13 Cara Move On dari Mantan Pacar dalam Ajaran Islam

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 12 Jun 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 13:45 WIB
13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
ilustrasi berhijab/pexels

Liputan6.com, Jakarta Cara move on dari mantan pacar dalam ajaran islam mampu membuat kita meringankan proses hijrah. Putus cinta bisa membuat seseorang kecewa dan patah hati, bahkan bisa memilih menutup diri dari dunia luar.

Orang-orang yang putus cinta ini biasanya sulit sekali melupakan atau move on dari mantan. Mereka sulit menerima kenyataan cintanya kandas di tengah jalan. Akibatnya, mereka yang putus cinta ini bisa menjadi sakit, baik fisik dan mental.

Padahal dalam Islam, putus cinta patut kita syukuri. Pengalaman ini bisa menjadi bentuk kasih sayang Allah SWT terhadap kita dengan menjauhkan diri dari zina. Islam memang tidak mengenal yang namanya hubungan pacaran. Jadi dengan putus cinta, seharusnya bisa menjadi langkah awal untuk berhijrah menjadi seorang muslim yang lebih baik.

Jika Anda merasa sulit untuk move on meskipun sudah melakukan banyak cara, cobalah untuk move on dengan cara yang Islami. Berikut beberapa cara move on dari mantan pacar yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2021).

Menyadari Diri Sendiri dan Salat Taubat

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
ilustrasi perempuan berhijab/copyright iStockphoto

1. Menyadari Diri Sendiri

Tips cara move on dari mantan pacar yang pertama adalah menyadari diri sendiri bahwa berpacaran itu tindakan yang salah. Maksudnya, dari segi agama Islam, pacaran itu tidak dibenarkan. Dengan menyadari hal ini, Anda akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, yaitu menaruh cinta sebelum waktunya. Baik pada sang mantan atau pada orang lain. Anda juga harus sadar bahwa rasa sakit dan kecewa akibat putus dari pacar ini mungkin teguran Allah.

2. Salat Taubat

Cara move on dari mantan selanjutnya adalah mengerjakan salat taubat. Minta ampunlah kepada Allah SWT atas apa yang telah dilakukan selama ini. Lakukan taubat dengan sungguh-sungguh. Jangan ragu dan pesimis bahwa pertaubatan Anda tidak akan diterima Allah. Ingat selalu ayat-ayat Alquran ini jika Anda merasa ragu dan pesimis dengan pertaubatan Anda dengan mengerjakan salat Taubat.

Yakin Putus Cinta adalah Jalan Terbaik dan Menyibukkan Diri

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
Ilustrasi perempuan berhijab. (dok. pexels.com/ekrulila)

3. Yakin Putus Cinta Adalah Jalan Terbaik

Cara move on dari mantan selanjutnya adalah yakin putus cinta adalah jalan yang terbaik. Dengan putus dari pacar, berarti Allah telah menyelamatkan Anda dari kemaksiatan dalam berzina. Maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya atas jalan yang diberikan oleh Allah. Tidak ada jalan yang paling baik selain jalan yang dipilih Allah untuk diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)

4. Menyibukkan Diri

Cara move on dari mantan menurut Islam adalah dengan menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Tindakan ini akan membuat fokus pikiran Anda kepada sang mantan lambat laun akan teralihkan. Selain itu, tindakan ini juga untuk mengurangi waktu-waktu Anda berkhayal tentang dia dan kenangan indah bersamanya.

Sebagai Muslim, kegiatan yang bermanfaat itu banyak. Mulai dari ikut pengajian rutin, terlibat aktivitas kemanusiaan, fokus pada sekolah, dan sebagainya. Ingat kata-kata Ibnu Qayyim Al Jauziyah ini: " Siapapun yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal yang sia-sia."

Membaca Doa seperti Ummu Salamah dan Memperbanyak Ibadah

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

5. Membaca Doa Seperti Ummu Salamah

Cara move on dari mantan menurut Islam tak membutuhkan waktu lama. Apalagi menghabiskan uang untuk travelling atau jalan-jalan ke sana ke mari. Cukup mantapkan hati dan keyakinan bahwa dengan hijrah meninggalkan pacaran, Anda akan diberikan yang terbaik. Setelah itu, Anda cukup berdoa ke Allah seperti yang dipanjatkan Ummu Salamah atau Hindun binti Abi Umayyah ketika ditimpa musibah.

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun – allahumma’-jurnii fii mushiibatii, wa akhlifllii khoiram minhaa

Artinya: "Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini."

Dengan memanjatkan doa tersebut setiap selesai sholat, Insya Allah Anda akan cepat melupakan atau move on dari mantan.

6. Memperbanyak Ibadah

Cara move on dari mantan selanjutnya adalah memperbanyak ibadah. Mungkin Anda sudah terlalu lama melakukan dosa pacaran dan inilah saatnya untuk memperbanyak ibadah. Perbaikilah ibadah, baik itu ibadah wajib maupun sunnah. Dengan memperbanyak beribadah, Anda bisa fokus pada kehidupan yang lebih baik. Mungkin dari doa-doa dalam berbagai ibadah itu Allah akan mengganti sang mantan dengan istri yang lebih sholihah.

Memperbanyak Dzikir dan Istighfar serta Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

7. Memperbanyak Dzikir dan Istighfar

Cara move on dari mantan selanjutnya adalah memperbanyak dzikir dan istighfar. Dengan banyak mengingat asma Allah SWT, kita akan memiliki hati dan jiwa tenang dalam Islam. Berdzikir adalah salah satu cara atau tips menghilangkan galau dalam Islam. Salah satu keutamaan berdzikir adalah kita jadi lebih mudah untuk mensyukuri atas apa yang terjadi. Salah satu keutamaan berdzikir adalah Anda jadi lebih mudah untuk bersyukur atas apa yang terjadi. Dengan berdzikir Anda akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.

8. Habiskan Waktu dengan Keluarga

Cara move on dari mantan pacar yang mudah dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu dengan keluarga. Keluarga adalah orang-orang yang akan senantiasa ada untuk Anda. Jangan khawatir, mereka tidak akan menambah beban kesedihan Anda. Keluarga justru akan mendukung dan memberikan hiburan untuk kesedihan Anda akibat gagal move on dari mantan.

Menjauhi Teman dan Suka Pacaran dan Hindari Tempat Kenangan

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
Ilustrasi Hijab Credit: pexels.com/Mohammed Hassan

9. Menjauhi Teman yang Suka Pacaran

Cara move on dari mantan pacar yang lainnya adalah menjauhi teman yang suka pacaran. Ingat bahwa perilaku orang itu bisa menular, dan ini bahaya karena Anda bisa terbawa arus hingga ingin pacaran lagi. Carilah teman yang baik dalam agama sehingga Anda juga akan ikut menjadi baik. Jadi, meski Anda tahu mereka sedang bermaksiat, tapi kadang kesendirian akan membuat Anda sedih dan membutuhkan seseorang yang memberi perhatian.

10. Hindari Tempat Kenangan

Cara move on dari mantan pacar yang lainnya adalah hindari tempat kenangan. Jangan sekali-kali mencoba melewati atau bahkan mendatangi tempat yang penuh dengan kenangan Anda dengan mantan Anda. Sebisa mungkin hindarilah untuk mengingat kembali memori yang pernah Anda lalui. Jika Anda telah menemukan kebahagiaan baru atau telah benar-benar move on, barulah Anda dapat melewati tempat tersebut tanpa baper.

Berhenti Stalking Mantan dan Lakukan Hobi yang Disukai

13 Cara Move On dari Mantan Pacar Dalam Ajaran Islam, Bantu Kembali Ringankan Proses Hijah
Perbesar
Ilustrasi main media sosial. (dok. pexels.com/Lisa Fotios)

13. Berhenti Stalking Mantan

Mungkin ini salah satu penyebab utama orang-orang sering gagal move on dari mantan pacar. Terlalu sering 'mengintip' aktivitas sang mantan di media sosial akan membuat kamu sulit melupakannya. Hampir tiap hari cek Instagram, Facebook, dan Twitter sang mantan. Selalu ingin tahu komentar dan foto mantan. Sudah begitu, pura-pura tidak sengaja tekan tombol Likes akun media sosial sang mantan.

14. Lakukan Hobi

Jangan hanya termenung dan menganggur tanpa melakukan apa pun tapi berharap ada perubahan dalam hidup. Cobalah untuk melakukan yang Anda sukai, apalagi jika hobi Anda dapat menghasilkan uang, tentunya Anda akan jauh lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

15.  Taaruf dan Menikah

Jika semua cara cepat untuk melupakan atau move on dari mantan tadi tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah melakukan taaruf dan menikah. Sebagai sarana yang objektif dalam melakukan pengenalan dan pendekatan, taaruf berbeda dengan pacaran. Taaruf secara syar'i diperintahkan oleh Nabi Muhammad bagi pasangan yang ingin menikah.

Tidak ada obat paling mujarab dari orang yang sedang dilanda virus cinta selain dengan pernikahan. Segera minta bantuan ustadz atau keluarga yang Anda percaya untuk dicarikan calon taaruf. Niatkan bahwa Anda menikah karena ingin mendapatkan ridho dan pahala dari Allah. Semoga cinta dari pasangan halal ini akan membuat Anda cepat melupakan atau move on dari mantan.

Lanjutkan Membaca ↓