Sukses

7 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Cara Menggunakannya yang Benar

Manfaat lemon untuk wajah bisa dijadikan pilihan perawatan alami yang aman.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lemon untuk wajah bisa dijadikan pilihan perawatan alami yang aman. Bahkan, sekarang ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan utamanya. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C pada lemon yang baik untuk kulit.

Manfaat lemon untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lemon mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.

Manfaat lemon untuk wajah juga bisa kamu dapatkan tanpa adanya efek samping pada tubuh. Hal ini tentu sangat baik daripada kamu menggunakan produk kecantikan berbahan kimia yang bisa saja menimbulkan efek samping saat digunakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/6/2021) tentang manfaat lemon untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Wajah

Mengobati Jerawat

Manfaat lemon untuk wajah yang pertama adalah bisa mengobati jerawat. Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa lemon mengandung efek antibakteri yang kuat sehingga dapat mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Buah lemon juga sangat ampuh untuk mengobati jerawat yang kadang muncul saat momen sindrom pra haid datang.

Cara menggunakannya, ambil 1 buah lemon lalu peras airnya kemudian campurkan ke dalam air. Oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lemon untuk wajah dengan meminum air perasan 1 buah lemon utuh dicampur dengan 3 gelas air. Simpan di dalam botol untuk diminum sepanjang hari. Air lemon ini akan membantu mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

Menyamarkan Bekas Jerawat

Tidak hanya baik untuk mengatasi jerawat, manfaat lemon untuk wajah juga dapat menyamarkan bekas jerawat. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan AHA (alpha hydrocy acid) di dalam lemon. Perasan lemon mengandung asam sitrat yang bersifat eksfolian. Kandungan ini dapat melepaskan sisa-sisa sel kulit mati. Dengan begitu, bekas jerawat yang merupakan sel kulit yang rusak akan cepat terganti dengan sel kulit baru.

Cara memudarkan bekas jerawat dengan lemon mudah saja. Cukup usapkan langsung sebuah lemon pada muka kamu dan biarkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat di muka kamu hilang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Mencerahkan Wajah

Bila kamu mendambakan wajah yang cerah, lemon bisa kamu gunakan sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Rutin mengonsumsi jus lemon dan memakainya sebagai masker bisa membantu membuat wajahmu menjadi lebih cerah.

Hal ini disebabkan karena lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit dari waktu ke waktu. Apalagi, vitamin C dikenal sebagai antioksidan ampuh untuk menetralkan radikal bebas dan mendongkrak produksi kolagen.

Untuk membuat masker lemon yang bisa mencerahkan wajah, kamu bisa mencampurkan air lemon dengan air, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan bersih. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok madu, lalu aplikasikan di wajah sekitar 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Jika kamu melakukan cara ini secara rutin, bisa membantu mencerahkan wajah secara permanen.

Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat lemon untuk wajah selanjutnya adalah sebagai bahan dalam mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam lemon berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini membantu pembentukan kolagen untuk menangkal radikal bebas dan membuat kulit tetap kencang sehingga terlihat awet muda.

Lemon juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti keriput serta pigmentasi bisa kamu atasi dengan menggunakan lemon ini. Bahkan, lemon juga dapat mengatasi flek hitam pada wajah.

Aplikasikan air buah lemon kepada daerah yang terkena flek hitam atau bintik-bintik pada wajah. Air lemon mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan serta membuat wajah lebih bersih. Air tersebut akan membantu pengelupasan kulit sehingga dapat mengurangi pigmentasi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Wajah dan Cara Menggunakannya yang Benar

Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan masalah pada kulit wajah yang kerap dialami banyak orang. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan lemon. Khasiat tersebut diperoleh dari salah satu kandungan lemon, yakni asam sitrat yang berguna untuk mengangkat sisa sel kulit mati.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan cotton bud, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari setelah membersihkan wajah.

Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah berminyak tentunya akan sangat menganggu penampilan. Kulit yang berminyak akan selalu tampak kusam. Oleh karena itu, dengan manfaat lemon untuk wajah, kamu bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang sangat mengganggu bagi penampilan dan tampilan wajah.  

Asam sitrat pada lemon bekerja sebagai astringen (zat yang menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) alami.Cara menggunakannya mudah saja, kamu bisa meneteskan air lemon ke kapas, lalu mengusapkan ke wajah setelah mandi untuk mengurangi produksi minyak.

Memutihkan Wajah

Manfaat lemon untuk wajah berikutnya adalah untuk memutihkan kulit. Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit.

Kamu tinggal menyampurkan 2 sendok makan air perasan Lemon dengan 3 sdm air putih, aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini setiap hari untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dalam waktu yang singkat. Kamu juga dapat menambahkan madu ke dalam campuran ini untuk membantu mengurangi segala jenis iritasi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini