20 Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan, Baik untuk Wajah dan Rambut

Oleh Laudia Tysara pada 18 Mei 2021, 19:25 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 19:25 WIB
[Fimela] aloe vera
Perbesar
Ilustrasi lidah buaya | unsplash.com/@karishea

Liputan6.com, Jakarta Manfaat aloe vera untuk kecantikan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah, tubuh, sampai rambut secara alami. Aloe vera atau lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal berdaging tebal bening dan berlendir. Aloe vera ini sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman herbal yang punya segundang manfaat.

Tanaman ini punya sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Sifat ini yang membuat manfaat aloe vera untuk kecantikan baik mengatasi masalah jerawat dan peradangan yang terjadi di kulit wajah serta tubuh. Gel lidah buaya dikenal kaya kandungan betakaroten, vitamin E, dan C yang membuat manfaat aloe vera untuk kecantikan baik meningkatkan produksi kolagen sebagai antipenuaan.

Terdapat pula vitamin B-12 dan asam folat yang membuat manfaat aloe vera untuk kecantikan baik menjaga kesehatan rambut. Mampu mencegah rambut rontok sampai menguatkan setiap helainya secara alami. Hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya adalah sebagian kecil manfaat aloe vera untuk kecantikan.

Nah, berikut Liputan6.com ulas lebih jauh manfaat aloe vera untuk kecantikan dari berbagai sumber, Selasa (18/5/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

Membantu Mengatasi Masalah Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Berjerawat. Credit: pexels.com/pixabay

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat mengatasi masalahjerawat. Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat diandalkan karena punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya.

Ini dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Manfaat aloe vera untuk kecantikan juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat. Aloe vera gel mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Cukup oleskan aloe vera gel ke area berjerawat tiga kali sehari.

Manfaat Aloe Vera untuk Mencerahkan Kulit

Wajah kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalu banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu. Kamu bisa mendapatkan manfaat aloe vera untuk kecantikan dengan menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Bagi kamu yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk menyamarkannya.

Manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang, dan lebih cerah. Selain itu, manfaat aloe vera untuk kecantikan bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

Manfaat Aloe Vera untuk Mengobati Luka Bakar

Luka bakar bisa diobati dengan manfaat aloe vera untuk kecantikan. Getah dari tanaman aloe vera sering digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut mampu mempersingkat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar.

Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Manfaat aloe vera untuk kecantikan sangat efektif untuk mengobati luka bakar. Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

ilustrasi penuaan dini/pexels
Perbesar
Ilustrasi penuaan dini. Sumber: pexels.com

Manfaat Aloe Vera untuk Mencegah Penuaan Dini

Kerutan dan penuaan dini bisa dicegah dengan manfaat aloe vera untuk kecantikan. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat aloe vera untuk kecantikan yang paling menarik. Mampu mencegah dan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Mata Panda

Manfaat aloe vera untuk kecantikan pun efektif mengurangi lingkaran hitam mata secara alami. Aloe vera gel membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Manfaat aloe vera untuk kecantikan sekaligus dapat melembapkan kulit di sekitar mata yang membuatnya tampak lebih cerah. Cukup oleskan gel lidah buaya sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Manfaat Aloe Vera untuk Menenangkan Kulit

Aloe vera gel sering digunakan sebagai pemulihan kulit setelah bercukur. Sifat menenangkannya menjadi pelembap yang kuat, meregenerasi, dan menyejukkan kulit. Mengoleskan aloe vera gel setelah bercukur bisa mencegah kulit kering dan iritasi.

Manfaat aloe vera untuk kecantikan bisa digunakan untuk mengurangi gatal di kepala. Gatal di kulit kepala bisa disebabkan oleh ketombe atau dermatitis seboroik. Asam lemak yang ditemukan di tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat mengurangi peradangan dan rasa gatal yang mengganggu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

Ilustrasi makeup
Perbesar
Ilustrasi makeup. Sumber foto: unsplash.com/Roberto Delgado Webb.

Manfaat Aloe Vera untuk Membersihkan Makeup

Manfaat aloe vera untuk kecantikan baik untuk membersihkan makeup. Setiap orang yang mengenakan makeup, pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya membersihkan riasan wajah. Membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur sangat dianjurkan.

Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi. Maka enggak heran, kalau manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami.

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Kulit Belang

Manfaat aloe vera untuk kecantikan biasanya terkenal sebagai bahan ampuh untuk perawatan rambut. Tak hanya itu, manfaat aloe vera untuk kecantikan pun baik untuk menyehatkan kulit terutama yang belang.

Gel lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Sehingga aloe vera dapat mengatasi kulit belang. Metode ini dikarenakan gel aloe vera akan meregenerasi kulit dan membuat warna kulit sama atau tidak belang.

Berikut adalah cara mengatasi kulit belang dengan manfaat aloe vera untuk kecantikan:

1. Ambil lidah biaya dan potong menjadi beberapa bagian

2. Kupas kulitnya

3. Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu

4. Lalu oleskan pada kulit yang belang

5. Diamkan selama 20 menit

6. Bilas dengan menggunakan air hangat

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Eksim dan Psoriasis

Mengatasi eksim dan psoriasis bisa mengandalkan manfaat aloe vera untuk kecantikan. Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan luka dan kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, yang bisa menjadikannya obat untuk melawan eksim dan psoriasis. Satu penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada pasien penderita psoriasis ringan sampai sedang ketika diobati dengan krim lidah buaya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

Light Ash Brown
Perbesar
Ilustrasi Rambut. Credit: unsplash.com/Averie

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Sunburn

Aloe vera gel punya sifat menenangkan kulit. Manfaat aloe vera untuk kecantikan bisa memberi sensasi dingin pada kulit yang terkena sengatan matahari. Manfaat aloe vera untuk kecantikan ini membantu mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Antioksidan dalam aloe vera gel juga melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Kulit Kering

Manfaat aloe vera untuk kecantikan sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Gel serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu menenangkan, dan melembapkan kulit. Aloe vera gel dapat terserap dengan mudah di kulit. Ini membuat aloe vera gel bisa dijadikan pelembap alami kulit. Selain itu, aloe vera gel bisa menyerap kelebihan minyak di kulit.

Jika dioleskan ke kulit, getah dari manfaat aloe vera untuk kecantikan bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Hal ini karena aloe vera banyak mengandung beberapa nutrisi yang dapat menjaga kelembapan kulit, seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim.

Manfaat Aloe Vera untuk Membersihkan Rambut Berminyak

Lidah buaya membersihkan folikel rambut secara efisien. Manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat menghilangkan kelebihan sebum (minyak) dan residu dari produk rambut lainnya. Tidak seperti bahan kimia lain pada produk rambut lainnya, lidah buaya aman digunakan dan tidak membahayakan helai rambut. Menggunakan lidah buaya adalah tepat untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

[Fimela] Ilustrasi Rambut
Perbesar
Ilustrasi Rambut dan Kulit Kepala | unsplash.com/@jonathanborba

Manfaat Aloe Vera untuk Menyuburkan Rambut

Memberi pijatan dengan lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah ke kulit kepala akan meningkat membuat kerusakan dan kerontokan rambut melambat. Manfaat aloe vera untuk kecantikan pun dipercaya membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Manfaat Aloe Vera untuk Memperbaiki Helai Rambut

Aloe vera mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B-12 dan asam folat membuat manfaat aloe vera untuk kecantikan dapat mencegah rambut rontok. Kandungan vitamin dalam lidah buaya juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada rambut.

Manfaat Aloe Vera untuk Melembapkan Kulit Kepala

Manfaat aloe vera untuk kecantikan bisa membantu melembapkan rambut. Gel ini juga bisa bertindak sebagai kondisioner alami yang membuat rambut halus dan berkilau. Mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan rambut dan membiarkannya menembus folikel rambut dapat memperbaiki rambut kering yang rusak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Aloe Vera Lainnya

Mengobati Sariawan
Perbesar
Ilustrasi Sariawan. Credit: pexels.com/Fier

Manfaat Aloe Vera untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat aloe vera dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Pasta gigi dan obat kumur berbahan lidah buaya adalah pilihan alami untuk meningkatkan kebersihan mulut dan mengurangi plak. Hasil studi oleh Department of Public Health Dentistry India menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kesehatan mulut mereka.

Penelitian ini melibatkan 40 remaja yang dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok menggunakan pasta gigi lidah buaya atau pasta gigi tradisional yang mengandung triclosan dua kali sehari.

Setelah 30 hari, pasta gigi lidah buaya ternyata lebih efektif dibandingkan pasta gigi triclosan dalam menurunkan kadar kandida, plak, dan radang gusi. Orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya menunjukkan kesehatan mulut yang lebih baik secara keseluruhan tanpa mengalami efek samping.

Manfaat Aloe Vera untuk Mengobati Sariawan

Manfaat aloe vera dapat membantu mengobati sariawan. Sariawan adalah kondisi yang sering menimpa banyak orang, tua maupun muda. Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan berlangsung selama sekitar satu minggu. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Misalnya, dalam studi 7 hari terhadap 180 orang dengan ulkus mulut berulang, mengoleskan tambalan lidah buaya ke area tersebut efektif dalam mengurangi ukuran ulkus. Namun, itu tidak mengungguli pengobatan ulkus konvensional: kortikosteroid. Dalam penelitian lain, gel lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, tetapi juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya.

Manfaat Aloe Vera untuk Meredakan Fisura Anus

Manfaat aloe vera dapat membantu meredakan fisura anus. Jika Anda sedang mengalami fisura anus, mengoleskan krim lidah buaya ke area yang terkena beberapa kali sepanjang hari dapat membantu mempercepat penyembuhannya.

Sebuah studi oleh Mazandaran University of Medical Sciences Iran menemukan bahwa menggunakan krim yang mengandung bubuk jus lidah buaya tiga kali sehari selama enam minggu efektif dalam mengobati fisura anus kronis. Perbaikan ditunjukkan pada nyeri, pendarahan saat pembelotan, dan penyembuhan luka. Meskipun penelitian ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperluas penelitian ini.

Manfaat Aloe Vera untuk Menurunkan Gula Darah

Manfaat aloe vera dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Orang terkadang menggunakan lidah buaya sebagai obat diabetes. Ini karena, lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah.

Misalnya, tinjauan terhadap delapan penelitian menemukan bahwa lidah buaya dapat bermanfaat bagi penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 karena efeknya pada kontrol glikemik. Namun, kualitas penelitian masih perlu pembuktian yang lebih lanjut.

Manfaat Aloe Vera untuk Menjaga Pencernaan

Manfaat aloe vera dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi lidah buaya dapat bermanfaat bagi saluran pencernaan dan membantu menenangkan serta menyembuhkan penyakit perut, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS).

Penelitian dalam Journal of Neurogastroenterology and Motility oleh Korea Selatan menunjukkan bahwa lidah buaya secara signifikan meningkatkan gejala IBS jika dibandingkan dengan plasebo. Tidak ada efek samping yang dilaporkan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan dengan menggunakan ukuran studi yang lebih besar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya