Sukses

36 Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer, Bikin Selalu Ingin Berkunjung

Rekomendasi wisata alam Jogja terbaik yang sudah buka.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Jogja terbaik dan populer tak jauh dari sudut kotanya. Menyuguhkan panorama luar biasa indah dan bikin takjub wisatawan yang datang. Lengkap dari pesona gunung dengan air terjun, bukit, dan kebun teh, pantai, goa, sampai candi.

Ini sudah paket lengkap wisata alam Jogja terbaik dan populer, loh. Bagi yang suka petualangan di alam banget, wisata alam Jogja terbaik dan populer yang baru sedikit dijamah wisatawan wajib masuk dalam catatan penjelajahan selanjutnya!

Tak cuma kaya warisan budaya, Jogjakarta pun punya penampang alam yang keindahannya tak ada duanya. Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang wisata alam Jogja terbaik dan populer dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

1. Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Air Terjun Luweng Sampang merupakan wisata alam Jogja terbaik dan populer yang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul. Karakteristik batuan yang tersusun di air terjun ini membuat Air Terjun Luweng Sampang nampak seperti Grand Canyon mini.

2. Air Terjun Kembang Soka

Tak hanya pantai dan pegunungan, Jogja juga memiliki wisata alam Jogja terbaik dan populer berupa air terjun seperti Air Terjun Kembang Soka. Berlokasi di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Dinamai Kembang Soka karena di mana salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Airnya begitu menyegarkan dengan perpaduan antara warna putih dan hijau toska. Air terjun ini merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo), mata air Tuk Jaran atau dapat diartikan sumber rezeki, dan juga mata air Kalimiri.

3. Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan wisata alam Jogja terbaik dan populer yang tersembunyi di Desa Wisata Krebet,Kecamatan Pajangan, Bantul. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu karena curug ini medannya cukup curam dan terjal. Curug Pulosari sejatinya merupakan air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer satu ini berada di daerah Kaliurang tepatnya Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar air terjun ini sangat sejuk dengan udara yang masih bersih.

5. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

6. Bukit Parang Endog

Tak jauh dari Bukit Paralayang, atau sekitar 3 km dari pantai Parangtritis, kamu bisa menemukan wisata alam Jogja terbaik dan populer ini. Dari bukit ini kamu juga bisa menikmati indahnya jajaran pantai selatan di Jogja. Di bukit ini kamu juga bisa menemukan beberapa kafe yang siap menemanimu menikmati senja.

3 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

7. Puncak Suroloyo

Jika ingin lebih dekat lagi dengan alam bebas, pengunjung bisa mencoba tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer seperti Puncak Suroloyo. Akan tetapi memang diperlukan banyak usaha untuk bisa sampai ke atas puncak Suroloyo, karena pengunjung akan dihadapkan tangga sebanyak 200 anak tangga.

Namun, jangan khawatir karena semua rasa lelah dan usaha tak akan terbuang sia-sia. Semuanya akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang membentang luas dan siap memanjakan indera penglihatan.

Lokasinya Puncak Suroloyo ini terletak di sepanjang Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

8. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang kedaratan sehingga mengalami proses Deposisi menjadi Gumuk Pasir. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

9. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Wisata alam Jogja terbaik dan populer candi ini bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

10. Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik untuk tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer.

11. Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam merupakan sebuah tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer yang masih dibilang baru. Gamplong Studio Alam merupakan lokasi yang dijadikan syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story.

Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan yang semula tanah kas milik desa disulap jadi kawasan Indonesia abad ke-16. Di dalam, Gamplong Studi Alam juga terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya.

12. Bukit Pengilon

Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian.

4 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

13. Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau sering disebut Hutan Pinus Imogiri pengunjung dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Wisata alam Jogja terbaik dan populer ini wajib banget dijelajahi.

Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

14. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Selain dikenal dengan lagunanya, tempat wisata di Jogja ini juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak.

Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut. Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

15. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar di wisata alam Jogja terbaik dan populer ini.

Bagi yang malas snorkeling pun, tempat wisata di Jogja ini tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

16. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah uang banyak dikunjungi wisatawan.

17. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan. Tarif masuknya juga hanya Rp 3.000 saja.

18. Gua Jomblang

Gua Jomblang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Di sini sudah tersedia alat-alat keselamatan untuk menuruni dasar gua lengkap dengan pemandu profesional.

5 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

19. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

20. Bukit Bintang

Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

21. Kebun Bunga Matahari

Tak hanya di Gunungkidul, kebun bunga matahari juga hadir di Pantai Glagah. Memang dulunya pantai ini identik dengan laguna dan juga tetrapod yang memiliki fungsi guna memecah ombak.

Kini, tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini juga memiliki suatu spot yang dapat menarik para wisatawan untuk datang, berupa kebun Bunga Matahari. Bagi yang ingin berkunjung ke wisata alam ini, pahami musim berkembangnya matahari.

Jika tak beruntung, pengunjung tidak dapat melihat kecantikan merekahnya bunga Matahari. Kebun bunga matahari ini terletak di Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY. Di sini, pengunjung bisa melakukan swafoto bersama dengan bunga matahari semenarik mungkin.

22. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

23. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Ketinggian wisata alam Jogja terbaik dan populer ini mencapai hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Tempat wisata di Jogja ini berlokasi di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

24. Gua Langse

Gua Langse berlokasi di Desa Giri Cahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini terkenal sebagai tempat ziarah. Terutama malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Kebanyakan para peziarah melakukan tirakat untuk bisa menemuk Ratu Kidul.

6 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

25. Mangrove Jembatan Api-Api

Di Kulon Progo banyak tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer, salah satunya Mangrove Jembatan Api-Api yang akhir-akhir ini sedang ngehits dan populer di kalangan traveler.

Tempat wisata di Jogja ini mempunyai banyak daya tarik, terutama nuansa alamnya yang asri dan udaranya yang sangat menyejukkan.

Nuansanya yang indah dan Instagenik membuat tempat ini menjadi spot selfie populer di Instagram. Jika kamu pergi ke Yogyakarta, tempat ini wajib ada dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

26. Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer daerah Kulon Progo yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini pengunjung dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

27. Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

28. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini wajib banget dikunjungi.

Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja.

29. Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

30. Pantai Jungwok

Gunungkidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi Anda yang ingin camping di pinggir pantai.

7 dari 7 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaik dan Populer

31. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer. Puncak ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus.

Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

32. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasi wisata alam Jogja terbaik dan populer ini di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo juga dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

33. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan yang bakal menyejukkan mata dan pikiran untuk Anda yang ingin melepas penat kehidupan. Kawasan wisata alam Jogja terbaik dan populer ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Bagaimana tidak, kebun buah magunan berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Jika beruntung, di pagi hari Anda akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu. Dari kebun buah mangunan, ada dapat menikmati suasana perbukitan, lembah dan kelokan sungai.

34. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi wisata alam Jogja terbaik dan populer ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik. Dari tebing ini kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

35. Pantai Goa Cemara dan Pandansari

Di kawasan Bantul, pantai Goa Cemara juga merupakan wisata alam Jogja terbaik dan populer yang patut untuk Anda kunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Hanya bersebelahan dengan Goa Cemara, pantai Pandansari juga menawarkan panorama laut selatan dari menara mercusuar yang ada. Pantai ini juga memiliki agrowisata buah naga yang bisa menjadi alternatif jika Anda ingin sekalian membawa oleh-oleh buah naga.

36. Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di tempat wisata alam Jogja terbaik dan populer ini pengunjung dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini