Sukses

Penyebab Katarak, Faktor Risiko, Jenis, dan Gejalanya

Penyebab katarak penting diketahui, terutama di usia lanjut.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab katarak penting diketahui, terutama di usia lanjut. Menurut data Kemenkes, katarak menjadi penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia. Katarak adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang berusia di atas 40 tahun.

Penyebab katarak bisa diatasi dengan jalan operasi. Meski begitu, penting untuk mengetahui penyebab katarak agar lebih waspada. Penyebab katarak berkembang perlahan dan akhirnya mengganggu penglihatan.

Penyebab katarak bisa disebabkan berbagai faktor. Penyebab katarak bisa berkembang di kedua mata, tetapi terkadang hanya menyerang satu mata. Berikut penyebab katarak, jenis, dan gejalanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/05/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bagaimana katarak terbentuk

Melansir Healthline, katarak adalah area padat dan keruh yang terbentuk di lensa mata. Katarak dimulai ketika protein di mata membentuk gumpalan yang mencegah lensa mengirimkan gambar yang jelas ke retina. Retina bekerja dengan mengubah cahaya yang masuk melalui lensa menjadi sinyal. Ini mengirimkan sinyal ke saraf optik, yang membawanya ke otak.

Katarak menyebabkan bagian lensa menjadi buram, atau keruh. Cahaya tidak dapat menembus dengan mudah, dan penglihatan menjadi kabur, seperti melihat melalui jendela yang berkabut. Semakin keruh lensa, semakin buruk penglihatannya.

Berdasarkan laporan Medical News Today, katarak menyebabkan lebih banyak masalah penglihatan secara global dibandingkan kondisi atau penyakit mata lainnya. Menurut WHO, dengan bertambahnya usia penduduk dunia, jumlah penderita katarak diperkirakan akan terus bertambah.

3 dari 8 halaman

Penyebab katarak secara umum

Penyebab katarak adalah menumpuknya protein di lensa mata. Protein yang menumpuk ini mengeruhkan mata dan mencegah cahaya masuk ke retina. Katarak biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang, dan cenderung muncul di usia yang lebih tua.

Penuaan adalah penyebab katarak yang paling umum. Seiring bertambahnya usia, protein yang menyusun lensa alami mata dapat menggumpal. Gumpalan ini adalah katarak yang menyebabkan kekeruhan lensa. Seiring waktu, mereka bisa tumbuh lebih besar dan lebih banyak mengaburkan lensa. Ini membuat penderitanya lebih sulit melihat.

4 dari 8 halaman

Faktor risiko penyebab katarak

Tidak ada yang tahu pasti mengapa lensa mata berubah seiring bertambahnya usia, membentuk katarak. Para peneliti di seluruh dunia telah mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin terkait dengan perkembangan katarak. Selain usia lanjut, faktor risiko katarak antara lain:

- Radiasi ultraviolet dari sinar matahari dan sumber lain

- Diabetes

- Hipertensi

- Kegemukan

- Merokok

- Penggunaan obat kortikosteroid dalam waktu lama

- Obat statin digunakan untuk menurunkan kolesterol

- Cedera atau peradangan mata sebelumnya

- Operasi mata sebelumnya

- Terapi penggantian hormon

- Konsumsi alkohol yang signifikan

- Miopia tinggi

- Sejarah keluarga

- produksi oksidan yang berlebihan, yaitu molekul oksigen yang telah diubah secara kimiawi karena kehidupan normal sehari-hari

5 dari 8 halaman

Jenis katarak

Ada banyak jenis katarak yang bisa dialami seseorang. Beberapa di antaranya jauh lebih umum daripada yang lain. Jenis-jenis ini punya penyebab katarak yang berbeda. Berikut jenis-jenis katarak:

Katarak nuklear

Katarak nuklear terbentuk di tengah lensa dan menyebabkan nukleus, atau bagian tengahnya, menjadi kuning atau coklat. Katarak nuklear adalah bentuk katarak yang paling umum. Jenis katarak ini secara bertahap memperburuk dan mempengaruhi penglihatan.

Katarak kortikal

Katarak kortikal berbentuk baji dan terbentuk di sekitar tepi nukleus. Katarak kortikal biasanya adalah kekeruhan seperti jari-jari yang dimulai di dekat tepi lensa dan tumbuh ke arah tengahnya. Ini membuat penderitanya sensitif pada lebih banyak cahaya silau, membuat mengemudi di malam hari sangat sulit.

6 dari 8 halaman

Jenis katarak

Katarak kongenital

Katarak kongenital adalah kekeruhan lensa yang muncul saat lahir di salah satu atau kedua mata. Mereka mungkin sangat kecil, dengan sedikit efek pada penglihatan, atau lebih parah. Katarak ini lebih jarang terjadi dibandingkan katarak terkait usia.

Katarak yang disebabkan trauma

Katarak yang disebabkan trauma dapat terbentuk di mana saja pada lensa dan sering berkembang menjadi kelopak bunga atau bentuk "roset". Katarak traumatis berkembang setelah cedera pada mata, tetapi perlu waktu beberapa tahun hingga hal ini terjadi.

7 dari 8 halaman

Jenis katarak

Katarak subkapsular posterior

Katarak subkapsular posterior berkembang di permukaan belakang tengah lensa. Jenis katarak ini cenderung berkembang lebih cepat dibanding jenis lainnya. Gejala biasanya memengaruhi penglihatan di sekitar cahaya dan warna terang.

Katarak sekunder

Katarak sekunder disebabkan oleh penyakit atau obat-obatan. Penyakit yang terkait dengan perkembangan katarak termasuk glaukoma dan diabetes. Penggunaan steroid prednison dan obat lain terkadang dapat menyebabkan katarak.

Katarak radiasi

Katarak radiasi dapat terbentuk setelah seseorang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker.

8 dari 8 halaman

Gejala katarak

Penyebab katarak berkembang perlahan, jadi kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka memilikinya pada awalnya, tetapi ketika pengaburan berlangsung, penglihatan secara bertahap semakin buruk. Penglihatan jarak jauh terpengaruh lebih parah di awal.

Orang dengan katarak mungkin memiliki gejala berikut:

- Penglihatan kabur, mendung, atau berkabut

- Penglihatan mungkin dipengaruhi oleh bintik-bintik atau titik-titik kecil

- Pasien melihat bercak kecil yang mengaburkan bagian bidang penglihatan

- Penglihatan memburuk saat lampu redup

- Penglihatan terkadang lebih buruk ketika ada cahaya yang sangat terang, atau silau

- Beberapa penderita katarak juga mendapati warna tampak kurang jernih dan pudar

- Membaca menjadi sulit dan akhirnya tidak bisa dilakukan

- Kacamata perlu diganti lebih sering

- Akhirnya penggunaan kacamata menjadi kurang efektif

- Jarang, orang tersebut mungkin melihat lingkaran cahaya di sekitar benda terang, seperti lampu depan mobil atau lampu jalan, atau memiliki penglihatan ganda pada satu mata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini