12 Jenis Ikan Koi yang Bagus Beserta Ciri-Ciri dan Harganya, Rawat dengan Benar

Oleh Husnul Abdi pada 02 Jun 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi Ikan Koi
Perbesar
Ilustrasi Ikan Koi Credit: pexels.com/Quanh

Liputan6.com, Jakarta Jenis ikan koi yang bagus bisa menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah. Bentuk fisiknya yang sangat indah dengan corak yang unik di badannya membuat ikan hias satu ini dijadikan sebagai peliharaan  untuk memperindah estetika rumah.

Konon katanya bibit ikan koi ini berasal dari daratan Tiongkok dan kemudian menyebar ke Jepang. Kini ikan koi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ada berbagai jenis ikan koi berdasarkan bentuk fisik hingga corak warnanya.

Jenis ikan koi yang bagus dapat dilihat dari warna, corak, pola, dan ukurannya. Selain itu, kamu tentunya juga perlu memperhatikan garis punggungnya yang lurus, sirip sempurna, panjang serta tinggi seimbang, dan selalu aktif.

Ikan koi terkenal dengan julukan sebagai ikan pembawa keberuntungan. Ikan koi juga mudah dipelihara karena mencari makan ikan satu ini tidak susah dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/6/2021) tentang jenis ikan koi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis Ikan Koi

Ikan Koi (Image by Pexels from Pixabay)
Perbesar
Ikan Koi (Image by Pexels from Pixabay)

Jenis Ikan Koi Kohaku

Jenis ikan koi yang pertama adalah Kohaku. ikan koi Kohaku memiliki warna dasar putih dan corak merah besar di atasnya. Jenis ikan koi Kohaku pun dibedakan berdasarkan bentuk corak yang ada di punggungnya.

Pertama, maruten yang memiliki dasar putih dan corak bundar di kepala dan punggungnya. Kedua, nidan yang memiliki dua corak di sepanjang punggung, juga inazuma yang hanya memiliki satu corak di sepanjang punggungnya dengan bercak yang berbentuk petir.

Namun, banyak penggemar ikan koi yang merasa bahwa kohaku terlalu mirip dengan ikan mas. Di pasaran harganya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta.

Jenis Ikan Koi Goromo

Jenis ikan koi goromo, pada dasarnya adalah Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga sub jenis goromo yang diketahui hingga kini, yaitu budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Budo goromo memiliki tepi biru di luar skala yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki tepian biru hanya di bagian dalam sisik merah. Sementara sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir sepenuhnya hitam. Ikan ini dihargai mulai dari Rp. 1,8 jutaan, cukup sepadan dengan coraknya yang sangat indah.

Jenis Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi tancho adalah variasi kohaku yang sangat populer, di mana satu-satunya pola merah muncul sebagai satu titik merah di kepala. Tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus japonensis, atau red-crowned crane.

Ikan satu ini memang cukup unik dan berbeda, harga dari ikan satu ini juga tidak terbilang mahal maupun murah yaitu Rp. 125 ribu hingga Rp. 550 ribu. Jenis ikan koi ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan sehingga digemari banyak orang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis Ikan Koi

Ikan Koi
Perbesar
ikan koi (foto: istimewa)

Jenis Ikan Koi Sanke

Salah satu jenis ikan koi ini memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan dengan pola warna merah dan hitam. Ikan koi Sanke dikatakan berkualitas jika ikan ini memiliki pola warna seperti Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu warna hitam.

Banyak juga yang bilang bahwa sanke secara sekilas terlihat hampir mirip dengan kohaku, yang membedakan keduanya adalah pola warna merah di punggung sanke biasanya dikombinasikan dengan warna hitam. Untuk pasaran harga ikan ini berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Jenis Ikan Koi Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Siripnya warna putih keperakan pula. Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup ekslusif, yaitu mencapai Rp 700 ribu.

Jenis Ikan Koi Hikarimono

Hikarimono mempunyai warna dasar putih pucat dengan pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seakan-akan seperti tulang yang tergambar pada ikan tersebut. Jenis ikan koi ini cukup susah untuk kamu dapatkan. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sekitar Rp. 700 ribu per ekornya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi
Perbesar
Jenis Ikan Koi. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Jenis Ikan Koi Showa

Showa termasuk dalam salah satu jenis ikan koi yang terkenal. Meskipun secara warna ia terlihat mirip dengan Sanke, perbedaannya adalah warna polanya yang berkebalikan dengan sanke, di mana corak showa akan menunjukkan warna putih dan merah yang menutupi warna dasar hitam.

Selain itu, tidak seperti sanke, warna hitam pada showa juga bisa menutupi kepalanya. Menariknya, pada beberapa jenis showa yang berkualitas tinggi, coraknya bisa terlihat seperti tanda petir. Bahkan, tak jarang akan terlihat seperti berbentuk bunga. Yang tak kalah lebih membuat takjub lagi, jenis ikan Showa ini pernah terjual seharga Rp 2,1 milyar tahun 2013 lalu.

Jenis Ikan Koi Matsuba

Matsuba adalah jenis ikan koi yang memadukan dasar berwarna metalik yang solid dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan koi matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah. Sementara itu, ada satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp. 500 ribu.

Jenis Ikan Koi Ogon

Dengan warna kuning keemasan ikan ini digilai oleh para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji. Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis. Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp. 1,5 juta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi
Perbesar
Jenis Ikan Koi (sumber: Pexels)

Jenis Ikan Koi Asagi

Ikan koi Asagi memiliki pola berwarna biru seperti jaring di bagian atas tubuh mereka dengan warna merah-oranye di perut, sirip, pelat insang, dan tubuh. Jenis ikan koi Asagi yang tubuhnya lebih merah dari biasanya dikenal sebagai Hi Asagi. Jenis lain dari Asagi yang juga cukup populer adalah Taki Asagi. 

Ikan ini memiliki pola jaring berwarna biru dan warna merah yang khas dengan garis sisik berwarna putih yang membentang di antara area berpigmen merah dan biru pada tubuh ikan. Warna kepala biasanya putih atau biru pucat.

Harga ikan koi asagi ditaksir kurang lebih Rp 1,1 juta per ekor. Tetapi, semakin banyak dominan warna birunya, maka ikan koi asagi akan semakin mahal.

Jenis Ikan Koi Goshiki

Goshiki  berarti lima warna. Jenis ikan koi ini memiliki tubuh yang solid, berwarna putih dengan pola jaring hitam-biru seperti Asagi yang menyebar ke seluruh tubuhnya. Ini adalah hasil persilangan antara ikan Asagi dan Kohaku koi.

Jika koi ini dirawat dengan cara yang benar dan warna berkembang dengan benar, ikan koi Goshiki adalah ikan hias yang menakjubkan.

Jenis Ikan Koi Kinginrin

Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun, rupanya memang ia salah satu jenis Koi hasil persilangan. Kamu dapat menemukannya dengan harga cukup mahal, yaitu Rp. 900 ribu per ekornya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Budidaya Ikan Koi bagi Pemula

1. Membuat wadah bagi koi

Koi sebenarnya tidaklah harus dipelihara di kolam, bisa saja di bak, akuarium atau lainnya. Kalau kamu memelihara ikan koi berarti kamu ingin menikmati keindahannya, keindahan itu akan dinikmati kalau kamu memelihara di kolam, atau memelihara di akuarium, bak dan lainnya.

Dalam memelihara koi yang perlu diperhatikan sebenarnya hanyalah menjaga kualitas lingkungan hidup koi itu sendiri. Prinsip memelihara koi sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan prinsip hidup atau kehidupan manusia itu sendiri, mungkin yang beda manusia hidup di darat sedang koi di air.

2. Sistem filtrasi bagi koi

Setelah kamu membuat wadah koi selanjutnya adalah membuat sitem filtrasi bagi koi. Sistim filtrasi diperlukan untuk menjaga habitat koi tetap sehat dan layak huni. Sistem filtrasi yang terbaik adalah sistem yang sesuai dengan kolam itu sendiri baik bentuk kolam, letak kolam sehingga dapat menyaring kotoran-kotoran dan membuat ikan koi dapat hidup dengan baik.

3. Rutin merawat dan memberi makan

Ikan koi dapat hidup dilingkungan apa saja, namun jangan lupa untuk rutin merawat agar tidak sering sakit sehingga meyebabkan kematian bagi ikan koi. Bersihkan kolam seperlunya dan jangan lupa untuk rutin memberi makan. Sehingga apabila kamu sudah melakukan itu semua, maka kamu bisa menghasilkan ikan koi dengan kualitas yang baik.

Lanjutkan Membaca ↓