3 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Adopsi Kucing Persia

Oleh stella maris pada 08 Jul 2021, 08:05 WIB
Diperbarui 08 Jul 2021, 08:05 WIB
Ilustrasi kucing persia |  Carolina Castilla Arias dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi kucing persia | Carolina Castilla Arias dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Kucing persia ternyata merupakan ras kucing yang sudah ada sejak 1684 sebelum masehi. Hal itu diungkapkan oleh Cat Fanciers' Association.

Trah kucing persia juga terkenal karena bulunya yang panjang dan lembut, serta kepribadian yang santai, dan membuat setiap orang di dekatnya jadi lebih happy. Wajar jika banyak orang suka dengan ras kucing ini. 

Namun sebelum kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing persia, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang tentunya jadi pertimbanganmu seperti dikutip laman Petmd berikut ini: 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kepribadian Kucing Persia

Menurut Asisten Profesor Perilaku Hewan Klinis dan Direktur Layanan Perilaku Hewan Kecil di Departemen Ilmu Klinis dan Kedokteran Lanjutan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania, Carlo Siracusa mengatakan bahwa kucing ini memiliki kepribadian yang sangat lembut. 

"Oleh karena itu, memang kucing ras ini belum tentu aktif, terutama setelah mereka lebih tua. Mereka juga cenderung mudah lelah," kata Siracusa. 

Ahli Perilaku Hewan bersertifikat di Companion Animal Behavior, Yody Blass, MA juga menambahkan bahwa kucing-kucing ini bisa aktif ketika mereka mau. 

"Tetapi mereka tidak pernah terlalu bersemangat dan memiliki banyak energi. Mereka cocok dipelihara buat kalian yang memiliki gaya hidup yang lebih tenang," kata Blass.  

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bulu Kucing Persia yang Khas

Mungkin ciri khas persia yang paling menonjol adalah bulunya yang panjang dan lembut. Untuk menjaga bulunya yang berkilau tetap sehat, dibutuhkan perawatan aktif.

"Kucing persia membutuhkan perawatan setiap hari dan bukan hanya sekali. Kalian harus rajin menghilangkan simpul dan kotoran lain dari bulu mereka karena mereka tidak bisa melakukannya sendiri," jelas Blass. 

Siracusa yang juga memiliki kucing persia mengatakan bahwa dia menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk merawat bulu kucingnya. 

"Terutama lapisan bawah kucing persia cenderung mudah kusut. Jadi pastikan kalian tidak ada bulu yang tersimpul karena hal ini akan menyakitkan bagi kucing ketika akan dilepaskan."

Selain itu, jangan lupa mencukur bagian perut dan belakang kaki kucing, untuk menghindari kotorannya yang menempel. Jika tidak, dipastikan kucingmu akan rewel karena ada hal tersebut. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masalah Lain Kucing Persia

Kucing persia dikenal memiliki tubuh yang pendek, bulat, dan wajah yang menggemaskan dengan hidung pendek, mata besar, dan telinga kecil. 

Dengan kondisi fisik tersebut, ternyata dapat membawa masalah. Pertama, fitur wajah datar dapat menyebabkan masalah pernapasan. 

"Ini alasan mengapa mereka tidak terlalu aktif dan mudah lelah. Kemungkinan mereka kesulitan bernapas bisa terjadi," tambah Siracusa.

Penonjolan dan penempatan mata persia yang lebar juga dapat menimbulkan beberapa tantangan tersendiri. Mata persia tidak terlindungi dengan baik karena struktur wajah yang unik. 

Hal ini dapat memicu munculnya luka atau bisul dengan mudah. Mereka juga rentan terhadap air matanya sendiri. 

"Kucing persia cenderung memiliki apa yang disebut air mata lakrimal, yaitu keluarnya cairan di antara hidung dan mata mereka karena ada lipatan di wajah mereka di sana. Air mata mengalir di lipatan dan kemudian teroksidasi, yang membuat wajah kucing terlihat kotor," kata Siracusa.

Selain itu, wajah datar kucing persia juga dapat membuat waktu makan menjadi lebih sulit. Ada mangkuk kucing dangkal yang  khusus dibuat untuk hewan peliharaan yang kesulitan mengambil makanan dari dalam piring tinggi.

Nah ngomong-ngomong soal makanan, sudahkah kalian memberikan asupan nutrisi yang terbaik untuk si kucing persia kesayangan? Apakah makanan yang diberikan untuk kucing persia dewasamu sudah seimbang nutrisinya? 

Ada rekomendasi makanan kucing bernutrisi seimbang, yaitu Muezza. 

Muezza
Perbesar
credit: Muezza

Ini adalah makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.  Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan banyak yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya