25 Wisata Pulau Seribu Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 09 Jun 2021, 13:10 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 13:10 WIB
25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
Pulau Seribu. (Foto: Dok. Pigijo)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Pulau Seribu memang menjadi daya tarik tersendiri apalagi dengan adanya banyak pulau kecil yang mengelilinginya. Pulau Seribu merupakan kepulauan yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat eksotis. Tidak hanya satu dua tempat wisata di sana, tetapi banyak tempat yang bisa dikunjungi di Kepulauan Seribu.

Tingginya antusias wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Seribu membuat wisata Pulau Seribu makin populer baik dimata wisatawan domestik maupun mancanegara. Pesona alam dan baharinya mampu memikat hati wisatawan untuk terus berkunjung ke pulau yang terletak di kawasan Pantai Utara Jakarta ini. 

Untuk menuju ke Pulau Seribu juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyeberang naik kapal dari pelabuhan Muara Angke atau yang sering disebut pelabuhan Marina Ancol. Lamanya perjalanan di atas kapal tergantung pulau tujuan.

Penasaran wisata Pulau Seribu apa saja yang paling populer? Berikut daftar wisata  Pulau Seribu yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer

25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
pulau pramuka di Jakarta

Berikut ini daftar tempat wisata Pulau Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

1. Pulau Tidung

Tempat wisata Pulau Seribu yang pertama adalah Pulau Tidung. Pulau tidung merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu bagian selatan. Pulau Tidung merupakan primadona di wisata Pulau Seribu. Yang menjadi ciri khas di Pulau Tidung sendiri adalah jembatan yang menghubungkan pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil. Jembatan ini disebut jembatan cinta. Pegunjung akan melihat keindahan laut yang biru dan menikmati matahari terbenam yang sangat indah.

2. Pulau Pramuka

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan pulau wisata bawah laut yang sangat indah. Penggunjung yang datang ke Pulau Pramuka pasti tidak akan puas dengan suasana sekitar. Di Pulau Pramuka pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.

Salah satu hal yang tidak akan pernah terlewatkan dan menjadi daya tarik pengunjung ke Pulau Pramuka adalah tempat penangkaran penyu. Di Pulau Pramuka ini pengunjung akan melihat penyu-penyu yang masih muda dan dewasa.

3. Pulau Macan

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Macam. Pulau Macan merupakan pulau yang terletak di bagian utara Kepulauan Seribu. Pulau Macan memiliki latar belakang biru kehijauan sehingga pengunjung pasti ingin berlama-lama di pulau ini, yang membuat Pulau Macan ini unik adalah keberadaan tempat yang sederhana di bibir pantai. Meskipun penginapan ini terbilang sederhana namun tetap nyaman.

4. Pulau Harapan

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Harapan. Sesuai dengan namanya di pulau harapan, pengunjung akan benar-benar bisa menikmati keindahan laut sesuai dengan harapan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sejuk dengan jembatan gantung yang dibuat dari kayu. Pulau Harapan dikenal sebagai pulau yang memiliki terumbu karang terbaik karena itu banyak pengunjung yang ingin menyelam dan ingin berlama-lama di pulau ini.

5. Pulau Onrust

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Onrust. Pulau Onrust merupakan pulau yang juga sering dikunjungi oleh pengunjung. Pulau ini dulunya dikenal sebagai pulau kapal oleh warga lokal pada masa kolonial Belanda. Hal ini karena pada masa itu banyak kapal Belanda yang mengunjungi pulau ini untuk menuju Jakarta. Keindahan pantai dan laut di pualu ini sangat menakjubkan, dilengkapi pula dengan rumah bersejarah peninggalan Belanda yang membuat Pulau Onsurt menjadi pilihan pengunjung untuk datang kesini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer

25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu. (Instagram)

Berikut ini daftar tempat wisata Pulau Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

6. Pulau Semak Daun

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun cocok untuk Anda yang suka berkemah dengan teman-teman atau bagi Anda yang ingin pesta di pinggir pantai. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dan juga dikelilingi pantai. Selain di daratan yang bisa digunakan berkemah, pengunjung juga bisa menyelam ke bawah laut untuk melihat udara yang sangat jernih dan keindahan bawah laut lainnya.

7. Pulau Lumba Lumba / Dolphin

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Lumba-lumba. Pulau Lumba-lumba juga pulau yang tidak kalah dari pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Lumba-lumba ini masih sangat alami dan sepi jadi penggunjung akan nyaman dan damai. Pulau ini sangat cocok untuk kalian yang suka berkemah. Pulau Lumba-lumba memang bisa dilihat dari luasnya yang masih kecil dibandingkan dengan pulau yang lain, namun keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Dolphin adalah snorkeling.

8. Pulau Bidadari

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Bidadari. Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di kepulauan yang tidak berpenghuni. Pulau ini merupakan pulau yang tidak jauh dari kota Jakarta sehingga pengunjung tidak perlu waktu yang lama untuk sampai di sana. Daya tarik Pulau Bidadari sendiri adalah keindahan alam, dan penginapan yang ada di atas laut. Tempat penginapan ini disebut dengan cottege apung. Pengunjung yang kehabisan penginapan di atas laut jangan khawatir karena masih ada penginapan di daratan.

9. Pulau Perak

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Perak. Pulau Perak merupakan kepulauan yang terletak di Kepulauan Seribu bagian utara. Pulau ini terletak di tengah-tengah laut dengan keindahan yang begitu eksotis. Pulau ini sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat keheningan. Pulau Perak memiliki hamparan pasir yang putih, bersih dan laut yang kebiru-biruan. Pulau ini jauh dari Ibukota, membuat Pulau Perak menjadi tempat yang terbebas dari polusi udara. Untuk mencapai tempat ini perlu waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

10. Pulau Pari

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Pari. Pulau Pari juga memiliki hamparan pasir yang putih dan kehijauan. Pulau ini merupakan salah satu tempat terfavorit yang sering dikunjungi oleh pengunjung. Pulau ini terletak tidak jauh dari kota Jakarta, hanya membutuhkan 2 jam saja. Di pulau Pari sendiri terdapat pulau-pulau kecil berwarna hijau yang membuat pemandangan di sana semakin segar dan naikakan mata.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer

25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
Pantai Pulau Putri. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul)

Berikut ini daftar tempat wisata Pulau Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

11. Pulau Sepa

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Sepa. Hanya 90 menit dari Marina Ancol. kondisi air laut yang jernih dan bersih sangat cocok untuk snorkeling. Pantainya yang landai serta pasir putih menjadikan Pulau Sepa merupakan pulau yang indah. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara berjemur di pinggir pantai. Pulau Sepa terkenal sebagai Paradise for Diver.

12. Pulau Putri

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Putri. Keberangkatan kapal dari Marina Ancol pukul 08.00 dan kembali pukul 14.00 dengan jarak tempuh 90 menit dari pelabuhan. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling, selain itu tanpa snorkeling pun kita juga masih bisa melihat alam bawah laut. Caranya yaitu dengan naik kapal untuk melihat dasar laut. Kapal ini berkapasitas 15 orang, pinggir kiri kanan kapal terdapat kaca, sehingga Anda dapat melihat ikan dan trumbu karang di sisi kiri dan kanan kapal. Kapal ini berjalan selama 25 menit dari dermaga pulau.

13. Pulau Pantara

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Pantara. Pulau Pantara memiliki total 40 cottage beratap jerami menghadap ke laut. Jernihnya Air laut dan terumbu karang yang indah jadi incaran wisatawan pecinta snorkeling. Di sini juga terdapat restoran terapung yang menyuguhkan beragam masakan tradisional Indonesia, oriental, western dan Japanese.

14. Pulau Ayer

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Anyer. Pulau Ayer dikenal sebagai pulau yang terbaik, terbersih dan pulau yang paling eksklusif. Terdapat 33 floating cottage dengan 3 katagori yaitu 14 standard, 12 family dan 7 VIP cottages. Selain itu juga ada 14 land cottage plus hotel dan ruang karaoke. Di lengkapi dengan fasilitas restaurant, meeting room, drug store dan jogging track.

15. Pulau Pelangi

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Pelangi. Pulau Pelangi merupakan pilihan para turis asing yang ingin berlibur karena Pulau tersebut memiliki pantai yang landai. Pulau Pelangi termasuk gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Pelangi sebagai salah satu resort di Kepulauan Seribu dengan cottage gaya arsitektur tradisional Bungalows. Jarak yang di tempuh sekitar 108 kilometer dengan waktu 90 menit atau 1 jam dari kota Marina Ancol Jakarta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer

25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
Benteng Martello, Pulau Kelor. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Berikut ini daftar tempat wisata Pulau Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

16. Royal Island

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Royal Island. Royal Island Pulau Kelapa merupakan semi resort yang terdapat di Kepulauan Seribu, Pulau ini berada di ujung barat pulau kelapa yang sifatnya berbentuk private tidak bercampur baur dengan penduduk setempat. Paket Roya Island wisatawan dapat menikmati keindahan sunset dan pohon mangrove yang begitu subur, serta terdapat spot snorkeling dan tempat memancing di rumpon.

17. Pulau Genteng Kecil

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Genteng Kecil. Pulau Genteng Kecil adalah sebuah pulau resort private masing-masing resort yang disewakan untuk umum dan juga kelompok. Resort yang di Pulau Genteng terbilang kecil hanya berkapasitas 25 orang untuk type family dan 80 orang untuk type corporate. Cottage tersebut di kelilingi pohon-pohon cemara dan pasir putih yang halus serta pantai yang landai di dekat dermaga pulau tersebut.

18. Pulau Tengah / H

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Tengah/H. Pulau H / Pulau Tengah / H Island memiliki luas 10 hektar dan memiliki sejumlah 42 villa, setiap penginapan villa memiliki ukuran yang sama dan dibuat dari material kayu dengan vasilitas 2 kamar, ruang tamu dan kolam renang.

19. Pulau Kelor

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Pulau Kelor. Pulau Kelor mempunyai pemandangan laut yang jernih dengan ombak yang cenderung tenang. Selain pantainya yang indah, Anda juga bisa berfoto dengan latar benteng peninggalan sejarah yang ada di Pantai Kelor ini.

Untuk menuju Pulau Kelor, Anda dapat menempuh dengan menaiki speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Opsi lainnya yakni Anda bisa naik perahu motor milik nelayan melalui Dermaga Muara Kamal Cengkareng, atau Dermaga Tanjung Pasir, Tangerang. Menyeberang dari Ancol akan memakan biaya lebih mahal karena jaraknya lebih jauh, dan kapal yang tersedia biasanya memiliki fasilitas yang cukup mewah.

20. Benteng Mortello Peninggalan VOC

Tempat wisata Pulau Seribu yang selanjutnya adalah Benteng Mortello Peninggalan VOC. Benteng yang bernama Benteng Mortello ini dibangun oleh VOC pada abad ke-17, namun sisa bangunannya masih ada sampai sekarang. Kabarnya benteng ini banyak tersebar di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Nama Mortello sendiri berasal dari Bahasa Italia Mortella yang artinya palu. Benteng ini sebelumnya berbentuk melingkar dan berfungsi sebagai benteng pertahanan saat perang melawan Spanyol, Portugis dan Bajak Laut. Barulah saat Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, bangunan benteng ini mengalami kerusakan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer

25 Wisata Pulau Seribu yang Paling Populer, Melihat Pesona Indonesia di Pantai Utara Jakarta
Perbesar
Suasana di Pulau Cipir. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Berikut ini daftar tempat wisata Pulau Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

21. Pulau Cipir

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Cipir. Pulau Cipir atau Pulau Kayangan menjadi pulau yang eksotis dengan keberadaan prasasti tua dan bekas reruntuhan rumah sakit.

22. Pulau Bira Besar

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Bira Besar. Pulau Bira Besar merupakan salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau ini memang belum cukup terkenal diantara wisatawan pecinta wisata pantai dan underwater.

Di dalam pulau ini hanya terdapat beberapa rumah kayu yang terdiri dari dua kamar, lengkap dengan tempat tidur dan kayu berkelambu. Pulau ini pun belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena hanya beberapa travel agent yang membuka trip ke pulau dengan luas 29,13 Hektar ini.

23. Pulau Alam Kotok

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Alam Kotok. Pulau Alam Kotok termasuk gugusan di wilayah Kepulauan Seribu paling utara Ibukota Provinsi Jakarta, Pulau Kotok di sebut juga dengan Pulau Kulkul Kotok dan juga terdapat Pulau Kotok besar pulau tersebut sebagai tempat rehabilitasi elang bondol dan juga penangkaran burung elang bondol. Elang bondol merupakan marga satwa yang di lindungi oleh pemerintah, karena elang bondol merupakan iconnya Jakarta. Untuk berkunjung ke pulau ini, jarak yang di tempuh memakan waktu kurang lebih 90 menit dari Marina Ancol Jakarta. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

24. Pulau Sebira

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Seriba. Pulau Sebira, di jaman Belanda mendapat julukan sebagai Noord Wachter alias Jaga Utara, karena sejak zaman Belanda pulau ini digunakan untuk menandai adanya daratan, sehingga dibangunlah mercusuar atau menara suar jaga utara, satu-satunya mercusuar di Kepulauan Seribu Jakarta.

Menuju Pulau Sebira, perjalanan Anda akan diawali dengan melewati pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Harapan. Pulau-pulau ini dijadikan destinasi wisata island hopping dan snorkeling.

25. Pulau Lancang

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikutnya adalah Pulau Lancang. Meski namanya tak sepopuler pulau-pulau lain yang sudah menjadi destinasi wisata rutin di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Namun Pulau Lancang memiliki pesona alam dan bahari yang bikin orang takjub. Pulau yang berjarak sekitar 11 kilometer dari pesisir utara Pulau Jawa di Kabupaten Tangerang ini pun mulai berbenah menyambut wisatawan.

Lanjutkan Membaca ↓