12 Macam Macam Bunga Hias dari Mancanegara Serta Harganya, Cantik untuk Outdoor

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 08 Jun 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 14:45 WIB
12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Ilustrasi bunga mawar merah (Sumber:Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bunga hias bisa mempercantik rumah maupun halaman rumah Anda. Ada berbagai jenis bunga hias yang berasal dari luar negeri hingga lokal. Seperti bunga soka, bunga garbera, bunga bakung, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya bunga hias ini, rumah terasa lebih segar, asri dan indah. Selain digunakan sebagai hiasan di rumah, bunga terkadang menjadi salah satu bagian dari acara-acara penting seperti pernikahan dan upacara wisuda.

Dengan banyaknya peminat, bunga menjadi salah satu tumbuhan yang sering diminati dan dicari oleh kolektor. Bahkan bunga tersebut dapat memiliki nilai harga yang tak tanggung-tanggung, hingga harus di import dari luar negeri.

Ada beberapa macam-macam bunga hias tercantik dari mancanegara yang dapat memanjakan mata kita dengan bentuk dan warna yang indah, berikut beberapa macam-macam bunga hias dari berbagai penjuru dunia beserta harganya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, (8/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Anemone dan Bunga Camellia

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Bunga Camellia di Pulau Jeju

1. Bunga Anemone (Windflower)

Macam-macam bunga hiasa yang pertama adalah bunga anemone atau windflower. Bunga ini berasal dari daratan Eropa dan berkembang di berbagai benua kecuali Australia, Selandia Baru, dan Antartika. Bunga Anemone memiliki warna berbeda-beda, ada yang berwarna putih, biru, pink dan merah, bentuknya seperti cangkir halus dan memiliki 120 Spesies, tanaman ini adalah salah satu tanaman hutan pilihan yang paling banyak orang sukai karena bentuk bunganya yang cantik dan mudah untuk dirangkai. Bunga ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 35.000-Rp.100.000 tergantung jenisnya.

2. Bunga Camellia

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga camelia. Bunga camellia dapat anda temui di seluruh daratan Asia, nama camellia diambil untuk menghormati Georg Joseph Kamel, seorang ahli botani asal Cheko. Ada banyak warna yang dimiliki bunga ini tergantung daerah mereka berasal, anda akan menemukan salah satu bunga terindah di dunia ini dengan warna merah, kuning, pink dan warna putih, masing-masing warna pun memiliki makna yang berbeda. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000- Rp. 100.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Garbera dan Bunga Bakung

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Bunga Bakung Sumber : alamendah.org.

3. Bunga Garbera

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga garbera. Bunga garbera berasal dari Afrika selatan dan tumbuh subur dengan warna-warna cerah, bunga ini memiliki beberapa makna namun semuanya berhubungan dengan kebahagian, Bunga garbera memiliki warna-warna indah seperti pink, merah, hijau dan kuning. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000- Rp. 45.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

4. Bunga Bakung (Daffodils)

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga bakung atau daffodils. Ada sebuah kisah dari Yunani Kuno tentang pria bernama Narcissus yang suka melihat dirinya sendiri, suatu hari ketika ia melihat dirinya dalam genangan air, ia jatuh dan tenggelam. Dari kuburnya bunga tumbuh dan bunga itu dinamai Narcissus, yang merupakan nama lain dari Bunga Daffodils. Bunga ini mewakili keindahan dan pemandangan bunga ini dapat anda temukan pada musim semi di beberapa negara eropa. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000- Rp. 50.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Juliet Rose dan Bunga Hydrangea

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Bunga Hydrangea. (AP Photo/Koji Sasahara)

5. Bunga Juliet Rose

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga juliet rose. Bunga jenis Juliet Rose ini jadi salah satu bunga termahal sekaligus tanaman hias paling mahal. Untuk harga per tangkainya mencapai Rp 57 miliar atau 3 juta poundsterling. Bunga ini dikembangkan oleh petani bunga mewah, David Austin di Eropa. Bukan tanpa sebab, David perlu waktu hingga 15 tahun untuk menumbuhkan bunga ini.

6. Bunga Hydrangea (Hortensia)

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga hydrangea. Bunga ini berasal dari Asia Timur, Asia Selatan, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bunga Hydrangea dikenal sebagai bunglon dari kerajaan tanaman. Itu berarti bahwa mereka dapat memiliki berbagai macam warna. Mulai dari putih, bunga-bunga ini juga bisa merah, pink, ungu dan biru. Hydrangea menjadi salah satu bunga yang biasa dijadikan jenis tanamah hias  karena bentuknya yang indah dan menawan. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000- Rp. 100.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Tulip dan Bunga Magnolia Putih

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Ilustrasi bunga tulip | unsplash.com/@zeitschreiber

7. Bunga Tulip

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga tulip. Tulip berasal berabad-abad yang lalu di Persia dan Turki. Tulipa berasal dari kata Persia yang berarti sorban, tulip sekarang tumbuh di seluruh dunia, tapi yang terkenal tentu saja bunga “tulip Belanda”.  Nah, Bila ingin menyaksikan pemandangan bunga indah ini, tentu saja cara terbaik adalah dengan datang ke negara kincir angin tersebut (Belanda). Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 400.000 - Rp. 2.000.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

8. Bunga Magnolia Putih

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga magnolia putih. Bunga magnolia yang paling umum adalah berwarna putih murni, namun ada juga warna merah muda, ungu muda dan, kuning dan berbagai nuansa ungu dan lavender, bunga ini dikatakan telah ditemukan dari pulau Martinique dan dikenal secara lokal dengan nama bunga talauma. penemunya seorang bernama Piere Magnol. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 30.000- Rp. 300.000.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Matahari dan Bunga Alamanda

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Bunga Matahari. (AFP/Mohd Rasfan)

9. Bunga Matahari

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga matahari. Bunga matahari biasa dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara semenjak ribuan tahun yang lalu, sekarang bunga matahari ini telah tersebar ke Amerika Selatan sampai ke wilayah Eropa Perancis dan Ukraina. Tumbuhan ini bisa tumbuh di wilayah yang beriklim subtropik, dengan tanah yang subur dan hangat. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000- Rp. 55.000.

10. Bunga Alamanda

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga alamanda. Bunga alamanda merupakan jenis tanaman hias yang termasuk golongan perdu berkayu dengan tinggi yang bisa mencapai 2 meter. Bunga ini sering juga disebut sebagai terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Dapat ditemukan pada daerah sekitaran sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan curah hujan yang cukup dan juga kelembapan yang tinggi sepanjang tahunnya. Alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan serta banyak ditemukan di Brasil. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000- Rp. 50.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Melati dan Bunga Mawar

12 Macam Macam Bunga Hias Berasal dari Mancanegara yang Paling Diminati Beserta Harganya
Perbesar
Bunga Melati (sumber: Pixabay)

11. Bunga Melati

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga melati. Orang Indonesia biasanya menyebut bunga ini dengan sebutan bunga melati dan berasal dari wilayah himalaya, aroma yang intens dan keindahan membuatnya cocok untuk menghias ruang apapun serta hadiah ideal untuk orang lain, nama ilmiah untuk white flowers adalah Jasminum officinale. Bunga jasmine adalah salah satu bunga terharum di dunia. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000- Rp. 150.000.

12. Bunga Mawar

Macam-macam bunga hias yang selanjutnya adalah bunga mawar. Bunga Mawar adalah sejenis bunga yang merupakan tanaman semak yang bergenus Rosa L. Tumbuhan bunga ini mempunyai 100 lebih spesies, umumnya spesies mawar sendiri merupakan tanaman yang berduri dan memanjat yang tingginya bisa mencapai hingga 2-5 meter. Budidaya taman mawar dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu di China. Namun sekarang, tumbuhan mawar ini bisa tumbuh subur di wilayah yang beriklim sedang. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp. 30.000- Rp. 100.000 tergantung jenis, warna dan bentuknya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya