Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Benar, Mahasiswa Wajib Tahu

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Mei 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi laptop | Vlada Karpovich dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi laptop | Vlada Karpovich dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat latar belakang skripsi penting diketahui para mahasiswa. Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa jenjang S1. Menyusun skripsi menjadi bagian penting bagi mahasiswa tingkat akhir.

Skripsi memiliki struktur penulisannya sendiri. Salah satu dari bagian penulisan skripsi adalah latar belakang. Cara membuat latar belakang skripsi adalah permulaan penting dalam penulisan karya tulis ini.

Cara membuat latar belakang skripsi harus memperhatikan isi dan strukturnya. Latar belakang penelitian memberikan konteks pada topik yang akan dibahas dalam skripsi. Untuk itu, cara membuat latar belakang skripsi harus dilakukan dengan benar.

Cara membuat latar belakang skripsi juga perlu mempertimbangkan teori, konsep, istilah, dan ide dari skripsi itu sendiri. Biasanya, latar belakang merupakan bagian pertama dari skripsi. Cara membuat latar belakang skripsi pastinya harus terhubung dari setiap disiplin ilmu yang dipelajari.

Berikut cara membuat latar belakang skripsi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal latar belakang skripsi

Ciri-ciri teks eksplanasi
Perbesar
Ilustrasi Menulis latar belakang Credit: unsplash.com/Thought

Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah diangkat dalam skripsi. Di dalam latar belakang dicantumkan argumentasi mengapa suatu topik dipilih. Latar belakang mengungkapkan bukti, data, konsep, dan hubungan antara variabel tang terkait dengan topik.

Panjang dan detail latar belakang juga bergantung pada sejauh mana kamu perlu menunjukkan pemahamanmu tentang topik tersebut. Latar belakang akan memberikan konteks kepada pembaca terhadap informasi yang dibicarakan di skripsi. Ini dapat mencakup studi yang relevan dan penting.

Latar belakang skripsi adalah salah satu aspek kunci yang kamu butuhkan saat menulis skripsi. Ini adalah kunci untuk memperkenalkan pembaca pada topik skripsi yang diangkat. Latar belakang penelitian digunakan untuk membuktikan bahwa pertanyaan skripsi relevan dan juga untuk mengembangkan skripsi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Isi latar belakang

Parafrase
Perbesar
Ilustrasi Menulis Isi latar belakang Credit: unsplash.com/Corrine

menurut Huesin Umar, latar belakang masalah adalah sebuah informasi tentang suatu masalah dan atau peluang yang dapat dipermasalahkan agar ditindaklanjuti lewat penelitian, termasuk hal-hal yang melatarbelakanginya.

Menurut Andrik Purwasito (2004), latar belakang masalah setidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:

- Faktor-faktor apa saja yang menjadi perhatianmu untuk dijadikan suatu latar belakang.

- Informasi kasus, baik secara langsung lewat pengamatan di masyarakat maupun lewat buku-buku referensi, dan hasil-hasil penelitian lain yang sejenis, ini disebut latar belakang teoritis.

- Tonggak problematik yang berisi berbagai persoalan yang akan dijawab dalam bab-bab selanjutnya. Latar belakang memberi alur berpikir sehingga mempermudah peneliti untuk mensistematisir persoalan yang ingin dipecahkan.

Isi latar belakang juga harus meliputi:

- Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya.

- Kompleksitas masalah jika masalah itu dibiarkan dan akan menimbulkan dampak yang menyulitkan, menghambat, mengganggu bahkan mengancam.

- Pendekatan untuk mengatasi masalah dari sisi kebijakan dan teoritis.

- Penjelasan singkat tentang kedudukan atau posisi masalah yang diteliti dalam ruang lingkup bidang studi yang ditekuni peneliti.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara membuat latar belakang skripsi

karier menulis 1
Perbesar
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Menurut Dr Ratna Puspitasari, M.Pd. dalam modulnya berjudul Latar Belakang Permasalahan dalam Penelitian, ada sejumlah cara membuat latar belakang skripsi yang terstruktur. Berikut langkah-langkahnya:

Bagian awal

Pada bagian awal latar belakang adalah gambaran umum tentang masalah yang akan diangkat. Gunakanlah metode penulisan piramida terbalik. Dengan model piramida terbalik buat gambaran umum tentang masalah mulai dari hal global sampai mengerucut fokus pada masalah inti, objek serta ruang lingkup yang akan diteliti.

Bagian tengah

Pada bagian tengah ungkapkan fakta, fenomena, data-data dan pendapat ahli berkenaan dengan pentingnya masalah dan efek negatifnya jika tidak segera diatasi dengan didukung juga teori dan penelitian terdahulu.

Bagian akhir

Pada bagian akhir, isi dengan alternatif solusi yang bisa ditawarkan (teoritis dan praktis) dan akhirnya munculah judul.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Beda latar belakang dan pendahuluan

Ilustrasi menulis
Perbesar
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Banyak yang keliru menyebut antara latar belakang dan pendahuluan. Pendahuluan adalah bab pertama dari suatu karya ilmiah yang menjadi pengantar pembaca untuk dapat menjawab suatu pertanyaan. Sementara latar belakang adalah bagian yang melatarbelakangi pemilihan judul serta mengungkapkan landasan pemikiran pemilihan judul skripsi tersebut.

Pada latar belakang, penulis biasanya menguraikan perkembangan sejarah dalam literatur yang mengarah pada topik penelitian saat ini secara ringkas. Jika studi tersebut bersifat interdisipliner, studi tersebut harus menjelaskan bagaimana berbagai disiplin ilmu terhubung dan aspek apa dari setiap disiplin ilmu yang akan dipelajari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerangka skripsi

Latihan Mendengarkan, Menulis dan Membaca
Perbesar
Ilustrasi skripsi Credit: pexels.com/Khloe

Kerangka skripsi kuantitatif

Berikut susunan kerangka skripsi dengan model kuantitatif:

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

ABSTRAK

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Tujuan Penelitian

Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Kajian Literatur

Batasan Konseptual

Kerangka Teoritis

Hipotesis

BAB III METODOLOGI

Metode Penelitian

Teknik Pengumpulan Data

Teknik Analisis Data

BAB IV PEMBAHASAN

Deskripsi Hasil Penelitian

Analisis Hasil Penelitian

Diskusi

BAB V PENUTUP

Kesimpulan

Agenda Riset Lanjutan

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Kerangka skripsi kualitatif

Berikut susunan kerangka skripsi dengan model kualitatif:

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

ABSTRAK

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Tujuan Penelitian

Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Review Literatur

Batasan Konseptual

Kerangka Teoritis

BAB III METODOLOGI

Metode Penelitian

Teknik Pengumpulan Data

Teknik Analisis Data

BAB IV PEMBAHASAN

Deskripsi Hasil Penelitian

Analisis Hasil Penelitian

Diskusi

BAB V PENUTUP

Kesimpulan

Agenda Riset Lanjutan

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Lanjutkan Membaca ↓