12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 07 Jun 2021, 17:50 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 17:50 WIB
12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi jus seledri. (dok. Pixabay.com/stux)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus seledri bagi kesehatan tubuh ternyata mampu untuk mencegah kerusakan sel dan mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Seledri dikenal sebagai sayuran yang kerap digunakan sebagai bahan masakan.

Belakangan ini beberapa orang banyak mengonsumsi seledri dalam bentuk jus. Tanaman bernama latin Apium graveolens L. ini memiliki aroma segar yang khas dan rendah kalori. Seledri kaya akan berbagai kandungan gizi, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, asam folat, dan mangan. 

Meskipun memiliki bau yang terbilang menyengat, seledri ternyata  menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh asalkan dikonsumsi tidak berlebih, karena akan menyebabkan efek samping yang serius.

Penasaran manfaat apa saja yang didapatkan jika mengonsumsi jus seledri? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menetrealkan Makanan Asam dan Tinggi Nutrisi

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Jus daun seledri | unsplash.com

1.  Menetralkan Makanan Asam

Manfaat jus seledri yang pertama adalah menetralkan makanan asam. Seledri kaya akan unsur-unsur seperti besi, magnesium, dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat. Dengan kata lain, itu dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh.

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan tulang, batu ginjal, masalah hati, dan jantung. Lantaran banyak makanan yang dikonsumsi setiap hari bersifat asam, menambahkan jus seledri ke dalam rutinitas harian Anda dapat menghentikan beberapa masalah tersebut.

2. Tinggi Nutrisi

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah memiliki tinggi nutrisi bagi tubuh. Satu cangkir jus seledri mengandung berbagai nutrisi penting, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Konsumsi daun seledri dalam bentuk jus memungkinkan Anda mengonsumsi lebih banyak sayuran.

Dengan begitu, jumlah nutrisi dan vitamin di tubuh akan lebih tinggi. Idealnya, sembilan sampai 12 batang seledri akan menjadi dua cangkir jus. Meski satu gelas jus seledri tak akan memenuhi semua kebutuhan vitamin, direkomendasikan memanfaatkan batang dan daun secara utuh untuk memaksimalkan nutrisi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengurangi Risiko Kanker dan mencegah Masalah Penglihatan

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels,com/Tom

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jus seledri yang selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker. Seledri mengandung luteolin dan penelitian menemukan bahwa elemen ini melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan.

4. Mencegah Masalah Penglihatan

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah mencegah masalah penglihatan. Seledri sangat tinggi vitamin A dan vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mencegah Diabetes tipe 2 dan Kerusakan Sel

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

5. Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat jus seledri yang lainnya adalah mencegah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 menjadi masalah kesehatan serius bagi dunia modern. Diperkirakan pada 2030, lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini. Seledri adalah satu di antara cara alami untuk mencegahnya. Hal itu karena seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan vitamin K meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

6. Mencegah kerusakan sel

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah mencegah kerusakan sel. Seledri mengandung lebih dari 12 macam antioksidan, senyawa antioksidan utama yang terdapat dalam seledri di antaranya vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berlebih yang bisa merusak sel. Antioksidan flavonoid jenis quercetin dalam seledri terbukti bisa memerangi peradangan akut.

Manfaat jus seledri ini dapat memberikan perlindungan dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. Quercetin juga disebut bisa menghilangkan sel-sel yang rusak, sehingga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengatur Keseimbangan Cairan dan Menghidrasi Tubuh

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi cairan tubuh. (foto: istock)

7. Mengatur Keseimbangan Cairan

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah mengatur keseimbangan cairan. Seledri yang sangat tinggi kalium dan mineral ini memainkan peran penting dalam banyak proses dalam tubuh kita. Para ilmuwan percaya kalium adalah mineral terpenting ketiga bagi tubuh kita agar berfungsi dengan baik.

Dalam tubuh terdapat sekitar 60 persen air dan 40 persen dari air ini ditemukan di dalam sel Anda. Sedangkan sisanya berada di luar sel, dalam cairan tulang belakang, darah, dan di antara sel-sel. Tingkat air di dalam dan di luar sel sangat penting dan dipengaruhi oleh konsentrasi elektrolit. Kalium larut dalam air dan berperilaku dalam sistem tubuh, seperti elektrolit bermuatan positif, dan mengatur tingkat air di dalam sel.

8. Menghidrasi Tubuh

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah menghidrasi tubuh. Untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, Anda bisa minum jus seledri atau menggunakannya sebagai camilan. Seledri termasuk sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir seledri seberat 101 gram, 96,39 gram komposisinya adalah air. Bahkan nyaris sebagian besar di antaranya terdiri atas air. Hidrasi atau mencukupi asupan cairan tubuh penting bagi kesehatan.

Dehidrasi bisa menyebabkan kurang konsentrasi, gangguan suasana hati, sampai memicu penyakit batu ginjal, mampu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, elektrolit, seperti natrium, kalsium, dan kalium, juga membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Seledri juga dapat merangsang kontraksi otot untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tinggi Folat dan Rendah Gula

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi seledri (Sumber: pixabay)

9. Tinggi Folat

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah tinggi folat. Folat adalah satu di antara vitamin B-kelompok dan merupakan unsur penting untuk sel darah merah dan putih di sumsum tulang belakang, juga memainkan peran penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, memecah protein, dan memproduksi DNA.

Satu cangkir jus seledri mengandung 145 mikrogram folat yang lebih dari 36 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk pria dan wanita, dan 29 persen untuk wanita hamil dan menyusui.

10. Rendah Gula

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah rendah gula. Kandungan gula lebih rendah membuat jus seledri jauh lebih sehat ketimbang jus lain, seperti jus jeruk atau jus apel. Satu cangkir jus seledri mengandung 3,16 gram gula alami, dibanding 24 gram pada jus jeruk dan 28 gram di jus apel. Konsumsi terlalu banyak gula tambahan akan menyebabkan peningkatan berat badan, bahkan obesitas, diabetes, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Punya Sifat Antioksidan dan Anti Inflamasi Hingga Menambah Pasokan Vitamin dan Mineral bagi Tubuh

12 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kerusakan Sel dan Diabetes
Perbesar
Ilustrasi Daun Seledri Credit: pexels.com/pixabay

11. Punya Sifat Anti-oksidan dan Anti-inflamasi

Beberapa ilmuan berpendapat bahwa senyawa dalam seledri, yakni Asam caffeic, Apigenin, dan Luteolin bertindak sebagai anti-oksidan kuat dalam penyembuhan. Anti-oksidan dalam kandungan seledri dapat mencegah stres oksidatif dan bermanfaat mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas akan memberi dampak peradangan kronis yang dapat merusak sel, jaringan, dan organ, serta bisa meningkatkan risiko serangan jantung, kanker, artritis, juga diabetes.

12. Menambah pasokan vitamin dan mineral

Manfaat jus seledri yang berikutnya adalah menambah pasokan vitamin dan mineral. Seledri memiliki beragam vitamin dan mineral alami yang bermanfaat bagi tubuh. Seledri mengandung vitamin K, A, C, serta mineral potasium dan folat. Sebanyak 100 gram seledri mengandung 32 mikrogram vitamin K.

Jumlah tersebut dapat menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin K per hari bagi wanita. Vitamin K adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang sampai pembuluh darah. Vitamin ini krusial untuk menunjang kinerja vitamin D dan kalsium. Selain itu, porsi kandungan kalium dalam seledri juga cukup tinggi. Dalam satu cangkir seledri, kaliumnya lebih dari setengah kalium pisang.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya