14 Makanan yang Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak, Tetap Sehat Saat Pandemi

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 27 Jun 2021, 17:10 WIB
Diperbarui 27 Jun 2021, 17:27 WIB
14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi Makanan Sehat Credit: pexels.com/Thomas

Liputan6.com, Jakarta Makanan untuk daya tahan tubuh anak penting untuk dikonsumsi agar imunitasnya bisa tinggi dalam mencegah penyakit. Sistem imun merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki tubuh untuk tetap berada dalam kondisi sehat dan fit.

Itulah mengapa imun tubuh anak-anak perlu dijaga apalagi ketika berada di tengah pandemi Covid-19 dan cuaca dengan curah hujan yang tinggi seperti saat ini. Sistem imun berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri termasuk membantu tubuh anak untuk memulihkan diri saat sakit. 

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga fungsi dan peranan dari sistem imun ini. Salah satu cara yang paling sederhana ialah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung kerja sistem imunitas tubuh.

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tetap sehat saat pandemi seperti saat ini, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Brokoli dan Bayam

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Bayam dan Brokoli / Sumber: iStockphoto

1. Brokoli

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang utama adalah brokoli. Banyak anak-anak yang tidak menyukai sayuran satu ini, padahal sebenarnya brokoli sangat bermanfaat bagi tubuh si Kecil. Faktanya, brokoli memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang berguna meningkatkan imun tubuh. Sayur ini dilengkapi vitamin A, C, and E, juga serat dan antioksidan di dalamnya. Zat-zat ini berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas, membuat tubuh jadi tidak mudah sakit.  Sebaiknya brokoli dihidangkan dengan cara direbus. Cara ini merupakan cara terbaik menjaga manfaat zat dan vitamin yang terdapat dalam brokoli.

2. Bayam

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah bayam. Sayur-sayuran memang dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang paling menyehatkan bagi tubuh. Selain brokoli, bayam juga termasuk sayuran yang mendukung pembentukkan imun tubuh. Sayur bayam dapat meningkatkan sistem imun karena kaya akan nutrisi, seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E. Zat-zat tersebut dapat mendukung kerja sistem imun dalam tubuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jahe dan Buah Kiwi

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi jahe. (pixabay.com/Couleur).

3. Jahe

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah jahe. Makanan alami ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh. Jahe dapat membantu mengurangi inflamasi yang menurunkan penyakit inflamasi seperti radang tenggorokan juga flu. Peradangan atau inflamasi ini sebenarnya dapat memperngaruhi respon imun tubuh. Itulah mengapa jahe dapat dikatakan berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh anak mama.

4. Kiwi

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah kiwi. Vitamin C merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh imun tubuh. Sebenarnya tidak hanya jeruk, buah kiwi juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Mengonsumsi kiwi yang kaya akan vitamin C dapat membantu meningkatkan fungsi dari sistem imun anak. Sistem imun yang baik membantu anak-anak sembuh lebih cepat ketika sakit, terutama dari flu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Yoghurt dan Blueberry

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
ilustrasi greek yoghurt/unsplash

5. Yoghurt

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah yoghurt. Yoghurt sendiri dikenal kaya akan vitamin D yang membantu regulasi sistem imun tubuh juga meningkatkan pertahanan alami tubuh ketika berhadapan dengan penyakit. Sebaiknya berikan anak-anak yoghurt tanpa rasa (plain) atau greek yoghurt yang dibuat tanpa pemanis buatan. Pemanis buatan dalam yoghurt tidaklah baik bagi tubuh si kecil karena mengandung gula secara berlebih.

6. Blueberry

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah blueberry. Di dalam sebutir blueberry ternyata tersimpan berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh. Bluberi mengandung flavonoid yang kaya akan antioksidan. Zat tersebut menjaga tubuh dari penyakit, terutama batuk dan pilek. Antioksidan dalam blueberry juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Almond dan Tomat

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi Kacang Almond Credit: unsplash.com/Ignacio

7. Almond

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah almond. Pada dasarnya ini disebabkan oleh kandungan vitamin E yang ditemukan dalam almond. Vitamin E ialah antioksidan alami pengganti vitamin C yang berfungsi menyehatkan sistem imun dan mencegah flu. Tidak hanya itu, almond juga dilengkapi dengan lemak sehat yang membantu penyerapan vitamin E terjadi lebih maksimal. Mengonsumsi 8-9 kacang almond dalam sehari dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

8. Tomat

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah tomat. Tomat merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi karena memiliki konsentrasi vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi tomat dapat membantu kerja sistem imun terutama ketika anak-anak sakit. Satu tomat yang berukuran sedang mengandung lebih dari 16 mg vitamin C yang merupakan bahan bakar yang baik untuk sistem imun tubuh anak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pepaya dan Ubi

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Somi

9. Pepaya

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah pepaya. Seperti tomat dan kiwi, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah ini membantu sistem pertahanan tubuh bekerja lebih baik.

Berbeda dengan buah-buah lainnya, pepaya tidak hanya dikenal karena kandungan vitamin C-nya saja. Namun pepaya juga mengandung banyak zat bermanfaat lainnya, seperti enzim pencernaan papain yang memiliki efek antiinflamasi, kandungan potasium, magnesium, juga folat yang bermanfaat bagi tubuh.

10. Ubi

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah ubi. Ada baiknya si Kecil mulai mencoba makanan satu ini karena sangat bermanfaat bagi tubuhnya. Pada sebuah ubi berukuran sedang terdapat 120% dari kebutuhan vitamin A, dan 30% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari. Kedua vitamin tersebut sangatlah penting bagi sistem imun tubuh, juga untuk kulit anak. Tidak hanya itu, ubi juga merupakan makanan yang bebas kolesterol dan bebas lemak, lengkap dengan kandungan serat yang tinggi. Ada banyak cara mengolah ubi menjadi makanan yang enak, seperti dipanggang, digoreng, ataupun direbus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Semangka dan Salmon

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi Buah Semangka Credit: pexels.com/Anylee

11. Semangka

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah semangka. Buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk manfaat bagi sistem imun anak. Semangka mengandung sejumlah zat yang dapat memperkuat sistem imun seperti potasium, vitamin, dan vitamin C, juga vitamin B dan glutathione. Zat-zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi dan kerja imun. Semangka juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Terdapat hanya sekitar 80 kalori dalam 2 cangkir semangka.

12. Salmon

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah salmon. Tidak hanya bermanfaat bagi otak anak, ikan salmon juga ternyata memiliki khasiat bagi sistem imun tubuhnya. Salmon dipenuhi dengan kandungan zinc. Kandungan ini membantu meningkatkan sistem imun tubuh anak. Mengonsumsi ikan ini dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit seperti pilek yang umum terjadi pada anak-anak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Telur dan Jamur

14 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi
Perbesar
Ilustrasi Telur Goreng (iStockphoto)

13. Telur

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah telur. Telur merupakan makanan yang dikenal dengan sumber vitamin D yang alami. Telur juga bersifat sebagai makanan penambah daya tahan tubuh anak karena dilengkapi nutrisi pemacu imunitas seperti vitamin B dan selenium. Rasa telur yang cenderung gurih dan disukai anak-anak akan sangat memudahkan untuk membantu meningkatkan kekuatan imunitas anak-anak. Konsumsi dua buah telur rebus sehari pada saat makan siang dan atau sebagai camilan dinilai ampuh untuk menjaga si kecil dari serangan virus.

14. Jamur

Macam-macam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lainnya adalah jamur. Berbagai jenis jamur memiliki efek antibakteri, antivirus, bahkan antikanker. Anda bisa memvariasikan pemberian jamur mulai dari ditumis hingga dijadikan tipping makanan kesukaan anak.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya