10 Wisata Ciwidey Bandung yang Paling Hits, Alamnya Sejuk dan Indah

Oleh Husnul Abdi pada 13 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 08:00 WIB
Danau Situ Patenggang
Perbesar
Danau Situ Patenggang

Liputan6.com, Jakarta Wisata Ciwidey menjadi salah satu daerah yang wajib kamu kunjungi saat ke Bandung. Bagaimana tidak, Ciwidey menawarkan udara sejuk serta alam yang menawan untuk dijadikan destinasi wisata yang seru dan menarik.

Ciwidey adalah desa yang terletak di kawasan Bandung Selatan. Pilihan destinasi wisata Ciwidey sangatlah lengkap, mulai dari wisata alam perbukitan hingga wisata taman dan perkebunan untuk keluarga ada di sini.

Objek wisata seperti kawah putih maupun situ patenggang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan. Bahkan, keduanya menjadi destinasi wajib saat jalan-jalan ke Bandung. Belum lagi berbagai destinasi lainnya seperti Ranca Upas hingga perkebunan teh Rancabali.

Melepas penat dengan berlibur ke Ciwidey akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman. Tempat ini bisa menjadi pelarian kamu dari hiruk pikuk perkotaan yang bikin penat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2021) tentang wisata Ciwidey.

2 dari 6 halaman

Kawah Putih dan Sunan Ibu Sunrise Point

Kawah Putih
Perbesar
Kawasan objek wisata Kawah Putih mulai ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan Natal. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kawah Putih

Wisata Ciwidey pertama yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia adalah Kawah Putih. Kawah yang berada di Ciwidey, Bandung Selatan ini menawarkan pemandangan alam yang khas serta udara yang sangat sejuk. Mengunjungi tempat ini membuat kamu dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar, cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu, di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point merupakan wisata Ciwidey Bandung untuk melihat pemandangan mantahari terbit. Sesuai namanya, tempat ini menjadi lokasi terbaik di Ciwidey untuk menyaksikan pemandangan menawannya matahari terbit atau sunrise.

Lokasi wisata Ciwidey ini berada di kawasan Kawah Putih, jadi kamu bisa mengunjungi sunrise point ini terlebih dahulu sebelum menikmati jalan-jalan di Kawah Putih. Selain menawarkan keindahan alam dan udara yang sejuk, sunrise point ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

3 dari 6 halaman

Situ Patenggang dan Ranca Upas

Ranca Upas (Photo by Zalfa Imani on Unsplash)
Perbesar
Ranca Upas (Photo by Zalfa Imani on Unsplash)

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Wisata Ciwidey satu ini. Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

Ranca Upas

Wisata Ciwidey Bandung berikutnya adalah Ranca Upas. Selain bisa melakukan aktivitas camping, di sini kamu juga bisa bermain dengan rusa. Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini.

Tempat ini memang sudah terkenal dengan spot foto alam terbuka yang asri dengan ditemani rusa yang berkeliaran bebas di sana. Kamu bisa bermain dengan rusa dan memberinya makan di Ranca Upas ini.

Tidak sedikit juga yang membuka tenda dan melakukan kegiatan camping karena udaranya yang sejuk. Bersantai di pemandian air panas Ciwalini juga bisa menjadi opsi lain yang bisa kamu ambil. Lokasinya juga tidak jauh dari Ranca Upas, jadi bisa sekali jalan.

4 dari 6 halaman

Perkebunan Teh Rancabali dan Bukit Jamur

Glamping Rancabali
Perbesar
Rancabali. Foto: Shendy Aditya

Perkebunan Teh Rancabali

Jika kamu jalan-jalan bareng keluarga, dan ingin menikmati alam yang sejuk dan pemandangan kebun teh yang luas, Perkebunan Teh Rancabali jadi pilihan utama. Kamu bisa ke Perkebunan Teh Rancabali untuk sekadar menghirup udara segar khas pegunungan dan merasakan ketenangan yang hakiki.

Seperti tempat-tempat wisata Ciwidey lainnya, di salah satu destinasi wisata Bandung ini kamu juga akan menemukan berbagai spot instagramble. Kamu tidak akan kehabisan spot foto yang menarik di perkebunan teh yang sangat luas ini.

Bukit Jamur

Wisata Ciwidey dengan spot yang unik berikutnya adalah Bukit Jamur. Tempat ini juga menjadi destinasi favorit anak muda karena menawarkan pemandangan yang sangat unik. Bukit Jamur ini bukanlah perkebunan jamur atau bukit yang dipenuhi dengan banyak jamur.

Bukit Jamur merupakan kawasan wisata yang dipenuhi dengan banyak pohon cemara pendek dan bentuknya bulat menyerupai jamur. Berkat pohon-pohon ini, Bukit Jamur memiliki pemandangan yang unik dan mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

5 dari 6 halaman

Kawah Rengganis dan Southland Camp

Camp
Perbesar
Camp (Photo by kilarov zaneit on Unsplash)

Kawah Rengganis

Tidak hanya memiliki Kawah Putih, wisata Ciwidey juga memiliki kawah lainnya bernama Kawah Rengganis. Kawah Rengganis tidak kalah indah dan populer dibandingkan dengan Kawah Putih.

Mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, dan juga akan kesegaran dari alam yang asri di Kawah Rengganis ini. Selain menawarkan pemandangan yang cantik, di Kawah Rengganis juga terdapat air panas yang mengandung belerang, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Southland Camp

Melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan merupakan salah satu keinginan banyak orang di akhir pekan. Kamu bisa berkunjung ke wisata Ciwidey ini untuk menghilangkan penat bekerja setiap harinya, yaitu ke Southland Camp.

Southland Camp adalah tempat perkemahan untuk anak-anak dan dewasa. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa pepohonan pinus yang dilengkapi dengan suara alam yang khas. Kamu juga akan mendapati banyak spot foto di kawasan ini.

Kawasan ini juga menyediakan banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba. Itulah kenapa, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga yang menenangkan dan bikin nyaman.

6 dari 6 halaman

Taman Kelinci Ciwidey dan Driam Riverside

Ilustrasi kelinci
Perbesar
Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)

Taman Kelinci Ciwidey

Bagi kamu yang mencari wisata keluarga unik dan seru, Taman Kelinci Ciwidey bisa jadi pilihan tepat. Kamu bisa membawa anak-anakmu bermain ke sini sembari memberi makan kelinci yang imut

Semua wisatawan bisa berinteraksi dengan kelinci dan boleh memberi makan wortel juga. Selain kelinci, juga ada burung hantu, kuda, dan kambing di wisata Ciwidey ini. Namun, tujuan utamanya tentu tetaplah kelinci yang berkeliaran bebas.

Driam Riverside

Salah satu wisata Ciwidey yang tak kalah terkenal adalah Driam Riverside, yang menawarkan paket wisata yang komplet. Seperti wisata Ciwidey lainnya, tempat ini juga menawarkan alam yang indah dan sejuk.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang luas dan berbagai aktivitas yang menantang, seperti arung jeram. Kamu juga bisa bermain paintball di Driam Riverside ini.

Bahkan, kamu juga akan menemukan berbagai spot selfie yang instagramable di tempat ini. Benar-benar destinasi wisata yang lengkap dan cocok untuk semua usia.

Lanjutkan Membaca ↓