Sukses

14 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan Tubuh, Mencegah Kanker dan Stroke

Ada beberapa manfaat sari kurma yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah mencegah penyakit kanker dan stroke.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sari kurma ternyata baik untuk kesahatan tubuh, baik untuk semua kalangan maupun umur. Sari kurma merupakan buah kurma yang dihaluskan dan diambil sarinya. Sari kurma biasanya kental, berwarna hitam, terasa manis, dan membawa manfaat yang tidak kalah dari buah kurma. Selain gula, sari kurma kaya akan mineral dan antioksidan.

Di balik rasanya yang manis, ada banyak manfaat sari kurma yang bisa kita dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi penting di dalamnya menjadikan sari kurma sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam sari kurma diketahui sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Manfaat sari kurma juga terbukti ampuh sebagai obat alternatif untuk semua kalangan usia, dari anak-anak sampai orang tua usia lanjut. Terlebih, ragam manfaat sari kurma untuk kesehatan diketahui tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Untuk lebih tau mengenai hal tersebut, berikut ada penjelasan mengenai manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menguatkan Tulang dan Mengatasi Anemia

1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Sari kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah penyakit tulang keropos (osteoporosis). Manfaat sari kurma untuk tulang ini tentu sangat baik jika dikonsumsi rutin bagi anak-anak dan orang tua lanjut usia atau lansia.

2. Mengatasi Anemia

Kekurangan darah merah atau anemia akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan lesu, kondisi ini tentu harus ditangani. Pengobatan sakit anemia pun tidak melulu harus dengan obat medis, Anda bahkan bisa manfaatkan sari kurma untuk mengatasi anemia. Apalagi, di dalam sari kurma mengandung mineral tinggi yang cocok sebagai suplemen makanan bagi penderita anemia.

3 dari 8 halaman

Meningkatkan Energi dan Mengurangi Kolesterol

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat sari kurma untuk kesehatan dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) karena memiliki kandungan serat tinggi. Serat pada sari kurma juga mampu mengikat zat kimia yang menyebabkan timbulnya gejala kanker usus besar dan melindungi selaput lendir usus.

4. Meningkatkan Energi Tubuh

Kandungan gula alami (glukosa, fruktosa, dan sukrosa) pada sari kurma diketahui cukup ampuh meningkatkan energi tubuh secara langsung. Jadi, kalau Anda sering merasa lelah dan lesu, cobalah konsumsi sari kurma secara rutin setiap hari.

4 dari 8 halaman

Mengobati Masalah Usus dan sakit Diare

5. Menyembuhkan Gangguan Usus

Konsumsi rutin sari kurma ternyata memberi manfaat baik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, kandungan nikotin yang terdapat pada sari kurma dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Serat larut dan asam amino yang tinggi pada sari kurma juga memberi dampak baik terhadap produksi nutrisi yang akan diserap saluran pencernaan.

6. Mengobati Diare

Masalah diare kronis dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi sari kurma. Manfaat sari kurma ini didapatkan dari kandungan kalium yang efektif meringankan diare. Dengan begitu, buang air besar (BAB) pun bisa normal kembali dan kesehatan sistem eksresi di dalam tubuh akan terjaga.

5 dari 8 halaman

Mencegah Penyakit Beresiko dan Menambah Berat Badan

7. Mencegah Sakit Jantung, Stroke, dan Kanker

Manfaat sari kurma bagi kesehatan terbukti dari kemampuannya mencegah penyakit berisiko seperti jantung, stroke, dan kanker. Itu karena sari kurma memiliki kandungan kalium yang tinggi. Menurut sejumlah penelitian, kalium berkontribusi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Di samping itu, kandungan vitamin A dalam sari kurma membantu mencegah penyakit kanker, seperti kanker mulut dan paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat sari kurma ini, Anda hanya perlu konsumsi rutin dengan memasukkan dua sendok makan sari kurma dalam hidangan makanan.

8. Meningkatkan Berat Badan

Punya tubuh terlalu kurus dan ingin menambah berat badan, Anda bisa coba konsumsi rutin sari kurma setiap hari. Kandungan gula, protein, dan vitamin esensial dalam sari kurma menjadi salah satu 'senjata' untuk meningkatkan berat badan.

6 dari 8 halaman

Meningkatkan Trombosit dan Mengatasi Gangguan Penglihatan

9. Meningkatkan Trombosit dan Hemoglobin

Manfaat sari kurma yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan trombosit dan hemoglobin dalam tubuh. Sari kurma memiliki kandungan zat besi yang berguna sebagai penambah darah. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa, pemberian sari kurma pada ibu hamil terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Di sisi lain, hasil penelitian kepada pasien demam berdarah yang diberi sari kurma untuk meningkatkan trombosit. Hasilnya, diketahui bahwa dengan mengonsumsi sari kurma dapat meningkatkan trombosit sebesar 8,09 persen per hari.

10. Mengatasi Gangguan Penglihatan

Manfaat sari kurma yang berikutnya adalah dapat mengatasi gangguan penglihatan pada malam hari. Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin A, Anda bisa saja mengalami kebutaan di malam hari. Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, dapat menggunakan cara alami yaitu dengan mengonsumsi sari kurma. Buah kurma kaya akan karotenoid, senyawa yang dapat membantu mencegah kebutaan di malam hari dan menjaga kesehatan mata secara umum.

7 dari 8 halaman

Mempercepat Proses Persalinan dan Mengurangi Tekanan Darah

11. Mempercepat Proses Persalinan

Manfaat sari kurma yang berikutnya yaitu dapat mempercepat proses persalinan. Bagi ibu hamil, sari kurma bisa bermanfaat untuk melakukan persalinan normal. Sari kurma bisa menjadi pilihan terapi non-farmakologis yang dapat memicu kinerja hormon oksitosin sehingga dapat mempercepat persalinan kala 1. Hormon oksitosin sendiri adalah hormon yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

12.  Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium. Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam sari kurma. Oleh karena itu, sari kurma dinilai cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

8 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf dan Mencegah Infeksi

13. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Dalam sari kurma terkandung potasium yang bisa menjaga sistem saraf. Potasium sendiri merupakan suatu zat utama untuk memperkuat daya ingat dan saraf pada otak manusia. Tidak hanya potassium saja, masih banyak vitamin juga yang terkandung dalam buah asal timur tengah ini, sangat cocok untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem saraf pada otak si Kecil sedari dini. Jadi, tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, manfaat sari kurma juga bisa dirasakan oleh bayi agar perkembangan otaknya tidak terlambat dan bisa berkembang sesuai dengan usianya.

14. Mencegah Infeksi

Daya tahan tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna.  Masa seperti inilah biasanya bayi akan lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti infeksi. Ada berbagai macam jenis infeksi yang bisa menyerang si Kecil.

Ketika sudah terkena infeksi, biasanya akan menjadi semakin buruk saat anak dalam keadaan yang kurang sehat. Untuk mencegah terjadinya infeksi pada si Kecil, Anda bisa memanfaatkan sari kurma yang jika dikonsumsi secara rutin, ternyata bisa membantu mencegah datangnya infeksi karena terdapat kandungan fitokimia yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini