Sukses

Kebiasaan Mencuci Sepatu Pakai Deterjen, Awas Sepatu Bisa Rusak

Masih banyak orang mencuci sepatu dengan deterjen. Padahal, deterjen mengandung bahan kimia yang keras dan mampu merusak sepatu,.

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang mencuci sepatu dengan deterjen. Padahal, deterjen mengandung bahan kimia yang keras dan mampu merusak sepatu, seperti lem sol yang mengelupas sampai warna sepatu yang pudar. Apalagi mencuci sepatu dengan cara merendamnya. Ingat, sepatu bukan pakaian. Ada cara yang perlu diperhatikan saat mencuci sepatu.

Gunakan pembersih sepatu

Saat sepatu kotor dan perlu dibersihkan hal yang pertama kamu ingat adalah jangan menggunakan deterjen. Lebih baik gunakan pembersih sepatu yang memang khusus untuk sepatu.

Untuk pembersih sepatu, kamu perlu mencermati kandungan dalam sabun sepatu itu. Pilihlah yang memiliki kandungan ekstrak lemon dan bahan - bahan alami agar sepatu cepat bersih dan terhindari dari rusak. Kini, kamu bisa menemukannya di marketplace. Berbagai mereka tersedia bahkan pembersih sepatu itu bisa digunakan untuk jenis sepatu.

Hindari jemur dengan sinar matahari

Untuk mengeringkannya, hindari menjemur sepatu dengan paparan sinar matahari secara langsung. Soalnya, panasnya sinar matahri bisa merusak lem sepatu dan membuat warna sepatu luntur. Kamu cukup diangin - anginkan dengan kipas angin. Setidaknya kamu lakukan hal itu selama 5 - 8 jam agar sepatu kering sempurna. 

Setelah bersih dan kering, kamu perlu menyimpan sepatu dengan tepat. Caranya, kamu bisa menaruhnya di dalam kotak dan diberikan silica gel agar sepatu tidak berjamur.

Selamat mencoba! 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.