Sukses

6 Miniatur Boxwood Gothic Abad Ke-16 Ini Ukirannya Sempurna, Berusia 500 Tahun

Jika ingin melihat detail Miniatur Boxwood Gothic peneliti harus menggunakan sinar X.

Liputan6.com, Jakarta Karya seni seorang seniman memang selalu berhasil membuat seseorang berdecak kagum. Tak sedikit pula karya seni yang diciptakan mempunyai sejarah dibaliknya. Bahkan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk ungkap makna dibalik penciptaan karya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Salah satu karya seni yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu adalah miniatur Boxwood Gothic abad ke-16. Miniatur boxwood berusia 500 tahun dari abad ke-16 ini adalah ukiran religius kecil yang dibuat di Flanders (Belanda).

Miniatur boxwood Gotik adalah pahatan kayu Kristen yang sangat kecil yang diproduksi selama abad ke-15 dan ke-16. Pada akhir periode Gotik dan selama kebangkitan Renaisans Utara. Boxwood Gothic terdiri dari lapisan-lapisan relief yang sangat rumit, dan memiliki butiran halus dan kepadatan tinggi yang cocok untuk ukiran mikro yang terperinci.

Ukiran berusia 500 tahun ini mengharuskan peneliti untuk melihatnya menggunakan pemindaian mikro-CT, Perangkat lunak analisis 3D canggih, dan bahkan sinar-X lantaran tidak bisa dianalisa hanya dengan menggunakan mata.

Permintaan pasar akan ukiran religius abad ke-16 yang menguntungkan ini terjadi di Eropa sebelum periode Reformasi (1517-1648). Beberapa bagian Miniatur Boxwood Gothic ini berukuran lebih kecil dari biji rumput.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Can You Actually tentang potret miniatur Boxwood Gothic pada Jumat (7/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dapat dilihat ukiran miniatur Boxwood Gothic abad ke-16 ini sangat sempurna dan harus jeli ketika ingin mengetahui makna dibaliknya.

3 dari 7 halaman

2. Proses produksinya masih misteri dan jejak emas serta dekorasi lainnya menghalangi pandangan sinar-X.

4 dari 7 halaman

3. Berusia 500 tahun, namun miniatur tersebut masih terlihat cantik seperti ukiran baru.

5 dari 7 halaman

4. Ada beragam ukiran miniatur Boxwood Gothic abad ke-16 ini dan setiap ukiran kecilnya hampir terlihat sama, tetapi makna dibaliknya jelas berbeda.

6 dari 7 halaman

5. Peneliti pernah membawa ukiran tersebut ke laboratorium untuk mengetahui makna atau pesan dibalik ukiran tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Walaupun sudah diteliti menggunakan teknologi canggih, namun tidak dapat melihat semuanya karena jejak emas dan bahan dekorasi lainnya menutupi tampilan sinar-X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini