bisa menciptakan hasil yang lebih akurat dalam memecahkan permasalahan. Aplikasi pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, dan berinteraksi dengan aplikasi yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman).

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai pengertian aplikasi, fungsi, hingga jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenis-jenisnya
Perbesar
Ilustrasi aplikasi. Adem AY/Unsplash

Istilah aplikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris “application” yang dapat diartikan sebagai penerapan atau penggunaan. Secara harfiah, aplikasi adalah suatu penerapan perangkat lunak atau software yang dikembangkan untuk tujuan melakukan tugas-tugas tertentu.

Dalam pengembangannya, aplikasi dapat dikategorikan dalam tiga kelompok, diantaranya;

a. Aplikasi desktop, yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop.

b. Aplikasi Web, yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.

c. Aplikasi mobile, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile di mana untuk kategori ini penggunaannya sudah banyak sekali.

Selain itu ada beberapa pengertian aplikasi menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sri Widianti

Pengertian aplikasi adalah suatu program atau perangkat lunak yang dibuat sebagai front end sebuah sistem. Kemudian digunakan dalam mengelola data untuk digunakan menjadi suatu informasi yang bermanfaat untuk penggunanya.

2. Hengky W. Pramana

Pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas maupun pekerjaan manusia. Contohnya seperti aplikasi untuk layanan masyarakat, periklanan, aktivitas niaga, permainan dan lain sebagainya.

3. Rachmad Hakim S.

Pengertian aplikasi adalah sebuah software yang dikembangakan dengan tujuan tertentu. Bisa sebagai pengolah data, menjalankan permainan dan hal-hal lainnya.

4. Harip Santoso

Pengertian aplikasi adalah suatu kelompok file (report, class, form) yang dikembangkan guna mengerjakan sebuah kegiatan tertentu yang saling berhubungan. Contohnya seperti aplikasi payroll dan fixed asset.

5. Ali Zaki dan Smitdev Community

Pengertian aplikasi adalah suatu komponen yang digunakan sebagai media pengoperasian pengolahan dokumen atau data.

6. Jogiyanto

Aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

7. Ibisa

Aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan bukan merupakan beban bagi penggunanya.

8. Hendrayudi

Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

9. Yuhefizar

Aplikasi adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.

10. Eko. I & Djokopran

Aplikasi adalah proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fungsi Aplikasi

Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenis-jenisnya
Perbesar
Ilustrasi Aplikasi: Dailydot.com

Di era modern, aplikasi memberikan banyak fungsi baik bagi pembuat maupun pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi dari aplikasi adalah :

1. Untuk Mempermudah Pekerjaan

Dengan aplikasi, maka pekerjaan Anda pun lebih mudah. Anda hanya nmencari nama aplikasi atau fungsi dari suatu aplikasi di Play Store dan App Store. Misalnya, Anda ingin menyunting foto agar memiliki latar bokeh. Anda bisa mencari aplikasi bokeh di Play Store dan App Store, kemudian tinggal unduh dan biarkan aplikasi mengerjakan apa yang Anda inginkan.

2. Sebagai Media Hiburan

Aplikasi, selain dapat membantu pekerjaan Anda, juga bisa menjadi sarana hiburan. Aplikasi yang bisa menjadi hiburan contohnya seperti aplikasi game, aplikasi musik, dan sebagainya. Dengan kehadiran aplikasi sebagai media hiburan, Anda tidak akan bosan di manapun berada. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila saat ini, ada banyak orang yang tidak pernah merasa bosan pada saat menunggu.                                         

3. Untuk Mendapat Pembaharuan Kabar

Melalui aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan kabar-kabar terkini. Misalnya, aplikasi baca berita atau podcast. Maka dari itu, dengan mengunduh aplikasi-aplikasi ini, Anda tidak akan mengalami ketertinggalan. Anda bahkan bisa menyalakan notifikasi supaya tidak ketinggalan berita-berita terbaru di ponsel. Jadi, Anda tetap bisa update perkembangan berita di manapun Anda berada.

4. Untuk Media Pertemanan atau Komunikasi

Aplikasi juga mampu mendekatkan jarak di antara kita. Contohnya seperti Whatsapp, Line, dan sebagainya. Dengan adanya aplikasi, Anda bahkan bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang letaknya jauh. Anda juga tidak perlu lagi kebingungan mencari tahu kabar seseorang. Dunia kini seolah semakin dekat saja dengan adanya aplikasi-aplikasi menarik di ponsel pintar.

5. Mempermudah Kehidupan

Harus diakui bahwa keberadaan berbagai aplikasi sangat mempermudah kehidupan kita. Misalnya, aplikasi yang bisa membantu kita melihat peta, memesan makanan, memesan tiket, dan sebagainya. Segala hal seolah kini ada dalam genggaman, dan kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai macam hal di sana.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis-jenis Aplikasi

Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenis-jenisnya
Perbesar
Ilustrasi Aplikasi. Adem AY/Unsplash

Selain memiliki banyak fungsi, aplikasi juga dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Adapun jenis-jenis aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Desktop

Saat ini aplikasi desktop banyak tersedia dan bisa dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop memiliki banyak fitur (contohnya seperti Microsoft Word), dan aplikasi dekstop lainnya hanya mempunyai satu atau dua fitur (contohnya seperti aplikasi jam atau kalender).

2. Aplikasi Grafis

Aplikasi grafis adalah sebuah program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru atau juga bisa mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Aplikasi Web Browser

Aplikasi web browser merupakan salah satu bagian penting dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http. Dengan begini, definisi teknis dari world wide web ialah semua sumber daya serta semua pengguna di intenet yang memakai HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

4. Aplikasi Multimedia

Kita semua pastinya pernah merasakan jenuh pada saat melakukan pekerjaan. Aplikasi multimedia adalah salah satu media hiburan yang dapat kita pergunakan. Apabila kita ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang sudah kita unduh, maka kita bisa memakai aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes adalah aplikasi pemutar media yang populer saat ini.

5. Aplikasi Communication

Aplikasi ini adalah yang paling banyak digunakan dan merupakan yang paling populer. Aplikasi ini dipakai agar manusia dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lain. Contoh seperti aplikasi communication antara lain, Line, Whatsapp , BBM dll.

6. Aplikasi DBMS

Aplikasi DBMS (Database Management System) dipakai untuk menyimpan data, mengolah data dan untuk menghasilkan output berupa informasi. Aplikasi seperti ini ada yang tersedia secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dll.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Klasifikasi Aplikasi

Ada beberapa klasifikasi aplikasi yang perlu Anda pahami, diantaranya :

1. System Software

Aplikasi yang dapat menglola dan mengendalikan proses operasi internal di dalam sistem komputer.

2. Real Time Software

Aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengamati, menganalisa, serta mengendalikan suatu kejadian di dunia nyata saat sedang berlangsung.

3. Business Software

Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk keperluan bisnis, misalnya untuk mengatur sistem keuangan.

4. Engineering and Scientific Software

Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu manusia menyelesaikan suatu masalah yang sifatnya non algoritmik.

5. Web Based Software

Aplikasi yang memiliki fungsi sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.

6. Personal Computer Software

Aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga pribadi yang sudah banyak digunakan saat ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya