Tak Bilang Mudik, Pria Ini Nyamar Jadi Kurir untuk Bertemu Sang Ibu

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 09 Mei 2021, 16:20 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 16:20 WIB
Tak Bilang Mudik, Pria Ini Nyamar Jadi Kurir untuk Bertemu Sang Ibu
Perbesar
Tak Bilang Mudik, Pria Ini Nyamar Jadi Kurir untuk Bertemu Sang Ibu (TikTok/ismetdj.19)

Liputan6.com, Jakarta Jasa seorang ibu kepada anaknya sungguh sangat besar dan tak dapat diukur dengan materi. Ibu bertaruh nyawa ketika melahirkan anak. Berbagai kesulitan rela ia lalui untuk merawat dan mendidik anaknya agar bisa tumbuh menjadi orang yang berguna.

Namun terkadang sang ibu harus merelakan anaknya pergi merantau ke tempat yang jauh. Ketika itu terjadi, sang anak dan ibu akan terpisah jarak. Rindu pun akan selalu muncul di hati anak dan ibu tersebut. Hingga akhirnya waktu bertemu tiba, seperti pada momen mudik lebaran setiap tahunnya. Momen mudik ini terkadang dijadikan sebagai kejutan oleh sang anak kepada ibunya.

 

Namun, tahun ini berlaku larangan mudik akibat pandemi yang masih melanda tanah air. Hal ini membuat para perantau sulit untuk pulang ke kampung halamannya. Meski demikian masih ada saja orang-orang yang berusaha untuk mudik. Beberapa di antaranya berhasil melakukannya. Seperti yang terlihat pada sebuah video TikTok yang viral belakangan ini.

Video tersebut memperlihatkan seorang pemuda yang hendak mudik dari tempat perantauannya di Yogyakarta menuju ke kampung halamannya di Gorontalo. Hal itu ia lakukan demi bertemu sang ibu. Namun rupanya pria ini tak memberi tahu kepada ibunya bahwa ia akan mudik. Ia berniat memberi kejutan kepada ibunya. Pria itu mengatakan bahwa ia mengaku kepada ibunya hanya mengirimkan oleh-oleh dan akan diantar oleh kurir.

"guys jadi mamaku itu ga tahu kalau aku mau balik ke Gorontalo mau mudik. Dia tahunya tuh aku lebaran di Jogja. Aku bilangnya ga mudik trus cuman ngirim baju lebaran, oleh-oleh gitu. Aku bilangnya paket bakalan dateng tanggal 29, nanti tunggu aja kurirnya dateng malem-malem," ucap pria itu seperti dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @ismetdj.19, Minggu (9/5/2021).

2 dari 3 halaman

Pura-pura Jadi Kurir

Video tersebut menampilkan perjalanan pria itu dari Jogja ke Gorontalo yang sebelumnya transit di Makasar. Selain tak memberitahu ibunya, ia juga berencana berpura-pura menjadi kurir yang mengirim paket tersebut.

"Pura-pura jadi kurir, Ibu kaget banget aku mudik gak bilang-bilang," tulis pria itu pada videonya.

Setibanya di bandara ia dijemput oleh sepupunya dan segera diantar ke rumah di mana ibunya berada. Ketika ia sampai di rumah, pemuda itu menjalankan rencananya berpura-pura menjadi kurir. Ia menyerahkan sebuah paket kepada ibunya yang belum menyadari bahwa kurir itu adalah anaknya sendiri.

Ibu tersebut menerima paket itu dan mengucapkan terima kasih. Rencana pria itu memberi kejutan pada ibunya berhasil. Sang ibu melihat sepupu pria itu merekam video dan segera menyadari bahwa kurir itu adalah anaknya.

Betapa terkejutnya sang ibu bahwa anaknya mudik dan menemui dirinya tanpa memberi tahu terlebih dahulu. Ia segera berteriak memanggil-mangil nama anaknya itu.

Momen haru pun terlihat pada video tersebut. Ibu dan anaknya itu berpelukan melepas rindu disaksikan oleh anggota keluarga yang lainnya. Ibu itu tampak begitu bahagia melihat anaknya datang menemui dirinya.

"Mama seneng banget aku bisa mudik, Alhamdulillah," tulis pria itu pada videonya.

@ismetdj.19

Berhasil🥺, kalau masih bisa mudik kenapa tidak? Cuma ini waktu bisa bareng keluarga :) #fyp #mudiklebaran2021 #ibu

♬ It Will Rain Cover - Francis Greg
3 dari 3 halaman

Warganet Ikut Terharu

Sontak video tersebut menjadi viral di media sosial. Hingga kini video itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 8,4 juta kali, mendapat 1,1 juta like dan telah dibagikan ulang oleh lebih dari 3 ribu pengguna TikTok. Sekitar 22 ribu tanggapan warganet juga membanjiri kolom komentar.

"Ikut terharuuu . Inilah yang kita rasakan sebagai anak rantau," komentar TikTok @tennytap.

"Dia yang mudik ketemu mamahnya. ak yang sedih, pdahal mamah ak di rumah," tulis TikTok @iraenairen2.

"enak ya masih bisa ketemu orang tua. lah gw di tinggal ibu gw ke surga dari gw umur 2 thn," tulis TikTok @immuslim104.

"yaallah jadi rindu pngn ngerasain punya org tua lagi, mama bapakku udh duluan pergi sejak aku kecil," tulis TikTok @hannahanandaputriiea.

"gw nontonnya smbil tertawa bahagia disertai dengan mata yang berkaca-kaca menahan tangis bahwa first time saya merayakan lebaran di perantauan," tulis TikTok @fajaraja61.

Lanjutkan Membaca ↓