Sukses

Viral Ibu Ini Terkejut Bayinya Tertukar di Rumah Sakit, Bak Kisah Sinetron

Ibu ini mengetahui sang anak tertukar dengan bayi lain setelah dibawa pulang ke rumah.

Liputan6.com, Jakarta Momen bayi yang tertukar usai melahirkan di rumah sakit kerap menjadi kisah dalam sinetron. Namun kejadian yang tak biasa itu terkadang terjadi di dunia nyata. Seperti yang dialami oleh seorang ibu asal Malaysia ini.

Wanita yang bernama Siti Suriani Wahiddin atau lebih dikenal sebagai Siti Jamumall membagikan kisah buah hati pertamanya yang sempat tertukar di rumah sakit. Lewat siaran langsung akun Facebooknya, Siti Jamumall mengetahui sang anak tertukar dengan bayi lain setelah dibawa pulang ke rumah.

Dalam siaran video langsung, Siti Jamumall menjelaskan bahwa ia telah melahirkan bayi laki-laki di sebuah rumah sakit swasta di Shah Alam, dini hari (02.36) pada tanggal 11 Juni. Kemudian pihak rumah sakit mengizinkan ia dan bayinya untuk pulang ke rumah keesokan harinya pada 12 Juni.

Namun ketika baru sampai di rumah, wanita itu menyadari ada yang salah dengan label nama yang dikenakan di kaki bayi mereka. Label nama memiliki nama ibu pun berbeda. Setelah mengetahui hak itu, Siti Jamumall langsung menghubungi rumah sakit.

"Kami segera menghubungi rumah sakit,” kata Siti Jamumall seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Selasa (15/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sadar Bayinya Tertukar Setelah Dibawa Pulang

Awalnya sang suami akan memotong label nama di kaki bayi tersebut. Siti dan suaminya terkejut karena tanda nama di kaki bayinya menunjukkan nama ibu dari bayi itu bukanlah dirinya. Meski Siti dan suaminya dalam keadaan shock dan kebingungan, mereka lantas mendatangi rumah sakit untuk mengetahui keberadaan anaknya dan memulangkan bayi yang dibawa.

“Ketika kami kembali ke rumah, suami saya ingin membuang label yang ada di kaki bayi itu. Dia hampir membuangnya. Untung dia membaca label nama dan ketika dia melihat nama ibu di label itu, dia menyadari itu adalah nama yang berbeda." tutur Siti.

Bersama suami dan ayah mertuanya, mereka membagikan perjalanan ke rumah sakit di Facebook live. Siti berharap dapat mengembalikan bayi itu dengan selamat ke ibu kandungnya dan mengambil kembali anak yang sebenarnya.

Setibanya di rumah sakit, suami dan ayah mertuanya berhasil mengonfirmasi dengan rumah sakit bahwa bayinya tidak sengaja tertukar. Akhirnya, siti berhasil dipertemukan kembali dengan anaknya yang telah dibawa pulang oleh orang lain.

Ibu dari anak yang dibawa Siti pun tidak menyadari hal tersebut. Bahkan, Siti dan ibu dari anak yang dibawanya telah saling memberikan asi pada bayi yang tertukar tersebut.

"Saat ibu (dari bayi yang dibawa Siti) datang, matanya bengkak karena menangis. Kedua matanya bengkak. Dia sudah sayang pada anak ini dan merasa sedih karena mereka harus mengembalikannya. Aku terdiam, tak bisa berkata-kata," curhat pengusaha asal Malaysia itu.

3 dari 3 halaman

Sebagai Pelajaran

Kasus tersebut berhasil diselesaikan setelah keduanya kembali bertukar bayi dengan kerjasama pihak rumah sakit. Siti mengatakan kejadian ini menjadi pelajaran baginya dan semua ibu.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama netizen yang mendoakan anaknya ditemukan kembali. Siti juga menganggap kejadian tersebut memiliki hikmah di baliknya.

"Saya bahkan tidak ingin marah tentang apa pun. Prioritas saya anak saya waktu itu… ada hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini,” kata Siti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini