Macam-Macam Ukuran Foto, Lengkap dengan Contoh dan Jenis Kertas

Oleh Husnul Abdi pada 26 Mei 2021, 13:40 WIB
Diperbarui 26 Mei 2021, 13:40 WIB
ilustrasi bingkai foto
Perbesar
ilustrasi bingkai foto

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam ukuran foto umumnya dibagi berdasarkan ukuran kertas foto yang digunakan. Hal ini disebabkan karena foto sering kali dicetak ke dalam kertas khusus foto dan dipasang di bingkai atau disimpan dalam album foto.

Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi lainnya. Foto berfungsi untuk mengabadikan berbagai momen dalam kehidupan. Hal ini juga berfungsi sebagai suatu bukti yang kuat.

Macam-macam ukuran foto perlu dipahami karena berbeda kebutuhan, beda juga ukuran foto yang diperlukan.  Jadi, pastikan kamu memahami ukuran foto terlebih dahulu sebelum mencetaknya. Jika salah, tentunya kamu harus mencetak ulang lagi dengan ukuran yang benar.

Macam-macam ukuran foto memiliki standar yang biasa digunakan saat kamu hendak mencetaknya. Kamu mungkin sudah sering mendengar ukuran foto 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, hingga 8R sebagai satuannya. R disini merupakan satuan yang digunakan sebagai acuan ukuran foto. Satuan ini sudah diterapkan pada level internasional. Artinya, ukuran R di Indonesia sudah sama dengan ukuran R di negara lainnya seperti halnya satuan-satuan yang lain seperti meter, liter, dan gram.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/5/2021) tentang macam-macam ukuran foto.

Macam-Macam Ukuran Foto Beserta Contohnya

Macam-Macam Ukuran Foto
Perbesar
Macam-Macam Ukuran Foto

Ukuran Foto 3 x 4

Salah satu macam-macam ukuran foto yang paling sering terdengar adalah 3 x 4. Ukuran foto 3 x 4 umumnya digunakan untuk kepentingan-kepentingan dokumen resmi. Biasanya ukuran foto 3 x 4 ini digunakan untuk kelengkapan CV, ijazah, dan surat-surat lainnya. Biasanya, foto ukuran 3 x 4 ini dibuat dengan memakai pakaian resmi atau rapi seperti hitam putih dengan menggunakan latar belakang atau background merah atau biru.

Ukuran Foto 3R

Macam-macam ukuran foto yang juga sering ditemui selanjutnya adalah 3R. Foto dengan ukuran ini mirip dengan ukuran kartu pos yang sering dijumpai. Ukuran foto 3R ini memiliki ukuran dalam bentuk centimeter (cm) setara dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 dalam inci.

Apabila kamu ingin mencetak foto dengan ukuran 3R, gambar atau foto yang perlu disiapkan minimal harus berukuran 1051 x 1500 pixel. Hal ini berguna agar saat dicetak gambar tidak pecah.

Ukuran Foto 4R

Macam-macam ukuran foto selanjutnya adalah 4R. Ukuran foto 4R ukurannya lebih besar dibandingkan 3R. Kalau dalam satuan cm, ukuran foto 4R ini setara dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 dalam inci. Apabila kamu ingin mencetak foto dengan ukuran 4R ini, maka kamu dianjurkan untuk menyiapkan ukuran gambar atau foto minimal 1205 x 1795 pixel agar gambar yang tercetak tidak pecah.

Ukuran Foto 5R

Tak berbeda jauh dengan ukuran foto 4R, macam-macam ukuran foto ini juga kerap dicetak dan dibingkai. Dalam satuan cm, ukuran foto 5R setara dengan 12,7 x 17,8 cm dan 5 x 7 dalam satuan inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran 5R, kamu perlu menyiapkan gambar dengan ukuran minimal 1500 x 2102 pixel.

Ukuran Foto 10R

Macam-macam ukuran foto berikutnya adalah 10R. Ukuran foto 10R ini merupakan ukuran foto yang cukup besar. Ukuran ini setara dengan 254 x 305 mm atau 10 x 12 inci. Dalam mencetaknya, agar gambar tidak pecah, maka kamu perlu menyiapkan gambar dengan minimal 3000 x 3602 pixel untuk ukuran foto 10R atau 3000 x 4500 pixel untuk ukuran 10R plus.

Jenis Kertas untuk Mencetak Foto

Selain macam-macam ukuran foto, kamu tentunya juga perlu mengenali jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto. Berikut beberapa jenis kertas untuk mencetak foto yang biasa digunakan:

Kertas Foto Glossy 

Foto yang dicetak pada kertas glossy akan memiliki saturasi warna yang lebih cerah, tajam, dan terlihat lebih hidup. Kelemahan kertas glossy adalah mudah menempel pada permukaan kaca, sehingga foto menjadi lengket dan mengelupas dalam waktu lama. Selain itu, kertas glossy ini juga lebih mudah kotor saat dipegang.

Kertas Foto Matte

Kertas matte tidak mengkilap di permukaannya serta halus. Kelebihannya ada pada tekstur cetak dan juga tidak mudah ditempeli oleh sidik jari. Namun, kertas ini akan menghasilkan cetakan foto dengan kontras warna yang lebih rendah.

Kertas Foto Metallic

Kertas foto metallic membuat foto lebih tahan lama serta mengkilap. Lapisan kertas yang cenderung seperti logam dengan tampilan pantulan metalik dan mencolok akan meningkatkan kontras warna foto.

Kertas Foto Luster

Kertas foto luster memiliki permukaan seperti mutiara, di bagian permukaannya seperti ada lapisan kilau halus. Kertas ini memiliki kelebihan pada kontras warna yang lebih jelas, saturasi lebih dalam, dan lebih tebal dibanding kertas lainnya. Kertas luster ini adalah jenis yang paling pas untuk foto yang akan dibingkai pada dinding.

Cara Mengubah Ukuran Foto dengan Menggunakan Aplikasi Paint

Ukuran Foto
Perbesar
Ukuran Foto

Macam-macam ukuran foto seperti yang telah disebutkan di atas sebenarnya bisa kamu ubah menjadi ukuran lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi sederhana untuk mengubah ukuran foto dengan aplikasi Paint. Berikut cara mengubah ukuran foto dengan menggunakan aplikasi Paint.

1. Pilih gambar yang ingin kamu ubah ukurannya. Sebelumnya, perhatikan ukuran pixel pada foto.

2. Pada pilihan “menu”, pilih “ubah ukuran”.

3. Sesuaikan ukuran dengan ukuran yang kamu inginkan. Disini kamu bisa memilih “presentase” atau “pixel”.

4. Untuk mempertahankan keseimbangan gambar, centang checkbox “pertahankan rasio aspek”. Dengan begitu, ukuran panjang dan lebar akan menyesuaikan.

5. Kemudian klik “OK”.

6. Setelah ukuran telah disesuaikan , simpan gambar dengan cara menekan CTRL + S atau pilih “menu” kemudian pilih “save”.

7. Foto sudah siap untuk dicetak.

Lanjutkan Membaca ↓