15 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, Nutrisinya Melimpah

Oleh Husnul Abdi pada 07 Jun 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 09:00 WIB
Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/Ready

Liputan6.com, Jakarta Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Buah berwarna hijau ini sering kali dijadikan berbagai olahan makanan karena rasanya yang enak dan daging buahnya yang lembut.

Tidak hanya enak, buah alpukat juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Alpukat dapat menjaga kamu dari berbagai penyakit, dan dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah dan rambut.

Manfaat alpukat dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Berdasarkan data dari Nutrient Database dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 40 gram alpukat mengandung setidaknya 64 kalori, 6 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, Kurang dari 1 gram gula, hingga 3 gram serat.

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6 yang baik, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/6/2021) tentang manfaat alpukat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata
Perbesar
Ilustrasi Mata Sehat Credit: pexels.com/Pogo

Kenyang Lebih Lama

Salah satu manfaat alpukat untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan adalah memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini tentunya sangat penting bagi kamu yang sedang diet dan menjaga berat badan ideal.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, kandungan lemak tersebut adalah ‘lemak sehat’ yang baik untuk tubuh. Lemak inilah yang membuat kamu kenyang lebih lama. Namun, kamu tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya berhubung alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaksantin pada alpukat berfungsi untuk meminimalisir kerusakan mata akibat sinat ultraviolet. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalamnya juga mendukung penyerapan antioksidan, seperti beta-karoten.

Manfaat alpukat untuk kesehatan mata bahkan juga dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh faktor penuaan. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantng merupakan salah satu manfaat alpukat yang juga bisa kamu dapatkan. Sebagai sumber lemak sehat, protein, serat dan berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi jantung, alpukat sangat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Sebuah peneliatian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat serta buah dan sayuran lainnya secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kolesterol LDL yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Ilustrasi ibu hamil
Perbesar
Ilustrasi ibu hamil. (Gambar oleh Regina Petkovic dari Pixabay)

Mencegah dan Memaksimalkan Pengobatan Kanker

Selain mengandung lemak sehat, alpukat juga terkenal memiliki asupan folat yang baik untuk tubuh. Dalam berbagai studi ditemukan bahwa folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Bahkan, alpukat dapat berperan dalam pengobatan kanker.

Hal ini disebabkan karena fitokimia pada alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, dalam waktu bersamaan juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, manfaat alpukat mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

Mencegah Osteoporosis

Alpukat juga kaya akan kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Manfaat alpukat dengan ketiga asupan nutrisi tersebut adalah untuk mencegah kamu terkena osteoporosis. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai susu, alpukat dapat menjadi pengganti asupan nutrisi-nutrisi tersebut untuk menjaga kepadatan tulang.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Alpukat juga baik untuk ibu hamil dan janin. Selain kaya akan folat, alpukat juga kaya kandungan serat, yang dibutuhkan bagi para wanita yang sedang hamil muda. Manfaat alpukat untuk kesehatan ibu hamil bahkan dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang umum terjadi saat hamil.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Ilustrasi otak sehat/ Pexels
Perbesar
Ilustrasi otak sehat (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat alpukat ini dipengaruhi oleh kandungan folatnya. Makanan yang mengandung folat tinggi bisa mengurangi risiko depresi. Ini karena folat bisa mencegah penumpukan homosistein, yakni zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan transportasi nutrisi ke otak. Seseorang dengan kelebihan homosistein dalam tubuh dapat mengalami gangguan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati, tidur, serta nafsu makan.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat alpukat yang tinggi serat dapat meningkatkan pergerakan usus sehingga pembuangan racun dapat dilakukan setiap hari, melalui empedu dan feses. Meningkatkan konsumsi serat dalam alpukat dapat mengendalikan sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Selain itu, alpukat juga mengandung zat yang memiliki aktivitas antimikroba, terutama Escherichia coli, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu melindungi kamu dari penyakit Alzheimer, perlambatan dalam kemampuan berpikir dan mengingat. Manfaat alpukat untuk kesehatan ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin E. Antioksidan bisa melawan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

Ilustrasi Kulit Sehat
Perbesar
Ilustrasi Kulit Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Merawat Kulit Wajah Kusam

Buah alpukat mengandung lemak sehat, vitamin, dan antioksidan, yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk medapatkan manfaat alpukat untuk kecantikan ini, kamu bisa menjadikannya sebagai masker alias dengan menghaluskan daging buahnya.

Kamu bisa menggunakan masker alpukat sebagai perawatan wajah untuk mengurangi masalah kulit kusam. Masker buah alpukat ini mampu membantu melembapkan dan merevitalisasi kulit kamu.

Mengurangi Keriput pada Wajah

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengurangi keriput di wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan minyak alpukat. Hal ini dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin yang mampu membantu menumbuhkan dan melembapkan kulit. Minyak alpukat ini mampu mengurangi keriput secara perlahan jika digunakan secara rutin.

Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Ketika banyak melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung kamu bisa meringankan kondisi kulit yang terbakar dengan menggunakan alpukat. Adanya kandungan antioksidan dan lemak sehat mampu membantu menghidrasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi rasa sakitnya.

Oleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang bermasalah. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun sebelum mengoleskannya untuk menenangkan kulit secara instan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

Rambut
Perbesar
Ilustrasi Rambut Sehat dan Terawat Credit: pexels.com/Ciara

Menghilangkan Ketombe

Alpukat bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut, salah satunya untuk menghilangkan ketombe. Minyak alpukat memiliki sifat pelembab yang dapat membantu meringankan masalah pada kulit kepala yang kering dan gatal. Minyak alpukat juga bisa membantu mengobati luka dan kerusakan yang terjadi pada kulit kepala yang disebabkan oleh eksim dan psoriasis.

Menumbuhkan Rambut

Buah alpukat sangat kaya akan vitamin B dan vitamin E. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk rambut, kamu bisa menggunakan masker alpukat.

Vitamin E berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala. Sedangkan vitamin B meningkatkan pergantian sel yang mampu menghasilkan rambut yang kuat.

Mengatasi Rambut Kusut

Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh yang terkandung pada alpukat mampu membantu mengembangkan sel baik di dalam maupun di luar tubuh.

Kalau kamu ingin mengembalikan penampilan yang mengkilap dan tekstur halus pada rambut, kamu bisa menggunakan kondisioner yang mengandung bahan alpukat di dalamnya. Produk yang mengandung alpukat mampu membantu melembapkan dan menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.

 

Lanjutkan Membaca ↓