5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta

Oleh Arini Nuranisa pada 10 Mei 2021, 12:10 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 12:10 WIB
5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (Sumber: NASA/Flickr/Mashable SEA)

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, kabar Roket China Long March 5B yang jatuh ke bumi sempat menghebohkan warga dunia. Sebelum akhirnya dikonfirmasi bahwa roket China tersebut jatuh di sebuah titik Samudra Hindia dekat Maladewa.

Di tahun 2020, adanya pandemi menghentikan banyak misi besar luar angkasa. Pada akhirnya banyak operasi dijadwalkan berlangsung sepanjang tahun 2021 ini. Melihat segala sesuatunya tampak membaik.

Mengetahui NASA lebih tertarik untuk membawa manusia kembali ke bulan, seluruh industri luar angkasa menjadi bersemangat. Mereka bertempur dalam semacam perlombaan senjata untuk mencapai bagian tata surya kita dan alam semesta yang belum dieksplorasi.

Dilansir Liputan6.com dari Mashable SEA pada Senin (10/5/2021), berikut beberapa misi luar angkasa paling menarik yang akan berlangsung pada tahun 2021.

2 dari 6 halaman

1. NASA mengirimkan muatan komersial pertamanya ke bulan pada Juni dan Oktober.

5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (IMAGE: Astrobotic / NASA)

Program Artemis NASA, bertugas membawa manusia kembali ke bulan secara permanen, akan meluncurkan Layanan Muatan Lunar Komersial (CLPS).

Badan antariksa telah bermitra dengan Teknologi Astrobotik untuk membawa gelombang pertama dari 28 muatan CLPS ke bulan dengan pendarat Peregrine pada bulan Juni. 14 item dalam muatan itu berasal dari NASA. Ini akan menandai pendaratan pesawat ruang angkasa pribadi pertama di permukaan bulan.

Pada bulan Oktober, pendarat Nova-C Intuitive Machines akan membawa setidaknya lima muatan NASA ke bulan, dengan bantuan roket SpaceX Falcon 9.

3 dari 6 halaman

2. Pada bulan Oktober, Rusia meluncurkan Luna 25, misi bulan pertamanya sejak 1976.

5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (IMAGE: Roscosmos / Space.com)

Terakhir kali orang Rusia hadir di bulan adalah pada tahun 1976, ketika meluncurkan pendarat Luna 24. Didorong oleh perlombaan baru ke bulan oleh AS dan China, tentu saja Rusia juga menginginkannya.

Seperti namanya, Luna 25 akan menjadi misi terencana ke-25 Rusia. Dari apa yang diketahui sejauh ini, pendarat Luna 25 akan menuju ke Kutub Selatan bulan.

Rusia akan menguji jenis teknologi pendaratan baru yang diharapkan dapat diadaptasi untuk misi robotik di masa depan. Pendarat Luna 25 juga akan membawa serta seperangkat instrumen ilmiah untuk melakukan pengujian tanah bulan.

4 dari 6 halaman

3. NASA meluncurkan dan menyebarkan teleskop luar angkasa terbesar di dunia, James Webb Space Telescope (alias Webb) pada akhir Oktober.

5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (IMAGE: NASA / Flickr)

Dengan biaya US $ 8,8 miliar untuk dikembangkan. Webb dinilai 100 kali lebih kuat daripada Teleskop Luar Angkasa Hubble, dan tabir surya bergaya origami jelas merupakan sesuatu yang terinspirasi oleh alam.

Pesawat tersebut dijadwalkan untuk diluncurkan ke orbit dengan roket Arianespace Ariane 5 dari kompleks peluncuran Pelabuhan Luar Angkasa Eropa di Kourou, Guyana Prancis.

5 dari 6 halaman

4. NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa pertama untuk menjelajahi enam asteroid Trojan Jupiter.

5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (IMAGE: NASA)

Dijuluki Lucy, pesawat ruang angkasa itu akan diluncurkan pada 16 Oktober 2021. Misi utamanya adalah menjelajahi asteroid Trojan Jupiter, yang diyakini para ilmuwan sebagai petunjuk asal-usul bahan organik Bumi.

Begitu Lucy mencapai orbit Jupiter, perjalanan 12 tahun dimulai. Ia akan mencoba mendekati asteroid kecil bernama 52246 Donaldjohanson di Sabuk Asteroid Utama, yang berada di antara Yupiter dan Mars pada tahun 2025.

Kemudian ia akan mengunjungi lima asteroid Trojan pada tahun 2027 dan 2028, sebelum berputar kembali mengelilingi Bumi dalam perjalanannya. Ke Trojan terakhir, diharapkan terjadi pada tahun 2033.

6 dari 6 halaman

5. Blue Origin karya Jeff Bezos meluncurkan perjalanan wisata luar angkasa pertama pada bulan Juli.

5 Misi Luar Angkasa Paling Menarik Tahun 2021, Ungkap Misteri Alam Semesta
Perbesar
Misi luar angkasa. (IMAGE: Reuters)

Direncanakan lepas landas pada 20 Juli 2021, roket New Shepard Blue Origin's akan menjadi yang pertama membawa warga negara ke luar angkasa. Jika semuanya berjalan dengan baik, itu akan segera terjadi.

Jeff Bezos telah mengumumkan bahwa penawaran untuk kursi komersial di penerbangan luar angkasa akan segera dilakukan, tetapi untuk berapa biaya kursi itu, kami masih belum tahu.

Kapsul New Shepard dirancang untuk membawa enam orang melewati batas luar angkasa. Ini memiliki jendela besar, memungkinkan kru untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

Lanjutkan Membaca ↓