25 Tempat Wisata Di Lampung yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Serupa Bali

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 12 Jun 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 06:00 WIB
25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Pantai Tanjung Setia (sumber: Horja Surf Camp)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Lampung mampu memberikan kesan tak terlupakan bagi para wisatawan. Lampung merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki banyak potensi sumber daya alam.

Sumber daya alam tersebut banyak yang dikelola menjadi destinasi wisata yang akan menarik minat wisatawan sehingga banyak orang yang akan berkunjung ke sana. Banyak potensi wisata yang ada di Lampung seperti wisata alam, sejarah, budaya, edukasi, religi, dan masih banyak lagi.

Setiap destinasi wisata yang dihadirkan di Lampung memiliki kesan yang berbeda tergantung dengan destinasi wisata tersebut. Meski kalah populer dibanding Bangka Balitung, namun Lampung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah. Bahkan di juluki “The New Bali” karena hampir semuanya ada di sana, mulai dari wisata alam dengan pantai, gunung, dan air terjun, hingga wisata kekinian seperti spot selfie.

Penasaran apa saja tempat wisata di Lampung yang wajib dikunjungi? Berikut ini daftar tempat wisata di Lampung yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (11/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Lampung yang Paling Populer

25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Pantai Dewi Mandapa (dok Instagram @apriliachristiani/https://www.instagram.com/apriliachristiani//Ossid Duha Jussas Salma)

1. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Tempat wisata di Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa Anda jamah. Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Anda akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Hanya saja untuk masuk ke sana, Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20 ribu per lokasi.

2. Bendungan Margotirto, Gisting

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah Bendungan Margotirto. Bendungan di daerah Gisting ini sebenarnya adalah bangunan sisa pemerintahan kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1930-an. Bendungan Margo Tirto sempat viral di media sosial, karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya. Kini tempat yang dinamai Kampung Air Margotirto ini berubah menjadi tempat wisata dan dilengkapi kolam panjang berukuran 80x30 meter hingga sepeda bebek kayuh. Tarif masuk ke wisata hanya 3000/orang saja.

3. Danau Suoh, Lampung

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah Danau Suoh. Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Danau Suoh yang jadi langganan penikmat alam sekaligus pemburu foto. Kawasan ini terdiri dari empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya, seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang. Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto di sana. Tarif masuk ke wisata ini gratis.

4. Muncak Teropong Laut

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah muncak teropong laut. Muncak Teropong Laut memungkinkan Anda menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian. Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian indah seiring datangnya senja. Ada sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Tarif masuk ke wisata ini sebesar Rp5.000 (motor), Rp10 ribu (mobil).

5. Kebun Karet Trikora

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah kebun karet Trikora. Perkebunan Karet Trikora yang ada di Lampung Selatan ini katanya mirip banget dengan pemandangan di Korea Selatan. Pohon-pohon karet di kanan dan kiri jalan saling bertautan, membentuk terowongan alami yang keren dan instagramable. Gak salah kalau tempat ini sering jadi tempat anak-anak muda Lampung buat hunting foto, mulai dari sekadar isi feed Instagram sampai kebutuhan pre wedding. Area perkebunan ini di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Serunya lagi, kamu bisa melihat proses penyadapan karet dan pembekuannya. Jadi bisa wisata sekaligus belajar hal baru. Tarif masuk ke wisata ini sebesar gratis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Mata Air Way Sumpuk (dok Instagram @samsonnurulhyda/https://www.instagram.com/p/BPYl1jYlk6t//Ossid Duha Jussas Salma)

6. Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah mata Air Way Sumpuk. Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada akhir 2016 lalu sebagai salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap memukau. Tempat ini memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok buat yang ingin berfoto di dalam air.

7. Bukit Kumbang, Bakauheni

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah bukit kumbang. Di Puncak Bukit Kumbang terdapat sebuah kuil milik sepasang suami istri etnis Tionghoa yang berasal dari Cilegon, Banten. Meski kuil tersebut mereka kelola secara pribadi, tapi keindahannya kerap mengundang orang untuk berkunjung. Karena berada di puncak bukit, Anda perlu trekking dengan medan yang cukup curam. Meski begitu, pemandangan birunya laut dari atas bukit akan jadi imbalan setimpal dari perjalanan Anda .

8. Puncak Mas

Sekilas, tempat ini mirip dengan The Lodge Maribaya yang ada di Lembang, Bandung, karena mostly adalah area wisata untuk swafoto. Salah satu yang jadi ciri khas adalah banyak rumah pohon beraneka ukuran di sana, mulai dari yang kecil hingga rumah pohon dua tingkat. Bahkan terdapat pula musala yang terletak di atas pohon. Selain foto-foto, Anda bisa juga menjajal wahana sepeda gantung yang tentunya bisa memacu adrenalin.

9. Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni

Kabupaten Lampung Selatan jadi gudangnya wisata pantai indah, seperti salah satunya Pantai Minang Rua. Salah satu daya tarik yang ada di sana bukan hanya garis pantainya, bukit batu, dan gua juga menambah wibawa pantai ini.

10. Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas merupakan pulau yang dikembangkan sebagai tempat wisata di Lampung. Tak kalah dengan pulau dan pantai eksotis di Bali, pasir putih, birunya laut, serta cottage dan vila bergaya tropical mewarnai Pulau Tegal Mas. Beragam kegiatan air yang bisa kamu lakukan di sana, seperti snorkeling hingga bermain kano.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Lampung yang Kekinian

25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Taman Nasional Way Kambas, Lampung. (Instagram/yogap1313)

11. Way Kambas

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasinional yang memiliki berbagai flora dan fauna. Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera. Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sebesar Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Kemudian pada hari libur sebesar Rp 7.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan sebesar Rp 225.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

12. Pantai Pasir Putih

Tempat wisata di Lampung yang lainnya adalah pantai pasir putih. Pantai ini terletak di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung Selatan, Lampung dengan jam operasionalnya 24 jam. Selain pasir putihnya yang terkenal, pantai ini juga menawarkan berbagai panorama indah lainnya yang dapat dinikmati, baik untuk beraktivitas maupun sekedar bersantai.

13. Pantai Tanjung Setia

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Setia, Krui, Lampung Barat, Lampung dengan jam operasionalnya 24 jam. Untuk yang suka menantang ombak, pantai Tanjung Setia adalah tempat wisata di Lampung yang sangat cocok untuk membuktikan skill berselancar. Selain ombak yang kuat, fasilitas penginapan di sini juga sudah tersedia lengkap.

14. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan terletak di daerah Sukarame, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Teluk Kiluan terkenal di kalangan wisatawan karena di sini Anda bisa melihat langsung ikan lumba-lumba. Tidak hanya itu, wisatawan bahkan bisa berenang langsung di laut bersama mereka.

15. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau dengan luas sebesar 1.084 hektar ini memiliki hutan mangrove, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik. Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai. Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang. Menginap di Pulau Pahawang bisa dengan menyewa homestay dengan harga kisaran Rp 600.000 per rumah untuk 10–15 orang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Lampung yang Instagramable

25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Danau Ranau, Lampung. (auliaynzr/Instagram)

16. Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera. Wisata air Danau Ranau menyimpan segudang atraksi, mulai dari pemandangan Gunung Seminung hingga Pulau Marisa yang berada tepat di tengah-tengah danau.

17. Pulau Kubur

Kontras dengan namanya yang seram, wisata pulau di Provinsi Lampung tak berpenghuni ini justru menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Tempat wisata di Lampung ini relatif masih bersih dan belum terjamah. Saking asrinya, pengunjung dihimbau untuk membawa kantong plastik sendiri sebagai tempat sampah. Pulau Kubur cocok bagi mereka yang gemar menggunakan alat pancing di akhir pecan.

18. Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis menjadi salah satu tempat wisata di Lampung yang menghadirkan sebuah pemandangan unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Pada sebuah pantai umumnya memiliki pasir putih, tetapi berbeda dengan kawasan ini. Yang mana memiliki batuan berlapis dengan pemandangan sekitar pantainya sangat hijau nan sejuk.

19. Pulau Balak

Tempat wisata di Lampung yang wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Balak. Objek wisata satu ini menawarkan sebuah keindahan pasir putih dengan suasananya yang terkenal sangat tenang. Ditambah lagi hamparan air laut berwarna biru nan jernih serta angin yang berhembus sepoi. Mampu membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di sini. Pada pulau satu ini juga menawarkan sebuah penginapan bagi Anda yang tertarik untuk bermalam dan menghabiskan waktu malam hari di sini. Para pengunjungnya dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berenang, bermain air, snorkeling, dan beberapa wahana lainnya. Sehingga tak heran bila tempat ini menjadi objek favorit.

20. Pantai Duta Wisata

Kawasan ini termasuk dalam salah satu tempat yang paling populer di Lampung. Saat berkunjung di tempat ini, dapat melakukan berbagai aktivitas yang akan membuat Anda merasa nyaman. Mulai dari bermain air, berenang, memancing, dan banyak wahana permainan seperti boat dan jetski.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Lampung dengan Pesona Alam yang Memukau

25 Tempat Wisata Di Lampung  yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bagai Menyerupai Bali
Perbesar
Pantai Klara (sumber: malahayati.ac.id)

21.  Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu merupakan destinasi populer di Lampung. Uniknya, pantai ini tidak terkenal karena pasir pantai, melainkan pemandangan batu karang. Pantai Gigi Hiu ini terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Pantai dengan formasi batu karang tajam ini kian cantik lantaran adanya hempasan ombak air laut, sehingga cocok untuk berburu foto Instagramable. Jika tidak ingin berburu foto, pengunjung bisa sekadar bersantai menikmati pesona matahari tenggelam ditemani dengan hembusan angin laut yang menyejukkan. Untuk menikmati pesona pantai dengan batu karang indah ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

22. Pantai Klara

Pantai Klara merupakan singkatan dari Kelapa Rapat, karena memiliki pohon kelapa yang banyak. Lokasinya terletak di Jalan Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai ini menawarkan air laut jernih, sehingga pengunjung dapat melihat dasar laut dengan hamparan pasir putih halus. Ombak di pantai ini cenderung tenang, plus lautnya dangkal, sehingga cocok untuk anak-anak bermain dan berenang. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk individu, tapi kendaraan, yakni Rp 20.000 untuk motor dan Rp 60.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa gazebo, tarifnya sebesar Rp 25.000, kano Rp 15.000 per jam, dan perahu Rp 10.000 per orang.

23. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung merupakan temoat wisata populer di Lampung dengan pantai yang indah dengan pasir putih, laut biru, dan bukit-bukit hijau. Pantai ini terletak di Jalan Way Ratai KM.14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Di Pantai ini, pengunjung dapat berenang, berfoto-foto ria dengan latar pemandangan yang indah, bersantai sambil berbaring dengan bantal di pinggir pantai, memainkan wahana seperti banana boat, speedboat, kano, dan jetski. Objek menarik dari pantai ini terdapat masjid apung yang terbuat dari kayu dan pasir timbul di tengah lautan. Untuk mencapai ke sana, pengunjung dapat menaiki perahu dari pantai. Ada juga fasilitas berupa toilet, mushola, area parkir, warung makan, toko souvenir, gazebo, bantal pantai, dan penginapan. Pengujung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang, parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

24. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Situs sejarah ini menjadi tempat wisata berikutnya yang sarat akan makna. Banyak peninggalan masa lalu berupa batu mayat, altar batu, kuburan batu dan meja batu. Lokasinya hanya berjarak 52 KM dari Bandar Lampung sehingga jika menggunakan motor hanya butuh waktu 1 jam saja untuk bisa sampai ke lokasi.

25. Menara Siger

Berikutnya ada sebuah bangunan yang berdiri gagah di atas bukit yang menjadi titik nol dari wilayah ini. Layaknya bangunan yang ada di kota lain maka Menara Siger ini juga menjadi ikon terpenting dalam wilayah Lampung. Sebuah kota indah nan unik ini sengaja membangun bangunan yang akan membuat takjub semua orang. Tentu saja tidak hanya besar dan tingginya saja, namun warna kuning emas yang mencolok menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dapat dipisahkan.

Menara ini juga sekaligus dijadikan sebagai gardu pandang bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan dari atas bukit. Sungguh, Anda akan disuguhkan dengan pemadangan langka yang luar biasa jika melihat alam dari dalam Menara ini karena posisi yang pas dan strategis. Untuk bisa masuk ke lokasi maka Anda harus membayar tiket dan biaya parkir karena fasilitas yang diberikan memang sesuai dengan harga yang harus dikeluarkan.

Lanjutkan Membaca ↓