Viral Video Bus Transjakarta Mogok di Tengah Perlintasan KRL, Warga Berjibaku Mendorong

Oleh Mardella Savitri Murtisari pada 01 Jun 2021, 15:41 WIB
Diperbarui 01 Jun 2021, 15:41 WIB
Viral Video Bus Transjakarta Mogok di Tengah Perlintasan KRL, Warga Berjibaku Mendorong
Perbesar
Viral Video Bus Transjakarta Mogok di Tengah Perlintasan KRL, Warga Berjibaku Mendorong. (Sumber: Instagram/hilmi.abdulah1)

Liputan6.com, Jakarta Kejadian mesin kendaraan bermotor yang tiba-tiba saja berhenti di tengah perlintasan rel kereta api memang sudah cukup sering terjadi. Penyebabnya adalah pada lokomotif ada boggie (roda kereta). Komponen utamanya tersebut adalah dinamo, di dalamnya ada juga unsur magnet yang cukup besar.

Hal ini tentunya berdampak pada rel yang kereta yang terbuat dari baja dan dapat menjadi penghantar medan magnet sejauh kilometer dari lokomotif. Maka apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin ke lebih rendah dapat membuat putaran mesin dinamo pada kendaraan bermotor dan koil bisa mati seketika akibat terpengaruh medan magnet yang ada di rel.

Hal terjadi kembali pada Bus Transjakarta yang melintas di rel Kereta Api Jembatan Halimun, Jakarta Selatan. Bus yang membawa banyak penumpang tersebut mengalami mati mesin ketika kereta mendekat. 

Seperti apakah kisahnya? Berikut berita selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (1/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bus Transjakarta macet

Dilansir dari video singkat yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @hilmi.abdulah1, ia mengabadikan momen saat Bus Transjakarta tengah mogok di tengah perlintasan kereta di Jembatan Halimun, Jakarta Selatan dengan rute Ragunan - Tosari.

 

Sontak para penumpang pun nampak berhamburan turun. Setelah laju kereta dapat dihentikan, akhirnya warga serta pengendara motor yang ada di lokasi kejadian pun berjibaku saling bantu untuk mendorong bus yang sedang macet tersebut.

Akhirnya, kecelakaan pun berhasil dihindari dan bus yang macet tersebut bisa dievakuasi oleh warga.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Respon warganet

Video singkat yang diunggah oleh warganet @hilmi.abdulah1 itu pun menuai banyak respon dari warganet. Banyak yang turut berdebar menyaksikan kelanjutan dari momen tersebut. Untungnya, tak ada korban jiwa maupun kerusakan yang ditimbulkan.

"Untung pada selamat. Dan kereta bisa berhenti duluu," tulis akun @defajriahy.

"...Antara petugas palang pintu kontek ke kepala stasiun untuk memberitahu ke kereta atau mengibarkan bendera merah beberapa ratus meter sebelum adanya kejadian untuk menghindari rem mendadak dari kecepatan tinggi laju kereta," tulis akun @erdinand8s 

"Untung banget keretanya bisa berhenti tepat waktu, jadi ga ada korban jiwa dari kereta maupun bus," tulis akun @bonikumal.

Lanjutkan Membaca ↓