15 Wisata Kulon Progo yang Tak Boleh Dilewatkan, Pesona Alamnya Memukau

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 08 Mei 2021, 21:20 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 21:20 WIB
15 Wisata Kulon Progo yang Tak Boleh Dilewatkan, Pesona Alamnya Memukau
Perbesar
Kalibiru (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pelesiran di Yogyakarta tak lengkap jika belum berkunjung ke wisata Kulon Progo. Kulon Progo merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi DIY yang sangat kaya akan objek wisata. Objek wisata Kulon Progo tergolong sangat lengkap.

Secara geografis, Kulon Progo berbatasan secara langsung dengan daerah Purworejo yang kaya akan objek wisata alam pegunungan, inilah yang membuat Kulon Progo terkenal dengan wisata alamnya yang memukau dan memikat hati para turis.

Setelah bandara baru New Yogyakarta International Airport mulai dibangun di pesisir Kulon Progo. Beragam destinasi baru bermunculan dan siap memanjakan wisatawan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kabupaten ini, mulai dari mengunjungi wisata alam, mandi-mandi di kolam alami, menguji adrenalin, wisata kuliner, hingga memuaskan hasrat narsis dengan foto-foto. 

Berikut daftar wisata Kulon Progo yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021).

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kulon Progo yang Terpopuler

15 Wisata Kulon Progo yang Tak Boleh Dilewatkan, Pesona Alamnya Memukau
Perbesar
Wisata Kalibiru (Foto:Istimewa)

1.    Air Terjun Kedung Pedut

Kedung dalam bahasa jawa artinya kolam sedangkan pedut artinya kabut. Air terjun ini memang memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kulon Progo. Kamu bisa seru-seruan main air dan berendam di kolam sepuasnya. Area sekitar air terjun merupakan hutan hujan tropis yang tampak sangat menyejukkan sekali.

2.    Kalibiru dan Pule Payung

Kalibiru merupakan destinasi wisata Kulon Progo yang terkenal berkat foto-foto yang bertebaran di sosial media. Dengan pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan, Kalibiru memiliki pemandangan yang spektakuler. Tidak hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas unik seperti sepeda udara, melewati jembatan monyet hingga flying fox.

3.    Goa Kebon Krembangan

Bukan hanya Gunung Kidul yang punya destinasi wisata goa. Kulon Progo juga punya goa yang tidak kalah kerennya, namanya Goa Kebon Krembangan. Goa ini terbilang unik karena memiliki pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa. Sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai Air Terjun Goa Kebon. 

4.    Kebun Teh Nglinggo

Bukan hanya Malang dan Bogor, Kulon Progo ternyata punya kebun teh juga lho. Kebun teh ini berada di puncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Suasananya sangat sejuk, cocok untuk kamu yang sedang ingin berlibur menikmati suasana alam dan pemandangan hijau.

5.    Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah

Kebun bunga matahari tampaknya sedang jadi primadona wisata banyak kalangan. Tidak heran bila di Pantai Glagah juga terdapat sebuah tempat wisata berupa kebun bunga matahari. Di sini, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang bunga matahari yang mengesankan.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kulon Progo yang Terpopuler

15 Wisata Kulon Progo yang Tak Boleh Dilewatkan, Pesona Alamnya Memukau
Perbesar
Hutan Mangrove (Sumber: surabaya.go.id)

6.   Goa Kiskendo

Satu lagi tempat wisata goa di Kulon Progo yang harus kamu kunjungi, yaitu Goa Kiskendo. Goa ini memiliki pemandangan stalagmit dan stalaktit yang sangat mempesona. Tidak perlu khawatir soal keamanan dan kenyamanan ketika masuk ke dalam goa, karena goa ini telah dilengkapi dengan sarana pejalan kaki di dalamnya.

7.   Waduk Sermo dan Taman Bambu Air

Waduk Sermo pada mulanya merupakan danau buatan yang digunakan sebagai cadangan air untuk pengairan sawah. Namun karena areanya yang luas dan hijau maka Waduk Sermo pun dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata. Di sini tersedia aneka aktivitas menyenangkan mulai memancing, trekking dan bersepeda di area sekitar waduk,  atau sekedar berfoto di Taman Bambu Air Waduk Sermo yang kekinian.

8.   Hutan Mangrove

Wilayah Kulon Progo bagian selatan banyak memiliki pantai dengan vegetasi mangrove yang berfungsi sebagai pemecah gelombang alami. Tidak hanya itu, rimbunnya vegetasi mangrove ini sukses menjadi tujuan wisata baru di Kulon Progo. Oleh karena itu, pemerintah setempat menyediakan fasilitas lengkap untuk para wisatawan termasuk tempat makam hingga jembatan api-api yang jadi spot menarik untuk berfoto ria.

9.   Hutan Pinus Girimulyo

Berfoto di hutan pinus memang memiliki kesan istimewa tersendiri. Namun tidak jarang jika banyaknya wisatawan yang datang ke hutan pinus membuatmu sulit mengambil foto yang bagus. Nah, di Kulon Progo terdapat sebuah hutan pinus yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Karena itulah kamu bisa menikmati suasana hutan pinus yang asri dan khas serta berfoto tanpa khawatir ada photobomb.

10.   Pantai Glagah

Tidak jauh dari lokasi kebun bunga matahari Pantai Glagah, kamu juga bisa menemui area pantai yang tidak kalah menariknya. Di area pantai inilah terdapat pemecah gelombang yang berbentuk seperti kaki segitiga. bentuknya yang unik menjadikan Pantai Glagah tempat yang asyik sebagai tempat berfoto.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kulon Progo yang Terpopuler

15 Wisata Kulon Progo yang Tak Boleh Dilewatkan, Pesona Alamnya Memukau
Perbesar
puncak Suralaya . (foto: Liputan6.com/edhie prayitno ige)

11.  Pantai Trisik

Berbeda dengan Pantai di Gunung Kidul, Pantai Trisik memiliki pasir pantai hitam legam yang mengkilap. Meskipun begitu, pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat tempat konservasi penyu. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di area sekitar pantai yang memiliki banyak rimbunan pohon cemara.

12.  Ayunan Langit Watu Jaran

Kalau di Bali ada ayunan Hangings of Garden, maka di Kulon Progo ada Ayunan Langit Watu Jaran yang siap memacu adrenalin. Sesuai namanya, di sini kamu akan berayun di atas ketinggian. Jangan khawatir akan jatuh, karena kamu akan dilengkapi dengan berbagai alat pengaman serta tim SAR yang selalu siap siaga. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan momen dan pose berayun yang tidak akan terlupakan.

13.  Air Terjun Sidoharjo

Air terjun ini memang masih belum banyak diketahui wisatawan sehingga seringkali disebut sebagai air terjun perawan. Medan menuju lokasi juga cukup menantang lho. Tapi tentu saja pemandangan yang ditawarkan sangat luar biasa dan sebanding dengan pengorbananmu untuk menuju ke sini. 

14.  Ekowisata Taman Sungai Mudal

Wisata Kulon Progo yang selanjutnya adalah Ekowisata Taman Sungat Mudal. Berenang di sungai kini menjadi aktivitas yang langka ditemui. Jika kamu merindukan masa-masa berenang di sungai dengan air yang jernih, datanglah ke Ekowisata Taman Sungai Mudal. Bersumber dari mata air Mudal, kamu akan dimanjakan dengan air jernih dengan semburat warna toska yang mempesona. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas bermain air mulai dari berenang sampai mengapung menyusuri aliran sungainya. Sekitar 95 meter dari kolam berenang, kamu akan menemui Air Terjun Mudal yang menyegarkan.

15.  Puncak Suroloyo

Wisata Kulon Progo yang terpopuler selanjutnya adalah puncak Suroloyo.  Topografi Kulon Progo yang didominasi oleh perbukitan tidak lepas dari hubungannya dengan jalur perbukitan menoreh yang membentang sepanjang Jawa Tengah hingga Yogyakarta. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata berupa gardu pandang sepanjang jalur perbukitan menoreh di Kulon Progo.Salah satunya yang terkenal adalah Puncak Suroloyo. Untuk menuju puncak, kamu harus siap menaiki sekitar 200 anak tangga ya. Meski begitu, pemandangan di puncak seolah membayar semua rasa lelah menuju ke sini.

Lanjutkan Membaca ↓