Sukses

15 Wisata Tegal Jawa Tengah yang Paling Hits, dari Kuliner hingga Destinasi Alam

Wisata Tegal juga cocok dijadikan destinasi liburan singkat, karena terletak di jalur Pantura.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Tegal ternyat memiliki potensi alam yang menakjubkan. Wilayah yang lebih terkenal dengan warung makannya yang menjamur di mana-mana ini memiliki objek wisata berupa pantai, waduk, curug, dan bahkan wisata instagramable lainnya. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh lokasinya yang berada di pesisir utara pulau Jawa, sehingga berbatasan langsung dengan laut. Destinasi wisata di Tegal cukup lengkap dengan berbagai pengalaman yang ditawarkannya untuk wisatawan.

Wisata Tegal juga cocok dijadikan destinasi liburan singkat, karena terletak di jalur Pantura. Jadi, kamu yang kebetulan sedang lewat jalur tersebut saat akan mudik juga bisa mampir. Tegal bisa kamu jadikan tujuan wisata yang menarik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021) tentang tempat wisata Tegal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Tegal Bukit

Air Panas Guci

Salah satu wisata Tegal yang paling unik adalah pemandian air panas Guci. Pemandian ini selalu ramai pada hari libur maupun pada akhir pekan. Wisata Tegal satu ini terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050m – 1.250 mdpl dan memiliki luas 20 hektare. Oleh karena itu, di perjalanan ke pemandian air panas Guci ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dan asri sekitar Gunung Slamet.

Uniknya lagi, di tempat pemandian air panas ini suhunya berbeda-beda tergantung tingkatan. Objek wisata Tegal ini memiliki 25 tingkatan suhu air yang bersumber dari Gunung Slamet itu sendiri. Terdapat beberapa air terjun dan pancuran air panas antara lain pancuran 5, pancuran 7 dan salah satu yang paling terkenal adalah sumber air panas Pancuran 13.

Gua Lawa

Wisata Tegal selanjutnya yang juga sangat unik adalah Gua Lawa. Gua Lawa ini merupakan tumpukan batu yang begitu eksotik dan tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang. Dari puncak batu tersebut, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam Tegal yang begitu hijau.

Banyak juga spot-spot foto lainnya yang dapat dijelajahi di Gua Lawa ini, selain di puncaknya. Bahkan, banyak juga yang berfoto di jalan menuju puncak, yang menampakkan posisi bebatuan di jalanan yang berbentuk gua.

Wadas Kelir

Lagi-lagi destinasi wisata Tegal yang berbentuk susunan bebatuan. Perbedaannya dengan Goa Lawa, Wadas Kelir ini merupakan kumpulan bebatuan yang memiliki motif unik.

Wadas Kelir ini memiliki spot foto yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Dari jauh pun perbukitan yang ada memiliki lanskap yang luar biasa.

Tempat yang dulunya adalah tempat penggalian pasir ini menjadi terkenal dengan banyaknya orang yang berfoto di sini. Motif-motif unik dari batunya tersebut yang menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berfoto untuk diunggah di Instagram.

3 dari 5 halaman

Wisata Tegal Curug

Curug Luhur

Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini justru memiliki kolam yang landai, sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi bermain air di bawah air terjun.

Air terjun Curug Luhur, yang memiliki ketinggian 25 meter (m) ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi kamu memulai petualangan di wisata Tegal.

Curug Jedor

Wisata Guci Tegal Jawa Tengah selanjutnya adalah Curug Jedor. Persis di atas pemandian pancuran 13 terdapat air terjun dengan suasana yang asri. Air terjun yang paling populer di sini adalah Curug Jedor.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, kalau Curug Jedor Guci ini berada tidak jauh dari pemandian air panas Guci. Lokasinya yang berdekatan dengan pemandian air panas, maka bisa dipastikan jika air di curug ini juga bersih dan segar.

Selama di curug ini kamu akan sering melihat warga yang melakukan penambangan pasir yang dilakukan secara tradisional. Lokasinya mudah diakses, tapi akan lebih menarik jika melewati jalur Wana Wisata Guci karena pemandangannya lebih memuaskan dan udaranya juga sangat sejuk.

Curug Penganten

Tak jauh dari Curug Luhur, terdapat wisata Tegal air terjun yang bernama Curug Penganten. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 m, Curug Penganten ini memiliki tinggi hanya 14 m saja. Tempat ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan, layaknya pasangan pengantin, sehingga dinamai Curug Penganten.

Air Terjun Kembar (Air Hangat)

Selain Air Terjun Jedor atau Curug Jedor, kamu juga bisa menemukan curug lainnya di wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini, yaitu air terjun air hangat kembar. Mungkin kamu sudah terbiasa melihat air terjun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, air terjun dengan air yang hangat tentunya tidak bisa ditemui di sembarang tempat.

Air terjun kembar ini terletak dekat dengan wahana outbond atau camping. Untuk mencapai lokasi, kamu harus berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati karena jalannya cukup licin. Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, kamu sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi kamu yang menyukai suasana yang tenang. Yang terdengar hanyalah suara air terjun.

4 dari 5 halaman

Wisata Tegal Kuliner

WKJ Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung merupakan tempat wisata untuk mengenal berbagai jenis jamu. Kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan sawah cantik serta sungai kecil yang suara airnya mampu menenangkan jiwa. Di tempat ini kamu bisa mengetahui banyak hal tentang jamu dari dokter atau apoteker yang ada.

Pasar Tradisional Slumpring

Bagi kamu yang ingin jajanan atau makanan zaman dulu, bisa ke Slumpring. Slumpring merupakan tempat wisata Tegal yang menawarkan kuliner tradisional yang menarik. Tempat ini hanya buka tiap Minggu pukul 07.00-12.00 di Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk masuknya kamu tidak akan dikenai biaya. Aneka makanan yang dijual, harganya pun murah.

5 dari 5 halaman

Wisata Tegal Lainnya

Waduk Cacaban

Waduk Cacaban ini dulunya diresmikan oleh Presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno, pada tahun 1952. Destinasi wisata Tegal ini memiliki luas 40 hektare dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl.

Waduk Cacaban juga terkenal sebagai obyek wisata yang ramai dikunjungi. Fasilitas yang tersedia sudah menunjang sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga seperti warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, musala, dan gardu pandang, sehingga pengunjung dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Terdapat empat pulau di tengah waduk, yaitu Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu, dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Di waduk ini kita dapat menikmati suasana yang tenang dan asri, untuk menenangkan jiwa.

Jembatan Gantung Danawarih

Lagi-lagi wisata Tegal yang sangat cocok untuk berswafoto. Jembatan Gantung Danawarih ini merupakan spot yang sangat menarik dan unik.

Semua sudut Jembatan gantung ini memiliki spot yang Instagramable. Dari atas hingga bawah, satu ujung jembatan ke ujung lainnya, terbukti memiliki nilai sentimentilnya sendiri.

Jembatan ini melintasi sungai Kali Gung, yang penuh dengan batu kali besar nan eksotik, memiliki panjang lebih dari 270 meter dan berada di lanskap yang luar biasa.

Telaga Air Cempaka

Selain Slumpring, di Desa Cempaka juga ada telaga air yang indah. Air telaga yang jernih dan dingin ini biasanya untuk tempat foto-foto dan kamu juga bisa berenang di telaga air cempaka ini.

Purwahamba Indah

Wisata tegal Purwahamba Indah ini sudah meiliki fasilitas yang lengkap. Selain adanya tempat rekreasi seperti kolam renang, waterboom, arena bermain, dan wahana wahana lainnya, kawasan Purwahamba ini juga menawarkan keindahan alam wisata pantainya, yaitu Pantai Purwahamba Indah.

Berwisata ke Purwahamba Indah ini memang sangat lengkap dan dapat dinikmati siapa saja dari anak kecil sampai orang tua. Memiliki karakteristik Pantai Utara Jawa dengan kecepatan angin sedang dan ombak yang tidak terlalu besar. Tempat ini memiliki luas 13,5 hektare dan jarak tempuh dari Kota Slawi sekitar 20 km ke arah timur.

Banyaknya pilihan wisata di Purwahamba menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Selain itu, banyak juga wisatawan dari luar kota yang juga berkunjung ke kawasan Obyek Wisata Purwahamba.

Pantai Alam Indah

Pantai ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal, serta tidak jauh dari jalur Pantura, sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi. Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang memesona. Tak heran jika pantai ini menjadi kawasan favorit para pelancong yang hobi fotografi saat matahari tenggelam.

Danau Beko Margasari

Tempat ini berbentuk cekungan berisi air hujan sehingga menyerupai danau yang cantik untuk spot foto. Danau di Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal ini merupakan bekas lokasi penambangan batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini