Sukses

Orangutan Ini Kebingungan saat Jalan di Wilayah Tambang, Videonya Viral

Video orangutan terlihat di wilayah tambang Tenggarong, Kalimantan Timur ini viral.

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini TikTok menjadi platform media sosial yang digandrungi oleh publik. Banyak informasi unik dan mengundang perhatian yang dibagikan para penggunanya di sana. Seperti baru-baru ini akun TikTok @info_kukar yang mengunggah video orangutan berjalan di wilayah tambang pada Kamis (20/5/2021).

Orangutan terlihat kebingungan saat berjalan di wilayah tambang yang ada di daerah Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur. Orangutan ini terlihat begitu terlantar sedang berjalan sendirian di wilayah tambang yang tandus tanpa ada pepohonan.  

Video orangutan berjalan sendiri di wilayah Tenggarong Seberang ini viral di TikTok. Hingga sekarang, video yang memicu perhatian netizen ini sudah disaksikan 2,1 juta tayangan. Banyak netizen merespons video orangutan berjalan sendiri dengan komentar yang jadi sorotan.

Penasaran dengan video orangutan terlihat bingung saat jalan di wilayah tambang? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, video orangutan terlihat bingung saat jalan di wilayah tambang, Jumat (21/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orangutan terlantar sendiri

Orangutan menjadi salah satu satwa yang kini populasinya kian menurun. Banyak penyebab orangutan mulai mendekati status langka di antaranya karena efek keberadaan hutan di Kalimantan yang semakin menipis. Efek hutan yang diubah jadi lahan tambang atau kelapa sawit membuat orangutan kerap ditemui di tempat tak semestinya.

Seperti video unggahan @info_kukar yang menunjukkan bahwa ada orangutan terlihat bingung saat jalan di wilayah Tenggarong Seberang yang sangat tandus. Wilayah yang mendekati lahan tambang tersebut menjadi tempat jalan-jalan orangutan yang terlantar sendirian.

Orangutan yang terlihat bingung hanya bisa menoleh ke kanan dan ke kiri melihat situasi tempatnya berjalan. Video orangutan jalan sendiri di Tenggarong Seberang viral dengan sudah disaksikan 2,1 juta tayangan. Selain itu, video tersebut juga sudah mendapatkan 358 ribu like dan 8,7 ribu komentar.

3 dari 4 halaman

Video viralnya

@info_kukar

Seekor Orang Utan Kalimantan terlihat di sekitar area perusahaan di wilayah Tenggarong Seberang, Kaltim. #kalimantan #kaltim #orangutan #samarinda

♬ It Will Rain Cover - Francis Greg
4 dari 4 halaman

Komentar netizen

Video orangutan yang jalan sendiri di wilayah tambang berhasil menyita perhatian netizen. Berikut komentar-komentar pilihan terkait video viral orangutan kebingungan jalan di Tenggarong Seberang.

"Mereka yang melindungi mereka juga yang memusnahkan," tulis akun TikTok @amsky3.

"Kasihan tolong kembalikan ke habitatnya," tulis akun TikTok @sahirsoebagya.

"Kasihan ya lahan semua dipakai buat tambang dan sawit. Hutan sudah hampir enggak ada dan hewan langka di dalamnya ikutan bingung mau tinggal di mana," tulis akun TikTok @putryuti_.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.