Sukses

15 Manfaat Minyak Kutus-Kutus bagi Kesehatan dan Cara Pakainya Sesuai Penyakit

Manfaat minyak kutus-kutus untuk kesehatan memiliki segudang khasiat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kutus-kutus untuk kesehatan memiliki segudang khasiat yang terbuat  dari campuran sumber herbal. Minyak kutus-kutus merupakan minyak alami yang berasal dari Bali. Awalnya, minyak ini diracik untuk mengobati sakit pada kaki. Namun, belakangan ditemukan berbagai khasiat lain dari minyak kutus-kutus.

Minyak kutus-kutus terbuat 49 jenis tanaman obat. Seperti daun neem, daun ashitaba, tanaman purwaceng, bunga lawang, temulawak, kulit kayu, daun pule, minyak kelapa, dan gaharu. Komposisi rempah dan herbal alami ini memang sudah sejak lama dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Cara menggunakan minyak kutus-kutus sangat mudah, yaitu hanya dengan mengoleskannya ke kulit atau bagian tubuh yang bermasalah. Minyak ini mampu mengobati berbagai penyakit, seperti gatal-gatal, cegah kanker, alergi, radang sendi, atasi thyroid, dan gangguan pencernaan, serta berkhasiat untuk mengurangi lemak dan menjaga stamina.

Untuk lebih mengetahui secara rinci, berikut ini beberapa manfaat minyak kutus-kutus untuk kesehatan dan cara memakainya yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan Minyak Kutus Kutus

Untuk mengetahui manfaat minyak kutus kutus, sebelumnya Anda harus mengetahui kandungan bahan herbal yang ada di dalamnya. Berikut ini kandungan yang terdapat pada minyak kutus-kutus, yaitu :

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak, seperti asam laurat, asam kaprat, asam linoleat, dan asam oleat. Bahan ini memiliki efek antibakteri, antijamur, dan antivirus. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki keunggulan sebagai antioksidan. Sebagai minyak oles, kandungan emolien yang tinggi pada minyak kelapa membuat kulit menjadi lembap dan lebih elastis.

2. Daun Ashitaba

Daun ashitaba (Angelica keiskei) sudah lama dikonsumsi di Jepang dan Korea sebagai obat herbal atau teh. Beberapa studi menemukan bahwa daun ashitaba memiliki efek antiradang, antidiabetes, antitumor, dan antioksidan.

3. Gaharu

Gaharu (Aquilaria spp.) merupakan bahan yang banyak dipakai dalam pengobatan tradisional Asia sejak dulu. Gaharu adalah obat herbal yang didapat dari pohon Aquilaria, serta digunakan sebagai pewangi dan pengobatan.

4. Purwoceng

Purwoceng adalah tanaman asal Indonesia yang tumbuh di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Dalam pengobatan tradisional, purwoceng sudah lama dikenal sebagai afrodisiak (pembangkit gairah seksual). Ekstrak purwoceng memang dapat meningkatkan vitalitas, tanaman ini terlihat dapat meningkatan testosteron dan lutenizing hormone (LH). Selain itu, senyawa flavonoid dan fenolat dalam purwoceng juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

5. Daun Neem

Neem memiliki manfaat sebagai antijamur, terutama jamur penyebab kurap, kutu air, dan keputihan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa neem bersifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang, serta mampu mencegah pertumbuhan kanker. Daun neem juga diduga baik untuk memelihara kesehatan organ hati, saraf, dan membantu penyembuhan luka.

6. Jintan Hitam

Berbagai penelitian dilakukan guna membuktikan manfaat jintan hitam atau habbatussauda, yang diklaim mampu mengatasi hipertensi, diabetes, asma, kolesterol tinggi, dan kanker. Jintan hitam juga memiliki efek diuretik, antibakteri, antiradang, dan antinyeri, mampu memperkuat kekebalan tubuh, serta baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan ginjal.

7. Temulawak

Temulawak diketahui memiliki khasiat antiradang, antihipertensi, antidiuretik, antijamur, antibakteri, dan antioksidan. Selain itu, temulawak diduga mampu meningkatkan nafsu makan dan mengatasi gangguan kandung empedu, hati, dan gangguan pencernaan.

8. Serai

Dalam pengobatan tradisional, serai biasa diminum sebagai jamu, dioleskan ke kulit, atau dihirup sebagai aromaterapi. Minyak serai memiliki sifat antijamur dan antiperadangan. Sebagai aromaterapi, minyak serai telah terbukti dapat meredakan kecemasan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kutus-kutus Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat minyak kutus-kutus yang dapat Anda ketahui, diantaranya :

1. Mengobati Sakit Gout dan Rematik

Manfaat minyak kutus-kutus yang pertama adalah dapat mengobati penyakit gout dan rematik. Penyakit gout adalah peradangan pada sendi yang menyebabkan kadar asam urat tinggi di tubuh. Penyakit ini sering disebut juga asam urat dan merupakan salah satu penyakit radang persendian. Minyak kutus-kutus dipercayakan ampuh untuk mengobati penyakit gout dan rematik yang masih belum terlalu parah. Aplikasikan minyak secara rutin pada persendian yang sakit, mulai dari di pagi hari dan ketika Anda hendak tidur.

2. Melancarkan Masalah Pencernaan

Ada banyak sekali masalah pencernaan yang bisa dialami oleh setiap orang. Mulai dari diare, naiknya asam lambung, hingga proses buang air besar yang sulit atau tidak lancar. Manfaat minyak kutus kutus yang selanjutnya adalah ampuh untuk melancarkan masalah pencernaan karena di dalamnya terdapat ekstrak ashitaba yang apabila dioleskan pada perut bisa mengurangi perasaan tidak nyaman.

3. Meredakan Sakit Flu dan Batuk

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah meredakan sakit flu dan batuk. Flu dan batuk adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu bagi siapa saja. Anda bisa mencoba untuk meredakan sakit flu dan batuk yang menyerang dengan membalurkan minyak pada bagian punggung, leher dan perut secara teratur di pagi hari agar flu dan batuk bisa berkurang.

4. Meningkatkan Vitalitas dan Stamina

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah meningkatkan vitalitas dan stamina. Seringkali masalah vitalitas membuat pria menjadi tidak percaya diri. Memiliki stamina yang baik merupakan salah satu kunci pernikahan agar menjadi lebih bahagia. Anda bisa mencoba untuk membalurkan minyak kutus kutus pada bagian paha dalam hingga selangkangan, lalu balurkanlah pada daerah vital Anda secara merata.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah untuk penyembuhan luka secara cepat. Minyak kutus kutus memiliki kandungan minyak kelapa yang memiliki kandungan kolagen tinggi serta antioksidan. Minyak kelapa yang terdapat di dalam minyak kutus kutus dapat membantu penyembuhan luka pada kulit dengan cepat.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kutus-kutus Bagi Kesehatan Tubuh

6. Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Gigitan serangga sangatlah gatal dan mengganggu. Jika Anda pernah digigit oleh serangga, tentu bekas gigitan lukanya terkadang akan terasa perih, gatal dan sakit. Redakan rasa gatal dan sakit akibat gigitan serangga tersebut dengan mengoleskan minyak pada bagian yang tergigit serangga.

7. Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk sangatlah mengganggu karena gigitannya bisa membawa penyakit yang berbahaya bagi tubuh Anda. Hindari gigitan nyamuk dengan mengoleskan minyak kutus-kutus secara merata pada anggota tubuh Anda yang terekspos gigitan nyamuk. Selain menggunakan minyak kutus-kutus, Anda juga bisa mengusir nyamuk dengan meletakkan kulit jeruk pada tempat yang gelap dan lembab di rumah Anda.

8. Mengatasi Insomnia

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengatasi insomnia. Penyakit insomnia atau susah tidur sangatlah mengganggu karena tidur adalah salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang sebagai salah satu cara bagi tubuh untuk mengganti sel yang mati. Atasi penyakit insomnia dengan mengolesi minyak kutus kutus pada telapak kaki dan telapak tangan secara berkala, lalu balurkan juga sepanjang tulang punggung.

9. Mengurangi Rasa Stres

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengurangi rasa stres. Rasa stres setelah bekerja akan mengganggu produktifitas Anda sehari-hari, dan tubuh juga secara otomatis akan sangat terganggu dengan rasa stres yang menyerang. Manfaatkan minyak kutus kutus dengan cara membalurkannya pada kening Anda dan memijatnya sebentar.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang anggota tubuh lainnya dengan cepat dan mengakibatkan tingkat kematian yang tinggi. Anda bisa mencegah penyakit kanker kulit dengan mengoleskan minyak kutus-kutus secara berkala pada tubuh Anda selama beberapa hari sekali.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kutus-kutus Bagi Kesehatan Tubuh

11. Menghilangkan Bekas Selulit

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah menghilangkan bekas selulit. Selulit adalah sebuah kondisi dimana kulit menjadi bergelombang dan tidak rata. Selulit ini biasanya menyerang pada bagian tubuh yang memiliki timbunan lemak berlebih dan penderitanya jarang berolahraga. Anda bisa menghilangkan bekas selulit dengan mengoleskan minyak kutus kutus secara berkala pada anggota tubuh Anda yang mengalami selulit.

12. Mengatasi Alergi dan Tubuh yang Sensitif

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengatasi alergi dan tubuh yang sensitif. Setiap orang biasanya memiliki penyakit alergi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tubuh atau kulit sensitif terhadap debu dan bisa memicu alergi ketika sedang berada di ruangan yang berdebu. Anda bisa mengoleskan minyak kutus kutus untuk meredakan rasa alergi yang menyerang kulit.

13. Mengatasi Penyakit Anyang-Anyangan

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengatasi penyakit anyang-anyangan. Penderita anyang-anyangan akan merasakan perasaan yang tidak nyaman karena Anda harus bolak balik ke kamar kecil untuk membuang air akan tetapi jumlah urine yang dikeluarkan sangatlah sedikit dan membuat tubuh Anda terasa sakit. Balurkan minyak kutus kutus sepanjang tulang punggung hingga ke bagian pinggang belakang. Oleskan juga pada perut bagian bawah hingga ke paha untuk mengatasinya.

14. Mengatasi Gejala Penyakit Thyroid

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah mengatasi gejala penyakit thyroid. Penyakit thyroid adalah sebuah gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi dari kelenjar thyroid yang berada di leher. Sebelum terlambat, ada baiknya jika Anda mencegah gejala penyakit thyroid seperti tubuh mengalami tremor hingga mengalami gangguan tidur dengan secara rutin mengoleskan minyak kutus kutus pada permukaan leher secara merata.

15. Menyembuhkan Penyakit Menurun Seperti Diabetes

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah menyembuhkan penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit turunan yang sangat berbahaya dan bisa memiliki efek jangka panjang bagi tubuh Anda. Lakukanlah terapi dengan menggunakan minyak kutus kutus secara rutin agar Anda bisa menyembuhkan penyakit menurun ini. Balurkanlah minyak ini pada telapak tangan dan jari secara merata hingga ke sela-sela. Balurkan juga secara rata pada punggung kaki, mata kaki dan betis. Lalu sebagai penutup, jangan lupa untuk mengoleskan pada belakang telinga Anda.

6 dari 6 halaman

Cara Penggunaan Minyak Kutus-Kutus

Salah satu kelebihan lainnya dari minyak kutus-kutus adalah pengaplikasiannya sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk menggunakan minyak ini pada tubuh Anda agar hasil yang didapatkan bisa maksimal, diantaranya:

1. Balurkan minyak pada permukaan kulit sambil memberikan pijatan secara perlahan agar minyak bisa meresap sempurna pada pori-pori kulit.

2. Anda bisa mengoleskan minyak secara merata pada seluruh permukaan kulit atau hanya mengaplikasikannya pada sepanjang pinggiran dari tulang punggung belakang Anda terus hingga tulang ekor.

3. Minyak ini bisa Anda oleskan pada permukaan kulit yang mengalami kerusakan untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Gunakanlah sehari 3 kali secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini