Sukses

15 Macam-Macam Usaha Sampingan yang Menjanjikan, Modal Media Online

Macam-macam usaha sampingan yang dapat dilakukan karyawan untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam usaha sampingan yang dapat dilakukan karyawan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Terkadang bisnis sampingan, jika sudah bertumbuh maka Anda bisa mendapatkan uang yang cukup sisnifikan daripada penghasilan Nada dari pekerjaan yang ada sekarang.

Dengan kondisi pandemi seperti ini, membuat seseorang harus membatasi kegiatan diluar rumah. Bahkan beberapa orang harus melakukan pekerjaan secara online atau work from home, dengan begitu dapat lebih banyak waktu luang. Sehingga banyak karyawan yang membagi waktunya untuk memilih mengembangkan usaha sampingan sebagai penghasil rupiah.

Anjuran untuk tidaka keluar rumah agar memutus mata rantai penularan virus corona membuat sebagian orang memilih usaha sampingan secara online, seperti menulis di blog, web developer, membuat kelas online, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini macam-macam usaha sampingan yang dapat Anda lakukan sembari di rumah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (11/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Membuat Blog Personal dan Menjual Jasa Desain Grafis

1. Membuat Blog Personal

Macam-macam usaha sampingan yang pertama adalah membuat blog personal. Salah satu hal yang menyenangkan dari sebuah blog adalah Anda bisa memiliki banyak sekali sumber penghasilan seperti membangun email list, affiliate marketing, blog sponsorship, publishing dan masih banyak lainnya.

Prosesnya juga cukup mudah, mulailah menentukan blog apa yang ingin Anda buat. Sebaiknya pilihlah tema yang Anda sukai, karena blog bisa jadi pekerjaan yang sangat membosankan apabila Anda tidak menyukainya.

Kemudian Anda mulai menentukan tema blog Anda ingin seperti apa dan mulai membuatnya. Anda akan berkenalan juga dengan domain & hosting terlebih dahulu. Kalau Anda juga memiliki kesulitan untuk membuatnya. Anda mempelajari cara membuat dan melakukan optimasi dasarnya terlebih dahulu. Baru mempelajari bagaimana cara melakukan Riset Kata Kunci dan Optimasi Artikel (On Page) beserta Off Page Optimization agar Website Anda cepat menduduki peringkat pertama di Google.

2. Menjual Jasa Desain Grafis

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjual jasa desain grafis. Apabila Anda memiliki kemampuan dan minat dalam dunia desain, tentu saja ini merupakan kemampuan yang akan sangat bermanfaat.

Pelajari fondasi utamanya seperti mempelajari penggunaan Adobe Photoshop, Corel Draw atau Adobe Illustrator. Apabila Anda ingin yang lebih mudah lagi, Anda bahkan bisa menggunakan tools seperti Canva, Stencil atau Visme. Untuk pasar lokal Indonesia, Anda bisa mencoba melisting kemampuan Anda di grup Facebook pebisnis yang membutuhkan jasa Anda, atau di projects.co.id, freelancer.co.id atau bisa di fastwork.id

3 dari 8 halaman

Mendesain Website dan Menjadi Seorang Web Developer

3. Mendesain Website

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah mendesain website. Website desainer memegang peranan penting dalam perusahaan teknologi sekarang ini. Tugas seorang website desainer adalah bagaimana membuat website yang indah dan esthetic sesuai permintaan klien.

Anda bisa mulai mempelajari HTML & CSS untuk membuat sebuah website. Atau Anda bisa menggunakan CMS WordPress dengan lebih banyak kemudahan. Membuat website merupakan kebutuhan yang cukup tinggi terutama di Indonesia dan dunia, oleh karena itu usaha sampingan yang satu ini boleh Anda pertimbangkan.

4. Menjadi seorang Web Developer

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjadi seorang web developer. Berbeda dengan website desainer, sebagai pengembang (developer) website. Anda memiliki tugas yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Mulai dari bagaimana membuat website menjadi lebih cepat dan membuat banyak kustomisasi fitur-fitur yang dibutuhkan pasar. Anda juga bisa mempelajarinya di beberapa program seperti treehouse, codeacademy.

4 dari 8 halaman

Membuat Kelas Online dan Menjual eBook

5. Membuat Kelas Online

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah membuat kelas online. Apabila Anda ahli dalam suatu bidang tertentu, Anda bisa membuka kelas online dengan menyiapkan beberapa modul yang anda rancang untuk membantu orang lain memiliki keahlian yang anda miliki.

Banyak sekali orang membutuhkan hal ini dan rela membayar harga yang cukup tinggi. Anda dapat memasarkan produk secara online melalui Website, Google, Facebook , Instagram dan Youtube. Anda bahkan cukup merekam video Anda mengajar dan merapikan video Anda di facebook grup tertutup sebagai "units" untuk memiliki tempat komunitas kelas online anda sendiri tanpa sepeserpun uang.

6. Menjual eBook

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjual eBook. Apabila anda tidak suka mengajar dalam bentuk video, anda bisa mengemasnya menjadi sebuah buku digital ( ebook ) yang bisa anda jual sendiri. Anda bisa mulai mencari tahu apa yang dibutuhkan orang terkait dengan eBook yang Anda jual.

5 dari 8 halaman

Menjadi Instagram Marketer dan Menjadi Perlatih Online

7. Menjadi Instagram Marketer

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjadi instagram marketer. Saat Anda memiliki follower yang banyak di Instagram, Anda bisa mendapatkan banyak perusahaan atau brand yang mungkin membayar Anda untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Penghasilan yang Anda dapat bisa sangat tinggi, dengan begitu belajarlah untuk meningkatkan interaksi di akun Instagram anda dan tingkatkan kualitas postingan Anda di Instagram untuk mendapatkan traksi akun yang tinggi. Hal inilah yang dicari oleh brand atau perusahaan saat mencari influencer.

8. Menjadi Pelatih Online

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjadi pelatih online. Anda bisa memulainya dengan menjadi pelatih online kebugaran tubuh.

Dengan mulai dari menyiapkan pola diet tertentu, pengetahuan yang baik dan benar mengenai diet atau menyediakan beberapa pola latihan yang mungkin mudah untuk dilakukan namun sangat efektif untuk membakar lemak tubuh.

6 dari 8 halaman

Memulai Podcasting dan Marketplace Reselling atau Dropshipping

9. Memulai Podcasting

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah memulai podcasting. Podcast saat ini sedang tren dikalangan anak muda hingga orang dewasa. Membuat podcast tidak sulit, asalkan Anda percaya diri ketika berbicara di kamera dan mempunyai wawasan yang luas. Pertama-tama mulailah dengan membangun konten podcast sendiri yang bertopik spesifik. Untuk  memudahkan Anda dalam membuat podcast atau mengeditnya bisa menggunakan tools seperti Soundcloud atau Anchor ( 100% Gratis ).

10. Marketplace Reselling ( Dropshipping )

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya adalah marketplace reselling atau dropshipping. Semua orang bisa berjualan barang di marketplace selama Anda bisa menyiapkan produk untuk dijual. Hal ini cukup mudah untuk dilakukan di Indonesia karena sudah banyak marketplace besar yang bermain.

7 dari 8 halaman

Affiliate Marketing dan Virtual Assistant

11. Affiliate Marketing

Kalau anda sudah memiliki website yang memiliki pengunjung rutin, salah satu cara mendapatkan passive income dari konten yang sudah anda miliki adalah melalui affiliate marketing. Anda bisa bergabung dengan banyak penyedia Affiliate seperi : a.  Ratakan ( produk digital )

b.  Idaff ( produk digital )

c.   Agoda ( traveling )

d.  Kelbion ( edukasi digital marketing )

e.  Clickbank ( produk digital )

Carilah yang sesuai dengan niche website atau blog anda, kemudian bergabunglah dengan penyedia affiliate dan mulai promosikan link affiliasi anda melalui blog anda untuk mendapatkan komisi.

12. Virtual Assistant

Apabila Anda seseorang yang menyukai sesuatu yang terorganisir dengan baik. Anda bisa membantu pemilik bisnis lainnya untuk membantunya melakukan aktivitas bisnis mereka secara part time. Anda bisa mencari listing pekerjaan seperti di elance, indeed atau di upwork (internasional) dan di projects.co.id, freelancer.co.id atau di fastwork.id (Indonesia). Biasanya Anda akan membantu mereka untuk mengurus order di toko online, atau di akun marketplace.

8 dari 8 halaman

Guru Les Bahasa Inggris Online dan Social Media Manager

13. Guru Les Bahasa Inggris Online

Apabila Anda punya keahlian berbahasa Inggris, bisa menjadi guru privat bahasa inggris secara online. Anda dapat menggunakan metode live video call menggunakan skype, zoom meeting, ataupun google meeting.

14. Social Media Manager

Berkembangnya penggunaan Media Sosial juga berimplikasi secara langsung dengan jumlah media sosial yang dikelola seseorang atau perusahaan atau bisnis. Sehingga juga menuntut profesi yang baru yaitu Social Media Manager.Aktivitas yang Anda lakukan sebagai SMM adalah mengelola jadwal post, tema postingan dan mempelajari hasil data analisa yang ada kepada pemilik akun atau pemilik bisnis.

15. Google Ads Specialist

Apabila anda mahir atau ahli dalam menggunakan media berbayar Google, Anda bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan yang sangat potensial. Sebab banyak sekali hal yang bisa anda lakukan, apabila Anda memiliki sertifikasi dari Google. Hal ini akan mendapatkan kredibilitas di mata klien anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini