4 Fase yang Dialami Kucing Saat Masuk ke Siklus Berahi

Oleh stella maris pada 20 Jul 2021, 09:08 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 09:08 WIB
Kucing Persia
Perbesar
Kucing Persia. (Credit: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita hanya tahu bahwa kucing betina merupakan salah satu kucing yang bersuara keras ketika mau kawin. Namun sebenarnya kondisi kucing yang mau kawin itu diawali dengan berahi. 

Tapi sudah tahukah kamu bahwa ternyata kucing juga punya fase berahi lho. Dikutip laman Petmd, berikut lima fase dalam siklus berahinya: 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Proestrus

Fase ini belum ada ketertarikan baik untuk kucing jantan atau kucing betina. Dalam fase yang berlangsung hanya satu sampai dua hari ini, biasanya kucing akan sering mengeong dan sering berguling di lantai dan menggesekan badannya ke benda apapun. Di periode ini, kucing betina cenderung memasang sikap acuh ketika didekati oleh kucing jantan. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Estrus (berahi)

Fase ini berlangsung rata-rata tujuh hari (berkisar antara 2-19 hari). Pada tahap, kamu akan melihat perubahan perilaku pada kucing yang menerima kucing jantan untuk mengawininya. 

Di fase ini, kucing akan mengeong lebih keras dari biasanya untuk menarik perhatian kucing jantan. kemungkinan bisa hamil. Hampir sama dengan kucing betina, kucing jantan yang memasuki tahap estrus akan memperlihatkan kepribadian yang berbeda. 

Mulai dari lebih galak, gelisah dan lebih agresif saat mengejar kucing betina. Selain itu, pemilik kucing jantan pun harus lebih waspada dan sabar karena biasanya kucing jantan sering menghilang bahkan spraying atau pipis sembarangan untuk meninggalkan aromanya yang menarik kucing betina.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Interestrus

Periode ini terjadi jika kucing belum berovulasi, berlangsung 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi alias kucing betina nggak dikawinkan. Bisa dibilang ini masa aman dengan durasi yang berlangsung antara 30-40 hari. Jika berhasil kawin, kucing betina akan menolak lawan jenisnya dan apabila terjadi kehamilan maka kucing akan memasuki masa kehamilan antara 62-65 hari hingga melahirkan.

Jika kucing betina nggak dikawinkan, maka periode ini berlangsung antara 2-3 minggu, sedangkan untuk kucing jantan lebih singkat sekitar 1-2 minggu. Hati-hati jika memang belum siap mengawinkan kucing kesayanganmu, karena setelah masa interestrus berakhir akan segera memasuki tahap estrus atau birahi kembali.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Diestrus

Terjadi ketika kucing telah berovulasi (ini terjadi ketika kucing betina kawin dengan jantan). Artinya ini adalah periode terakhir dari siklus birahi kucing. Bisa dibilang ini masa aman dengan durasi yang berlangsung antara 30-40 hari. Jika berhasil kawin, kucing betina akan menolak lawan jenisnya dan apabila terjadi kehamilan maka kucing akan memasuki masa kehamilan antara 62-65 hari hingga melahirkan.

Memang perubahan perilaku kucing, pasti sering membuatmu kebingungan. Belum lagi sikapnya yang mungkin menolak makan, membuatmu berpikir bahwa kucingmu mengalami gangguan kesehatan.

Meskipun tergolong normal, kesehatan kucing kesayangan tetap harus jadi prioritas dengan memberikannya cat food terbaik, yaitu Muezza. 

Muezza
Perbesar
Muezza.

Muezza adalah salah satu makanan kucing kering (dry food) untuk kucing dewasa yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya