12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami, Mudah dan Cepat Hilang dalam Semalam

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 07 Mei 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 15:00 WIB
12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami, Mudah dan Cepat Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi Masalah Jerawat Credit: pexels.com/Molly

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menjadi pilihan yang tepat untuk para wanita yang memiliki kulit sensitif terhadap bahan kimia. Selain mudah didapat, perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami juga cenderung lebih murah dan minim efek samping.

Jerawat dikatakan sebagai suatu kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat biasanya akan meninggalkan bekas berwarna kehitaman atau kemerahan. Hal ini dapat menggangu penampilan dan rasa percaya diri pun juga dapat berkurang.

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan pencerah alamai seperti pepaya, lemon, tomat, yogurt, kentang, dan masih banyak lagi. Terkadang, sebagian orang menginginkan cara cepat untuk menghilangkan bekas jerawat dalam semalam.

Tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan mudah dalam waktu semalam yang bisa Anda coba di rumah yang telah dirangkum oleh Liputan6/com dari berbagai sumber, Jum’at (7/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami, Mudah dan Cepat Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi Kentang Credit: pexels.com/Peter

Bekas jerawat sejatinya masih bisa untuk Anda hilangkan terutama menggunakan bahan-bahan alami. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ini di malam hari, agar besoknya Anda dapat langsung melihat hasilnya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam semalam :

1. Baking soda

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, salah satunya adalah dengan baking soda. Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub. Berikut cara membuatnya:

a.  Siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya

b.  Campurkan hingga mengental

c.   Oleskan pada area bekas jerawat

d.   Diamkan selama 2 menit

e.   Basuh wajah dengan air hangat.

2.  Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam dengan menggunakan kentang, adalah sebagai berikut:

a. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat

b. Biarkan selama 10 menit

c. Cuci wajah dengan air bersih.

Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Madu

Salah satu cara lain yang Anda coba untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat adalah dengan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam menggunakan madu adalah sebagai berikut:

a. Siapkan madu murni.

b. Oleskan pada bekas jerawat.

c. Biarkan hingga madu mengering.

d. Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

4. Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dengan menggunakan bawang merah pun sangat mudah untuk dilakukan, diantaranya :

a.  Parut bawang merang menjadi halus.

b.  Kemudian, oleskan ke bagian jerawat dan bekasnya selama 5 menit.

c.  Segera bilas wajah dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami, Mudah dan Cepat Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Joshua Resnick

Bekas jerawat terkadang sulit untuk dihilangkan sehingga membuat kita stres. Maka dari itu, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dan mudah dalam semalam sebagai berikut : 

5. Air Lemon

Cara alami menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat, salah satunya adalah dengan air lemon. Kandungan disinfektan alami di dalam air lemon dapat meyembuhkan infeksi di kulit. Selain itu asam alami air lemon dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

a.  Peras lemon dan tambahkan sedikit air agar wajah tidak terasa perih

b.  Oleskan pada jerawat

c.  Diamkan selama semalam

d.  Bilas wajah Anda keesokan paginya.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone. Cara membuatnya sebagai berikut:

a. Rebus daun teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit

b. Setelah rebusan dingin, oleskan air tersebut ke wajah menggunakan kapas

c. Diamkan selama 10 menit atau

d. Kemudian bilas wajah dengan air.

7. Es Batu

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dan mudah dalam semalam adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Rasa sejuk dari es dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang meradang dan bekasnya. Caranya cukup mudah, diantaranya :

a. Bungkus beberapa buah es batu dengan handuk

b. Tempelkan pada kulit yang berjerawat atau memiliki bekas jerawat

c. Diamkan beberapa menit, dan ulangi sampai kemerahan berkurang.

8. Tomat

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam adalah dengan tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam menggunakan tomat adalah sebagai berikut:

a.  Pilih buah tomat yang segar dan sudah matang

b.  Haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur

c.  Setelah halus, ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata

d.  Biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam

e.  Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami, Mudah dan Cepat Hilang dalam Semalam
Perbesar
Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

Wajah berjerawat serta bekasnya juga pasti membuat Anda jadi tidak percaya diri. Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk dapat menghilangkannya dengan cepat dalam satu hari. Maka dari itu, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat dan mudah dalam semalam, diantaranya : 

9. Putih Telur

Kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya. Cara membuatnya pun mudah sebagai berikut :

a.  Siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya

b.  Kocok putih telur hingga mengembang

c.   Oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya

d.  Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

10. Mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dan mudah dalam semalam adalah dengan memanfaatkan kandungan yang ada pada mentimun. Perlu Anda tahu bahwa mentimun memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat tidak hanya untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya tetapi juga flek hitam dalam waktu singkat. Caranya cukup mudah, yaitu :

a.  Parut timun yang sudah dicuci

b.  Tempelkan timun pada wajah terutama bagian flek hitam.

c.   Biarkan 30 menit, lalu bilas.

11. Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit jadi lebih halus. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut:

a.  Siapkan 2-3 jeruk nipis.

b.  Belah jadi 2 bagian.

c.   Peras dengan saringan.

d.  Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajahbiarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

12. Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya memiliki kandungan polisakarida yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta dapat menyamarkan flek hitam. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat dalam semalam menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut:

a.   Siapkan 2-3 jeruk nipis.

b.   Belah jadi 2 bagian.

c.   Peras dengan saringan.

d.   Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajahbiarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by