Bahayakah Mata Kucing Sering Berair, Apa Penyebabnya?

Oleh stella maris pada 05 Mei 2021, 15:38 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 15:38 WIB
Pixabay
Perbesar
Cara merawat kucing persia agar bulunya tetap bagus dan sehat

Liputan6.com, Jakarta Exotic shorthairs, himalaya dan persia adalah beberapa ras kucing yang sering mengalami mata berair. Itu karena kucing jenis tersebut  memiliki wajah datar, hidung kecil dan yang memiliki mata bulat besar. 

Ya, secara genetik kucing tersebut cenderung menghasilkan lebih banyak air mata dibandingkan kucing jenis lain. Laman Catster menjelaskan bahwa secara umum, kondisi tersebut nggak membahayakan kok, selama nggak ada masalah lain pada kucing tersebut. 

Lalu bagaimana dengan ras kucing lainnya? Ari Zabell dokter dari Rumah Sakit Hewan Banfield yang berbasis di Vancouver, Washington mengatakan bahwa ada dua penyebab yang membuat mata kucing berair. 

"Ada dua kategori, yaitu kondisi yang menghalangi aliran normal air mata dan yang menghasilkan air mata berlebihan," jelas Zabell. 

Zabell menjelaskan kondisi yang menghalangi aliran normal air mata disebabkan karena beberapa faktor seperti peradangan, pembengkakan, serta bentuk wajah kucing yang dijelaskan sebelumnya. 

Sementara air mata yang berlebihan biasanya disebabkan karena infeksi bakteri, virus, jamur, alergi, dan adanya sesuatu yang terselip di mata. Penyebab lain mata kucing berair karena adanya goresan atau luka di sekitar matanya. 

Ketika kondisi ini terjadi, apa yang harus dilakukan dan kapan waktu tepat harus ke dokter hewan? Pertama pastikan dulu bahwa kucingmu nggak pernah mengalami kondisi mata berair yang berlebihan sebelumnya. 

Jika terlihat ada air mata yang berlebihan, di sinilah waktu tepat untuk memeriksakan kucingmu ke dokter hewan. Nantinya dokter akan mengevaluasi penyebabnya. 

"Setelah menentukan apa yang normal dan nggak normal pada bagian aliran air mata, dokter akan menentukan penyebabnya dan melakukan rencana pengobatan yang diperlukan," jelas Zabell. 

Pengobatannya kemungkinan besar adalah obat tetes mata atau salep. Saat menggunakan obat tetes mata atau salep, usahakan untuk nggak menyentuh pipet atau ujung tabung ke permukaan mata kucing.

Nah, agar selama masa pengobatan berjalan lancar, Zabell menyarankan agar kucing juga diberikan 'penghargaan' sebelum, selama, dan setelah perawatan. 

Tujuannya agar kucing mendapatkan asosiasi positif atau nggak stres dengan pengobatannya. Salah satu caranya dengan memberikan makanan sehat untuk kucing kesayanganmu. 

Salah Memahami Sifatnya
Perbesar
credit: Muezza

Salah satu rekomendasi makanan kucing dengan asupan nutrisi dan gizi seimbang adalah Muezza. Ya, Muezza merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)