12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 07 Jun 2021, 21:40 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 21:40 WIB
12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Teh Hijau Credit: pexels.com/JiYan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh hijau ternyata ada segudang dan diketahui sebagai minuman paling sehat di dunia. Manfaat teh hijau dapat meningkatkan hal-hal baik dari otak hingga otot. Teh jenis ini lebih baik dari jenis teh lain yang biasa kita konsumsi karena memiliki berbagai kandungan zat yang menyehatkan, seperti asam amino, vitamin K, dan juga natrium. 

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya. Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Teh hijau kini semakin populer dan diolah menjadi berbagai menu makanan dan minuman. Teh hijau akan lebih baik dikonsumsi secara langsung, daripada yang sudah diolah menjadi perasa makanan dan minuman. Sebab, perasa makanan green tea telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula dan pewarna makanan. Pilihan terbaik adalah minuman teh hijau hangat.

Penasaran apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/6/2021).

Menurunkan Resiko Kanker dan Diabetes

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels,com/Tom

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat teh hijau yang pertama adalah dapat menurunkan risiko kanker. teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal tersebut memberi manfaat untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

2. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang menjadi epidemi saat ini. Namun untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan teh hijau untuk solusinya.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Kesehatan Oral

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi meningkatkan fungsi otak. Credit: pexels.com/Olia

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

4. Meningkatkan Kesehatan Oral

Manfaat teh hijau yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan oral. Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus Mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular dan Lemak Abdominal

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Kesehatan Jantung Credit: pexels.com/Gerald

5. Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat teh hijau yang dapat anda peroleh yang berikutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa anda cegah dengan memanfaatkan teh hijau. Sebab, meminum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian dapat berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi.Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa Anda menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan Anda minum.

6. Menghilangkan Lemak Abdominal

Lemak abdominal merupakan jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini berkaitan dengan munculnya peradangan di dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Manfaat teh hijau untuk menghilangkan lemak abdominal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian dan hasilnya apabila rutin meminum teh hijau akan berguna untuk membakar lemak secara signifikan.

Membantu Memobiliasai Lemak dari Sel Lemak dan Pembakaran Lemak

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Diet Credit: unsplash.com/iyunmai

7. Membantu Memobilisasi Lemak dari Sel Lemak

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan dan memobilisasi lemak yang ada di dalam tubuh. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa Anda dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

8. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika Anda menginginkan lemak Anda mengalami pembakaran dan berkurang secara sempurna terutama pada saat olahraga minumlah teh hijau. Teh hijau mampu meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika Anda sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh dan Konsumsi Kalori Lebih Sedikit

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Diet Credit: pexels.com/Fuchis

9. Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Supaya penurunan berat badan berlangsung sukses, maka Anda perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat mendukung tubuh Anda agar memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Anda dapat mencapai hal tersebut dengan bantuan teh hijau.

10. Membuat Konsumsi Kalori Lebih Sedikit

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat mengurangi nafsu makan Anda. Oleh sebab itu, salah satu rahasia agar penurunan berat badan Anda maksimal adalah dengan cara mengontrol jumlah kalori yang Anda konsumsi sehari-hari.

Mengobati Jerawat dan Merawat Kulit Wajah

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet
Perbesar
Ilustrasi Masalah Jerawat Credit: pexels.com/Molly

11. Mengobati Jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin merupakan senyawa yang bersifat anti-bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Komponen dalam teh hijau membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

12. Mempercantik Kulit Wajah

Manfaat teh hijau yang utama untuk kecantikan wajah adalah bisa mempercantik kulit. Konsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

Lanjutkan Membaca ↓