Sukses

10 Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Klaten terbaru, jangan sampai terlewatkan!

Liputan6.com, Jakarta Membutuhkan rekomendasi tempat wisata area Solo Raya, jangan lewatkan wisata Klaten terbaru dan lagi hits. Di wisata klaten terbaru ada gondola girpasang yang menyuguhkan pemandangan alam memukau dan konon bikin uji nyali saat menaikinya.

Tak hanya gondola, wisata Klaten terbaru dan lagi hits juga menyuguhkan warung apung di sebuah rawa, namanya rawa jombor. Unik sekali bukan? Rata-rata menu yang disajikan di tempat wisata Klaten terbaru dan lagi hits ini berupa hasil ikan-ikan yang dipelihara oleh masyarakat setempat.

Paling populer di tempat wisata Klaten, jangan sampai melewatkan kunjungan ke umbul atau wisata airnya seperti umbul Ponggok dan umbul lainnya. Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata Klaten terbaru dan lagi hits yang wajib banget dikunjungi dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits

Gondola Girpasang

Saat ini Gondola barang Girpasang telah diperbarui menjadi gondola orang. Warga dan wisatawan dapat menyeberangi jurang mengerikan di wisata klaten terbaru dan lagi hits ini. Wahana Gondola ini dibangun awal tahun 2021. Berkapasitas 4 orang menjadi ikon destinasi wisata menarik di Desa Tegalmulyo. Desain Gondola juga unik bak sangkar burung namun tembus pandang.

Kaca di wisata klaten terbaru dan lagi hits digunakan agar para wisatawan bisa melihat pemandangan secara leluasa. Lintasan gondola berada 138 meter di atas dasar jurang. Memberikan pemandangan khas pegunungan yang menakjubkan. Sensasinya jangan ditanyakan, meskipun terkesan kecil, tali penopang gondola sangatlah kuat. Tiga tali baja membentang dan mampu menopang penumpang maksimal 3 kuintal.

Fasilitas tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini sangat memadai. Di ujung pemberhentian gondola terdapat Pendopo Kampung Girpasang. Ikon Kampung ini menjadi favaorit wisatawan beristirahat. Dari kampung ini wisatawan bisa berswafoto berlatar gondola yang melayang. Selain itu, toilet, tempat ibadah, bahkan warung makan telah tersedia. Ada kedai kopi yang menawarkan kopi hitam. Sangat cocok untuk kondisi dingin di pegunungan.

Umbul Ponggok

Wisata Klaten Umbul Ponggok merupakan wisata klaten terbaru dan lagi hits ala air yang berlokasi di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini merupakan kolam mata air alami yang dulunya digunakan sebagai penampungan air pabrik gula dan perkebunan. Mata air Umbul Ponggok berbentuk kolam dengan ukuran panjang 70 m dan lebar 40 m.

Di dasar kolam terdapat mata air alami yang terus mengeluarkan air, sehingga kolam Umbul Ponggok terus jernih. Kini wisata klaten terbaru dan lagi hits ini tak pernah sepi pengunjung. Wisata Klaten Umbul Ponggok juga punya keistimewaannya sendiri. Umbul Ponggok adalah wahana air pertama di Indonesia yang memberi pengalaman snorkling dan diving di kolam mata air alami.

Aktivitas unik yang bisa dilakukan di wisata klaten terbaru dan lagi hits ini adalah berfoto di bawah air. Di dalam kolam ini sudah tersedia banyak properti dengan beragam tema untuk berfoto. Di dalam kolam Umbul Ponggok, kamu bisa bergaya dengan properti yang disediakan. Kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp 15.000/orang untuk masuk ke area Umbul Ponggok.

Harga ini berlaku untuk semua hari baik hari biasa maupun hari libur. HTM ini belum termasuk dengan persewaan kamera underwater dan peralatan snorkling serta diving ya.

3 dari 6 halaman

Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits

Rowo Jombor

Di Klaten terdapat sebuah rawa yang cukup luas dengan air yang bersih, tepatnya di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Rowo Jombor layak disebut sebagai tempat hiburan malam di Klaten. Saat ini, selain digunakan sebagai saluran irigasi dan untuk memelihara ikan, tempat ini juga digunakan sebagai restoran.

Ada banyak restoran atau biasa disebut warung apung yang berjajar di sepanjang pinggiran rawa. Rata-rata menu yang disajikan di tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini berupa hasil ikan-ikan yang dipelihara oleh masyarakat setempat. Pada masing-masing warung apung yang merupakan obyek wisata Bayat Klaten ini memiliki fasilitas yang berbeda-beda.

Ada yang dilengkapi dengan area karaoke, area bermain anak, alat pancing, mushola, dan sebagainya. Untuk menuju warung apung di tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini, pengunjung harus naik getek dulu ke tengah rawa. Jika kebetulan kamu datang menjelang maghrib, Kita dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Pantulan jingga matahari di atas rawa dengan selingan perahu dan burung-burung yang berlalu lalang akan selalu membekas dalam ingatan.

Umbul Manten

Umbul Manten termasuk salah satu sumber mata air di Klaten yang menawan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Meskipun letaknya berdekatan dengan Umbul Pongok, namun potensi Umbul Manten belum terlalu maksimal.

Jika membandingkan tentang kejernihan air, keduanya bisa dibilang sama baiknya, akan tetapi di Umbul Manten tidak banyak ikan yang berkeliaran. Mungkin itu yang menyebabkan sumber mata air yang dikelilingi pohon-pohon besar ini tidak begitu ramai. Umbul Manten yang merupakan tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini ternyata memiliki legenda dibalik penamaannya.

Konon pada zaman dahulu ada sepasang pengantin baru yang dilarang keluar setelah maghrib. Hingga 40 hari setelah pernikahan oleh orang tua mereka. Namun karena bosan, sepasang suami istri tersebut melanggar larangan tersebut dan keluar rumah menjelang maghrib. Ketika itu sang suami berjalan di depan dan istrinya di belakang. Dan saat melewati pohon-pohon rindang, tiba-tiba saja sang istri tidak terlihat oleh suami, begitu pula sebaliknya. Lokasi menghilangnya sepasang pengantin tersebut tidak jauh dari mata air yang hingga kini disebut sebagai Umbul Manten oleh warga setempat.

4 dari 6 halaman

Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits

Umbul Kapilaler

Bila kamu tidak memilki cukup biaya untuk berlibur, tidak perlu khawatir, karena ada tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits yang gratis, yaitu di Umbul Kapilaler. Tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok. Lokasi wisata klaten terbaru dan lagi hits ini cukup nyaman karena terdapat beringin yang besar dan bebatuan yang memagari Umbul Kapilaler ini. Sehingga membuat pengunjung bisa bermain air tanpa takut kepanasan.

Candi Sewu

Wisata klaten terbaru dan lagi hits ini seperti namanya, sarat akan nilai sejarah terdiri dari banyak candi. Meskipun sebenarnya di tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini tidak sampai seribu buah. Jumlah tepatnya adalah 249 candi dengan satu candi utama, delapan candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara.

Lokasi wisata klaten terbaru dan lagi hits ini tidak jauh dari Candi Prambanan, kira-kira berjarak 800 m dari arca Rara jongrang. Susunan candi di tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini cukup simetris dengan candi utama berada di tengah. Dan dikelilingi oleh candi pengapit dan candi prawara pada keempat sisinya.

5 dari 6 halaman

Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits

Umbul Nilo

Umbul nilo merupakan tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits yang alami berupa umbul. Umbul Nilo ini memiliki daya tarik yang unik untuk para penikmatnya. Umbul yang satu ini masih sangat alami. Konon katanya, wisata klaten terbaru dan lagi hits yang satu ini memiliki kualitas air yang paling bersih dibanding semuanya. Lokasinya berada di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Cokro

Umbul cokro juga dikenal dengan Waterboom Cokro oleh masyarakat setempat, wisata air di Klaten ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti water sliding, kolam, dan taman air. Tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini menggunakan sumber mata air Cokro yang berada tak jauh dari sana sebagai sumber airnya. Lokasinya persis berada di tepi aliran Kali Busur di Kecamatan Tulung, Klaten. 

6 dari 6 halaman

Wisata Klaten Terbaru dan Lagi Hits

Candi Prambanan

Tempat liburan di Klaten yang sudah terkenal hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Wisata klaten terbaru dan lagi hits yang menyuguhnya sejarah ini terletak di perbatasan antara Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk kompleks wisata klaten terbaru dan lagi hits sendiri sebenarnya berada di wilayah Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya sudah masuk wilayah Klaten.

Tiket masuk ke wisata klaten terbaru dan lagi hits ini adalah sebesar Rp 30 ribu per orang, dengan perubahan biaya pada hari libur nasional. Di Candi Prambanan juga rutin diadakan Sendratari Ramayana pada hari-hari tertentu yang semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Candi Plaosan

Objek wisata klaten terbaru dan lagi hits murah di Klaten yang satu ini terletak tak jauh dari Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 1 Km. Candi yang berada di Desa Bugisan ini juga tak kalah megah jika dibandingkan dengan candi-candi yang lain.

Tempat wisata klaten terbaru dan lagi hits ini diperkirakan dibangun saat kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Candi ini adalah candi Buddha, terbukti dari adanya arca Buddha dan stupa-stupa di sekitar sana. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini