10 Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 18 Jun 2021, 15:55 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 15:55 WIB
10 Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi jerawat di area dahi.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi jerawat yang biasanya muncul di dahi bisa dilakukan dengan berbagai metode. Jerawat di dahi memang membuat penampilan menjadi kurang menarik. Hal ini dikarenakan jerawat tersebut membuat tekstur kulit menjadi tidak merata. 

Munculnya jerawat di dahi terutama pada usia remaja adalah hal yang wajar. Hal ini karena pada usia tersebut, terjadi perubahan hormon yang memengaruhi kondisi fisik, termasuk kondisi kulit. Perubahan hormon saat pubertas akan memicu produksi minyak di kulit, yang berisiko menimbulkan jerawat.

Hal tersebut menyebabkan pori-pori di dahi Anda rawan tersumbat oleh sebum (kelenjar minyak), sel kulit mati, dan bakteri. Bila hal ini terjadi, kelenjar sebum pun mengalami peradangan dan jerawat di dahi akan berkembang.

Untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda, maka perlu merawat kulit terutama jerawat di dahi. Berikut ini cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang mudah didapatkan serta aman untuk digunakan, sehingga dapat hilang dalam semalam yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (18/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi

10 Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi Masalah Kulit Wajah Credit: pexels.com/Youra

Salah satu faktor risiko munculnya jerawat di dahi adalah peningkatan produksi minyak atau sebum di area dahi. Peningkatan produksi minyak umumnya dipicu oleh perubahan hormon, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Selain itu, kebiasaan yang terlihat sepele juga dapat memicu munculnya jerawat di dahi. Beberapa kebiasaan tersebut adalah:

1. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah dan dahi dengan tangan yang kotor bisa memicu timbulnya jerawat di dahi. Tangan yang kotor menyimpan banyak kuman, sehingga berisiko menimbulkan infeksi pada kulit dan menyebabkan jerawat.

2. Penggunaan Produk Kosmetik

Penggunaan produk kosmetik yang mengandung minyak atau bahan kimia tertentu juga bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

Bahkan pada seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif, penggunaan produk kosmetik yang sembarangan juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit.

3. Penggunaan Minyak Rambut

Selain produk kosmetik, penggunaan minyak rambut, seperti pomade dan gel, juga bisa memicu timbulnya jerawat di dahi. Hal ini karena sebagian besar produk minyak rambut mengandung minyak kelapa yang bisa membuat kulit kepala dan dahi Anda lebih berminyak dan rentan berjerawat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Bahan Alami

10 Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi lidah buaya. iStockphoto

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi secara ampuh. Cara memakainya juga sangat mudah, kita bisa langsung menggunakan daging lidah buaya dan mengoleskannya ke area jerawat secara rutin. Kita juga bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan daging lidah buaya dengan bahan alami lain.

2. Ekstrak Teh Hijau

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang lainnya adalah menggunakan ekstrak teh hijau. Teh hijau atau green tea yang diekstrak tenyata juga ampuh mengatasi jerawat di dahi, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara pemakaiannya cukup mudah, kita bisa langsung membeli ekstrak teh hijau dan mencampurkannya dengan air dan mengoleskan ke area jerawat. Bisa juga dengan menggunakan kantung teh hijau yang terlebih dahulu direndam ke air hangat, dan mengompres jerawat dengan kantung teh tersebut.

3. Cuka Apel

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang lainnya adalah menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan asam yang tinggi, dan dapat membantu kulit wajah mengatasi jerawat di dahi. Pertama, tuangkan beberapa tetes cuka apel ke dalam wadah yang sudah diisi air, kemudian rendam kapas ke larutan tersebut. Setelah itu, tempelkan kapas ke dahi yang berjerawat.

4. Tea Tree Oil

Ada begitu banyak jenis minyak alami yang ampuh dijadikan cara mengatasi jerawat di dahi. Salah satunya ialah tea tree oil dan beberapa jenis minyak alami lain. Pemakaiannya cukup dengan meneteskan tea tree oil ke kapas dan mengusapkannya ke area jerawat.

5. Tomat

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan cepat dapat juga dengan menggunakan Tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menghilangkan jerawat menggunakan tomat adalah sebagai berikut:

a.  Pilih buah tomat yang segar dan sudah matang.

b.  Haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur.

c.   Setelah halus, ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata.

d.  Biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam.

e.  Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Bahan Alami

10 Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam
Perbesar
Almond Oil

6. Almond Oil

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang lainnya adalah menggunakan almond oil. Tidak hanya minyak alami dari tumbuhan saja yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi. Minyak almond juga baik untuk mengatasi masalah ini, dengan mengoleskan langsung minyak ke area kulit berjerawat.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu menghilangkan jerawat di dahi. Caranya cukup mudah:

a.  Siapkan 2-3 jeruk nipis.

b.  Belah jadi 2 bagian.

c.   Peras dengan saringan.

d.  Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.

e.  Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8. Masker Putih Telur

Cara mengatasi jerawat di dahi dengan bahan alami yang lainnya adalah menggunakan masker putih telur. Ada begitu banyak jenis masker alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi, salah satunya masker putih telur. Cukup dengan mengambil putih telur, mencampurnya dengan beberapa tetes perasan lemon, dan mengaduknya. Setelah itu, aplikasikan ke dahi yang berjerawat, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

9. Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya. Cara mengatasi jerawat  di dahi dan bekasnya, adalah sebagai berikut:

a.    Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.

b.    Biarkan selama 10 menit.

c.    Cuci wajah dengan air bersih.

d.    Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

10. Madu

Salah satu cara lain yang Anda coba untuk mengatasi jerawat dan bekasnya adalah dengan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya. Cara mengatasi jerawat dan bekasnya dengan madu adalah sebagai berikut:

a.    Siapkan madu murni.

b.    Oleskan pada bekas jerawat.

c.    Biarkan hingga madu mengering.

d.    Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mencegah Munculnya Jerawat di Dahi

10 Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi dengan Bahan Alami, Bisa Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi cuci muka/copyright iStockphoto

1. Membersihkan Sisa Make Up

Sisa-sisa makeup yang menempel di wajah Anda yang sudah bercampur dengan minyak alami kulit dapat menyumbat pori-pori wajah. Maka dari itu, Anda harus rajin membersihkan sisa make up agar jerawat pasir tidak muncul.

2. Keramas Teratur

Jarang keramas membuat rambut dan kulit kepala memproduksi minyak bercampur kotoran yang berlebih, sehingga menyebabkan dahi Anda terkena jerawat. Sebaiknya keramas secara teratur minimal 3 kali seminggu sebagai cara mengatasi jerawat di dahi.

3. Jangan Sering Menyentuh Wajah

Tanpa kita sadari, di tangan kita terdapat banyak bakteri dan kuman dari berbagai barang yang kita pegang atau sentuh. Jika tangan menyentuh wajah, maka bakteri dan kuman tersebut dapat menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah, disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.

4. Hindari Menggunakan Topi

Penggunaan topi dapat memicu munculnya jerawat di dahi karena keringat akan mengumpul di area tersebut dan bisa menimbulkan jerawat.

5. Jangan Tutup Dahi Dengan Poni

Menutup dahi dengan poni juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat dahi.

6. Hindari Stres

Menurut beberapa penelitian, mengatakan jika stres juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk itu, kita harus mampu mengendalikan pikiran agar tetap tenang saat menghadapi masalah. Sebagai solusinya bisa melakukan meditasi untuk menenangkan diri.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya