Sukses

12 Macam Dinosaurus dan Namanya yang Populer, Menarik Dipelajari

Macam dinosaurus perlu kamu ketahui sebagai pembelajaran makhluk hidup zaman dulu yang pernah hidup di bumi.

Liputan6.com, Jakarta Macam dinosaurus perlu kamu ketahui sebagai pembelajaran makhluk hidup zaman dulu yang pernah hidup di bumi. Hewan yang bertubuh sangat besar ini pernah hidup di bumi sekitar 230 tahun yang lalu.

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria, yang pertama kali muncul pada periode Trias. Dinosaurus merupakan hewan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura atau sekitar 201 juta tahun yang lalu. Mereka hidup hingga kira-kira sekitar 65 juta tahun yang lalu, hingga kemudian punah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum era Mesozoikum.

Ditemukannya berbagai fosil hewan purba satu ini oleh para peneliti membuat kita mengetahui bahwa mereka memang ada dan dulu pernah hidup di tanah yang sama dengan yang kita injak sekarang. Kamu bisa mengenalinya melalui buku-buku ensiklopedia, hingga film yang bertemakan dinosaurus.

Selain itu, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia. Hal ini berkat penemuan fosil dinosaurus untuk pertama kalinya  pada awal abad ke-19. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021) tentang macam dinosaurus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Dinosaurus dan Namanya

Tyrannosaurus Rex

Macam dinosaurus yang sangat populer adalah T-Rex atau Tyrannosaurus Rex. Tentu saja, hal ini berkat adanya pengaruh dari film-film Hollywood tentang dinosaurus. Binatang ini menjadi karnivora darat terbesar sepanjang sejarahnya. T-Rex juga dikenal sebagai predator ganas dengan gigitan tertajam di antara binatang purba lainnya.

Spinosaurus

Spinosaurus merupakan macam dinosaurus terbesar di dunia sepanjang sejarah. Merupakan theropoda raksasa yang dapat tumbuh hingga 15 meter dengan tinggi sekitar 5 meter dan berat mencapai 7,6 ton. Panjang tengkorak Spinosaurus ini mencapai 1,75 meter dengan seratus gigi-gigi runcing yang lurus sepanjang kira-kira 17 cm.

Stegosaurus

Macam dinosaurus ini merupakan yang paling mudah diidentifikasi, karena identik dengan memiliki baris sisik yang saling silang di punggungnya. Serta memiliki dua pasang duri panjang pada ekornya.

3 dari 5 halaman

Macam Dinosaurus dan Namanya

Brontosaurus atau Apatosaurus

Apatosaurus atau yang biasa dikenal dengan Brontosaurus merupakan salah satu macam dinosaurus yang memiliki leher panjang dan tubuhnya bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton. Habibat Brontosaurus ini ada di tepi danau dan hutan serta termasuk ke dalam binatang herbivora.

Velociraptor

Macam dinosaurus ini biasa disingkat dengan Raptor saja. Merupakan jenis dinosaurus pemangsa yang mirip dengan si T-Rex. Namun kalau si Raptor ini ukurannya lebih kecil dari T-Rex.

Jenis ini biasanya hidup berkelompok dan tergolong sebagai dinosaurus yang cerdas. Mereka biasa memangsa dengan menggunakan strategi pengalih perhatian.

Compsognathus

Merupakan macam dinosaurus dengan ukuran yang kecil. Bahkan ukurannya hanya mencapai 60 cm atau sebesar ayam saja, sehingga dinosaurus ini diperkirakan sebagai jenis dinosaurus terkecil di dunia. Mereka hidup secara berkelompok dan mirip dengan T-Rex dan Raptor.

4 dari 5 halaman

Macam Dinosaurus dan Namanya

Triceratops

Macam dinosaurus yang satu ini terkenal dan biasa disebut Tritop. Ini merupakan jenis dinosaurus yang memiliki tiga tanduk dengan badan yang besar. Tanduknya memiliki fungsi untuk menyerang musuh. Panjang tanduk Tritop ini bisa mencapai 9 meter, dengan tingginya mencapai 3,8 meter, dan beratnya 6,8 ton.

Ankylosaurus

Merupakan macam dinosaurus dengan tubuh sepanjang 9 meter. Sedangkan beratnya mencapai 9 ton. Dinosaurus ini memiliki cangkang tubuh yang keras sebagai perisai pertahanan. Pada bagian ekornya, terdapat bola dari batu dengan berat sekitar 5 kilogram sebagai alat untuk menyerang hewan.

Megalosaurus

Macam dinosaurus ini dianggap sebagai dinosaurus yang pertama kali ditemukan. Dinosaurus jenis ini merupakan yang terbesar pada zaman pertengahan jurasik. Ukurannya bisa tumbuh hingga 9 meter sedangkan tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter dengan berat sekitar 3,5 ton.

5 dari 5 halaman

Macam Dinosaurus dan Namanya

Shantungosaurus

Macam dinosaurus ini tidak memiliki tubuh yang begitu besar. Dinosaurus ini merupakan salah satu dinosaurus non-sauropoda terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Memiliki paruh bebek ini berukuran panjang 15 meter dan beratnya sekitar 15 ton.

Terlepas dari ukurannya, diyakini dinosaurus ini ternyata bisa berlari dengan dua kaki belakangnya ketika dikejar oleh burung rapuh dan tyrannosaurus di habitat timur Asia.

Pterosaurus (Dinosaurus Udara)

Pterosaurus merupakan penguasa angkasa di zaman dinosaurus, pterosaurus terbagi ke dalam dua jenis, yaitu rhamphorhynchus jenis ekor panjang, sedangkan jenis pterodactylus ekornya pendek.

Plesiosaurus (Dinosaurus Laut)

Plesiosaurus merupakan dinosaurus yang hidup di air, dinosaurus ini memiliki kemampuan berenang cepat dan mampu menangkap makanan dengan cepat menggunakan lehernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini