6 Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar

Oleh stella maris pada 14 Jul 2021, 09:06 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 23:18 WIB
Kenapa Kuku Kucing Harus Dipotong?
Perbesar
Cari tahu penyebabnya yuk!

Liputan6.com, Jakarta Grooming menjadi salah satu aktivitas yang disukai kucing. Meksipun kita tahu bahwa kucing bisa grooming sendiri, namun satu hal yang tak bisa dilakukannya. Adalah memotong kukunya. 

Nah bagi kalian yang merawat kucing, keputusan membawa hewan kesayanganmu ke groomer untuk memotong kukunya yang sudah panjang adalah hal yang biasa dilakukan. 

Namun sebenarnya, memotong kuku kucing bisa dilakukan sendiri kok. Jika dilakukan dengan tepat, kamu jelas bisa lebih hemat. Nah, laman Petmd menjelaskan, sebenarnya cara termudah membuat kucing terbiasa dengan pemangkasan kuku, dimulai sejak masih kecil (kitten). 

Yup, tentunya kamu juga perlu sabar, tekun, dan latihan untuk membiasakan kucing dipotong sendiri kukunya olehmu. Meski kucingmu kini sudah dewasa, memangkas kuku kucing tetap bisa dilakukan sendiri di rumah kok, caranya:  

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Ciptakan Rasa Tenang

Sebelum memotong kuku, pastikan kucingmu merasa nyaman dan tenang lebih dulu. Maka, siapkan handuk tebal di pangkuanmu, lalu usap kucingmu dengan lembut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Ruang Terang

cakar kucing
Perbesar
Quick, jaringan merah pada kuku kucing sebagai batasan menggunting kuku/vestmed.vsu.edu.

Pastikan kamu melakukan pemangkasan kuku kucing di ruang yang cukup terang. Tujuannya, agar terlihat batas pertumbuhan kukunya, agar kamu nggak memotong kukunya terlalu pendek. Di ruang yang terang, kamu bisa melihat jaringan merah di kukunya yang disebut quick. Nah, disitulah batasannya. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Pegang Cakar

Setelah melihat jaringan merah, pegang cakar dan remas satu jarinya dengan lembut dari atas dan bawah untuk memperpanjang cakar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Jangan Terlalu Pendek

Pastikan kamu fokus memotong kukunya. Maka dari itu, awali dengan memotong sedikit kuku kucing. Lalu mulailah memotong kukunya dengan menyisakan beberapa milimeter dari ujung jaringan merah. Ingat, jangan terlalu pendek ya!

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Potong Bukan dari Sisi

Jika kamu nggak punya pisau pemotong khusus untuk kuku kucing, bisa juga pakai gunting kuku dewasa dengan pisau yang tajam. Jangan tumpul ya karena bisa 'menyiksa' kucing. 

Lalu mulailah memotong kukunya secara vertikal alias dari atas ke bawah, bukan dari sisi ke sisi. Ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan yang akan dirasakan kucing. Kemudian gunting kuku kucingmu dengan lembut. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Berikan Pujian

Kucing juga makhluk hidup yang punya perasaan lho! Maka dari itu, setiap kuku yang sudah dipotong, ada baiknya kamu memberikan pujian, salah satunya dengan memberikan makanan. Ulangi langkah ini sampai semua kuku terpotong dengan baik dan benar. 

Nah, saat kamu memberikan hadiah berupa makanan saat memotong kuku kucing, rekomendasinya adalah Muezza. Sudah tahu Muezza belum? 

Jadi, Muezza adalah salah satu makanan kucing kering (dry food) untuk kucing dewasa yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya