Sukses

10 Macam Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi, Dilengkapi Pengertian dan Cara Memilihnya

Kepemimpinan adalah suatu kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan memberdayakan orang lain atau anggota untuk mencapai tujuan organisasi.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui macam gaya kepemimpinan dapat digunakan untuk memimpin sebuah organisasi agar mnecapaui tujuan yang diharapkan. Kepemimpinan adalah suatu proses untuk memengaruhi atau memberikan contoh kepada pengikut oleh seorang pemimpin.

Pemimpin pada dasarnya merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk menggerakan segala sumber daya (terutama manusia) untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. 

Kepemimpinan ini tidak semata-mata diperoleh karena sebuah status (jabatan). Namun gaya kepemimpinan mengacu pada perilaku karakteristik pemimpin saat mengarahkan, memotivasi, membimbing, dan mengelola sekelompok orang. Pemimpin hebat bisa menginspirasi gerakan politik dan perubahan sosial. Mereka juga dapat memotivasi orang lain untuk tampil, berkreasi, dan berinovasi.

Untuk lebih rinci mengenai macam gaya kepemimpinan, berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan

Kepemimpinan berasal dari kata dasar pemimpin, di mana pemimpin adalah orang yang mendorong, menggerakkan dan meyakinkan orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Keberadaan pemimpin dalam suatu organisasi tidak sama dengan pemimpin kelompok yang asal tunjuk.

Dalam organisasi, penentuan pemimpin didasarkan oleh banyak faktor dan harus melalui berbagai tahapan agar dapat diperoleh pemimpin yang berjiwa jujur, cedas, adil, dan amanah sehingga pemimpin mampu membangun iklim organisasi yang harmonis.

Pengertian kepemimpinan adalah suatu kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan memberdayakan orang lain atau anggota untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan dalam organisasi yang baik yakni dapat mengkoordinasikan, mengsinergikan dan memaksimalkan segala sumberdaya (terutama manusia) yang ada untuk mencapai tujuan.

Selain itu dengan kepemimpinan seorang pemimpin mampu menggali dan mengembakan pontesi yang dimiliki oleh setiap anggotanya.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Gaya Kepemimpinan

Ada beberapa macam gaya kempemimpinan yang bisa diterapkan dalam organisasi, diantaranya:

1. Gaya Kepemimpinan Otokratis

Macam gaya kepemimpinan yang pertama adalah gaya kepemimpinan otokratis. Gaya kepemimpinan otokratis atau otoriter memusatkan kekuasaan penuh pada pemimpin. Biasanya, para bawahan atau anggota tidak diberikan kebebasan untuk menentukan tujuan mereka sendiri. Dalam arti, keputusan pemimpin bersifat mutlak, tidak bisa diganggu gugat, dan anggotanya tidak diberi kesempatan berpendapat.

Pemimpin sangat dominan dalam setiap pengambilan keputusan, kebijakan, peraturan, dan prosedur apa pun di perusahaan/organisasi. Terkadang, gaya kepemimpinan ini bisa berjalan sukses, jika memang pemimpin punya pengalaman dan keterampilan maksimal. Namun, kepemimpinan seperti ini juga bisa menjadi bumerang karena kemungkinan besar bawahannya menjadi 'jengah'. Apalagi di zaman modern sekarang, kepemimpinan otokratis tidak relevan lagi untuk diterapkan.

Adapun ciri-ciri pemimpin dengan tipe kepemimpinan otokratis, antara lain:

a. Organisasi atau perusahaan dianggap sebagai milik pribadi dan atasan memiliki hak penuh atas itu.

b.  Bawahan hanyalah sebagai alat semata untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

c.  Tidak mau menerima kritik, saran, dan pendapat dari orang lain.

d.  Semua keputusan dari pemimpin adalah paling benar.

e.  Sering menggerakkan bawahan dengan pendekatan yang mengandung unsur paksaan dan ancaman.

2.  Gaya Kepemimpinan Demokratis

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan demokratis. Dalam konsep kepemimpinan demokratis, anak buah (bawahan) mempunyai peranan penting dan dilibatkan dalam setiap keputusan. Setiap bawahan diberikan tugas dari atasan sesuai dengan kemampuan atau keahlian masing-masing. Kreativitas, kejujuran, usaha, dan tanggung jawab, sangat terlihat jelas lewat gaya kepemimpinan yang satu ini. Komunikasi yang terjalin dari gaya kepemimpinan ini bersifat dua arah, di mana setiap bawahan dapat menyampaikan masukan jika diperlukan. Sosok pemimpin dengan gaya kepemimpinan demokratis akan disegani oleh bawahan, bahkan difavoritkan.

3.  Gaya Kepemimpinan Birokrasi

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan birokrasi. Di sini, pemimpin tidak hanya bertugas sebagai atasan, tapi juga harus memastikan bahwa semua aturan dipatuhi oleh karyawan. Kepemimpinan birokrasi ini cukup efektif untuk memantau hasil kerja rutin dari para karyawan. Jadi, sekiranya ada karyawan yang malas-malasan atau tidak menunjukkan kinerja baik, atasan bisa segera mengambil sikap.

4.  Gaya Kepemimpinan Karismatik

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan karismatik. Kata 'karisma' yang berasal dari bahasa Yunani sebagai suatu sifat tertentu dari seseorang. Karisma dipandang sebagai kemampuan atau kualitas istimewa manusia yang tidak dimiliki oleh orang dewasa. Berdasarkan hal itu, pemimpin yang baik adalah seseorang yang memiliki karisma di dalam dirinya. Seorang pemimpin karismatik memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat, sehingga mampu memengaruhi anak buahnya. Dengan pembawaan seperti itu, pemimpin karismatik akan membuat orang kagum, yakin, dan benar-benar percaya.

5.  Gaya Kepemimpinan Inovatif

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan inovatif. Setiap organisasi maupun perusahaan selalu membutuhkan inovasi berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, sangat diperlukan sosok pemimpin dengan pribadi yang inovatif pula. Pasalnya, itu nanti akan berpengaruh pada bagaimana cara ia memimpin organisasi atau perusahaan. Inilah yang dikenal dengan gaya kepemimpinan inovatif atau innovative leadership style.

Gaya kepemimpinan inovatif lebih mengarah pada perusahaan yang memproduksi produk, layanan, dan jasa. Tipe pemimpin seperti ini akan mengarahkan setiap karyawan memiliki ide-ide segar demi kemajuan perusahaan. Di sisi lain, ia akan menerapkan prinsip trial and error dan berani mengambil risiko apa pun dalam setiap keputusan.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Gaya Kepemimpinan

6. Gaya Kepemimpinan Partisipatif

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan partisipatif. Partisipatif merupakan gaya kepemimpinan yang mengarah pada kepercayaan dan loyalitas dari bawahan ke pemimpin. Dalam hal ini, baik pimpinan maupun bawahan akan terlibat bersama menentukan kebijakan dan aturan lainnya.

7. Gaya Kepemimpinan Transaksional

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan transaksional. Gaya kepemimpinan transaksional mengutamakan berbagai kesepakatan antara pimpinan dan anggotanya. Bentuk kesepakatan tersebut berupa reward (hadiah/penghargaan) dan punishment (hukuman/sanksi). Kesepakatan ini akan 'memancing' semangat para anggota bekerja sebaik-baiknya untuk memperoleh penghargaan. Sementara, bagi mereka yang tidak sanggup mencapai tujuan, maka harus siap menerima segala bentuk sanksi.

8. Gaya Kepemimpinan Delegatif

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan delegatif. Hampir mirip dengan gaya kepemimpinan demokratis, di mana seorang atasan memberi kepercayaan pada tim yang ia pimpin. Dari sini, dapat terlihat bagaimana cara pemimpin meningkatkan kerjasama antara dirinya dan anggota tim dalam menyelesaikan tugas. Sembari bekerja sama, pemimpin tipe ini bisa sekaligus mengawasi jalannya sistem agar tidak 'kebablasan'. Umumnya, cara memimpin seperti ini ditemukan pada perusahaan start-up yang masih berkembang.

9. Gaya Kepemimpinan Situasional

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan situasional. Seperti namanya, gaya kepemimpinan situasional menekankan pada pengaruh lingkungan dan situasi. Dalam penerapannya, gaya kepemimpinan situasional terbagi menjadi 2 (dua) teori, antara lain:

a. Teori kepemimpinan Hersey dan Blanchard

Model kepemimpinan ini pertama kali diterbitkan pada 1969. Ada empat gaya kepemimpinan dari teori ini. Di antaranya, gaya bercerita, gaya penjualan, gaya berpartisipasi, dan gaya mendelegasikan.

b. Teori kepemimpinan SLII Blanchard

Untuk model SLII Blanchard ini, ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian, yakni pengarahan, pembinaan, pendukung, dan delegasi.

10.  Gaya Kepemimpinan Transformasional

Macam gaya kepemimpinan yang selanjutnya adalah gaya kepemimpinan transformasional. Secara sederhana, kepemimpinan transformasional diartikan sebagi proses mengubah dan mentransformasikan individu menuju perubahan. Di dalamnya, pemimpin terlibat untuk memenuhi kebutuhan para karyawan agar kualitas mereka semakin meningkat. Terdapat empat faktor untuk menuju kepemimpinan tranformasional, yang dikenal sebutan 4 I, yaitu:

a. Idealized influence: pemimpin merupakan sosok ideal sebagai panutan yang dipercaya dan dihormati.

b. Inspirational motivation: pemimpin dapat memotivasi seluruh karyawan dan mendukung semangat tim.

c. Intellectual Stimulation: pemimpin dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi pada karyawan.

d. Individual consideration: pemimpin bertindak sebagai pelatih dan penasihat bagi para karyawan.

5 dari 5 halaman

Cara Memilih Gaya Kepemimpinan yang Cocok Bagi Anda

Mengetahui gaya kepemimpinan mana yang paling cocok untuk Anda adalah bagian dari menjadi pemimpin yang baik. Mengembangkan gaya dengan kemampuan untuk memperluas ke gaya lain sesuai situasi dapat membantu meningkatkan efektivitas kepemimpinan Anda. Berikut ini cara memilih gaya kepemimpinan yang harus Anda terapkan dalam organisasi adalah:

1. Kenali Diri Anda

Mulailah dengan meningkatkan kesadaran Anda tentang gaya kepemimpinan dominan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan meminta kolega tepercaya untuk menjelaskan kekuatan gaya kepemimpinan Anda. Anda juga dapat mengikuti penilaian gaya kepemimpinan.

2. Pahami Gaya Yang Berbeda

Kenali repertoar gaya kepemimpinan yang dapat bekerja paling baik untuk situasi tertentu. Keterampilan baru apa yang perlu Anda kembangkan?

3. Latihan Menjadikan Seorang Pemimpin

Bersikaplah tulus dengan pendekatan apa pun yang Anda gunakan. Beralih dari gaya kepemimpinan dominan ke gaya kepemimpinan lain mungkin menantang pada awalnya. Praktikkan perilaku baru hingga menjadi alami. Dengan kata lain, jangan gunakan gaya kepemimpinan yang berbeda sebagai pendekatan "tunjuk-dan-klik". 

4. Kembangkan Ketangkasan Kepemimpinan Anda

Gaya kepemimpinan tradisional masih relevan di tempat kerja saat ini, tetapi mereka mungkin perlu dikombinasikan dengan pendekatan baru sejalan dengan definisi kepemimpinan untuk abad ke-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.