15 Tempat Wisata Di Malaysia yang Wajib Dikunjungi, Dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 04 Mei 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 17:30 WIB
15 Tempat Wisata Di Malaysia yang Wajib Dikunjungi, Dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Destinasi wisata di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Malaysia memiliki banyak kemiripan dengan negara kita, mulai dari kuliner, tradisi, sejarah, hingga kebudayaannya. Malaysia merupakan negara yang posisinya berbatasan langsung dengan Indonesia. Dengan bahasa pengantar Melayu-nya yang mudah dimengerti, membuat Malaysia menjadi salah satu alasan pemilihan sebagai tujuan kunjungan wisata.

Salah satu hal yang menarik dari Malaysia adalah masyarakatnya yang multikultur. Dengan 11 negara bagian, Anda bisa dengan mudah menemukan perbedaan budaya yang mencolok namun berpadu dengan harmonis. Itu sebabnya pesona Negeri Jiran ini mampu memikat wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tak hanya keragaman budaya, Anda juga dapat menikmati suasana modern di tengah kota Kuala Lumpur atau indahnya pemandangan alam di kawasan Johor serta Penang. Kontras pemandangan gedung-gedung bertingkat yang seolah-olah mengawasi bangunan-bangunan kuno di sekelilingnya juga bisa Anda temukan di kota-kota besar di Malaysia.

Penasaran tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi saat ke Malaysia? Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2021).

Tempat Wisata di Malaysia yang Terkenal dengan Bangunan Bersejarahnya

15 Tempat Wisata Di Malaysia yang Wajib Dikunjungi, Dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Kuil Hindu Malaysia. | via: vestigesoftime.blogspot.com

1.  Sri Mahamariamman Malaysia

Tempat wisata di Malaysia yang pertama adalah Sri Mahamariamman. Obyek wisata yang satu ini berada di Jantung Kota Kuala Lumpur. Sehingga anda bisa dengan mudah mengunjungi tempat yang satu ini. Lokasinya sangat dekat dengan Cina Town yang ada di Kuala Lumpur. Sri Mahamariamman ini adalah tempat beribadah Umat Hindu yang ada di kota Malaka Malaysia.

2.  Sultan Abdul Samad Building

Tempat wisata di Malaysia yang selanjutnya adalah Sultan Abdul Samad Building. Tempat inilah yang menjadi tempat pertama kali bendera Malaysia berkibar setelah Merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1957. Jadi anda harus mengunjunginya.

3.  Kuil Kek Lo Si di atas Bukit Kwok San

Penang memang memiliki beragam situs keagamaan, setelah mengunjungi kuil Mahamariamman, Anda bisa mampir ke Kuil Kek Lo Si. Tempat ini juga memiliki julukan Kuil Kebahagiaan Agung (Temple of Supreme Bliss). Kuil ini merupakan salah satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Area sekeliling wihara ini juga sangat luas. Selain menjadi objek wisata, kuil ini juga merupakan pusat ziarah bagi Umat Buddha dari berbagai negara. Berada di puncak Bukit Kwok San di kawasan Air Itam, kuil ini selalu ramai dengan berbagai kegiatan keagamaan. Keindahan Pulau Penang bisa Anda nikmati dari komplek kuil. Selain itu, bangunan arsitektur yang unik menjadi daya tarik sendiri bagi wihara ini.

4.  Kota Tua di Merdeka Square Malaysia

Anda bisa menikmati Kota Tua dengan bangunan bersejarah dan bangunan museum di Merdeka Square Malaysia. Bagi Anda yang suka berfoto, akan sangat disayangkan tanpa mengambil gambar untuk di unggah di jejaring sosial media. Sebab keindahan artistik bangunan yang ada di tempat ini sangat indah dan Instagramable.

5.  Rumah Penghulu Abu Seman

Bangunan Rumah kuno yang satu ini merupakan rumah terkuno di Malaysia. Pasalnya rumah ini di bangun pada tahun 1901 dan 1930-an yang berada di Kampung Sungai Kecil yang terletak di Peninsula. Bagi Anda yang suka berwisata sejarah Anda bisa mengunjungi obyek wisata yang satu ini. Karena di tempat ini Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah.

Tempat Wisata di Malaysia yang Terkenal dengan Pesona Alamnya

15 Tempat Wisata Di Malaysia yang Wajib Dikunjungi, Dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Langkawi, Malaysia. (commons.wikimedia.org)

6. Langkawi Cable Car

Tempat wisata di Malaysia yang berikutnya adalah langkawi cable car. Kereta gantung yang berada du puncak gunung tertinggi kedia di Langkawi ini memiliki ketinggian 709 meter di atas permukaan laut. Anda akan melintasi hutan tropis dan air terjun yang indah. Saat cuaca cerah, wisatawan bahkan dapat melihat Indonesia di arah barat daya dan Thailand di arah utara. Perjalanan sepanjang 2,2 km yang akan ditempuh selama 20 menit.

7.  Pulau Redang

Tempat wisata di Malaysia yang berikutnya adalah pulau redang. Pulau ini memiliki pesona bahari yang memukau, selain punya banyak spot bagus untuk menyelam. Laut di sekitar pulau ini juga sangat jernih yang dilengkapi dengan berbagai biota laut yang cantik.

8.  Gunung Mulu National Park

Tempat wisata di Malaysia yang berikutnya adalah gunung mulu national park. Mulu Canves National Park adalah salah satu jaringan gua terpanjang di dunia. Di sini terdapat ruang bawah tanah terpanjang di dunia, yaitu Sarawak Chamber yang luas. Wisata alam ini cukup terkenal di Malaysia, untuk menuju ke Gunung Mulu National Park haru menggunakan pesawat. Kemudian, barulah disambung dengan menyewa kendaraan.

9.  Penang National Park

Tempat wisata di Malaysia yang berikutnya adalah penang national park. Tempat wisata di Malaysia ini merupakan rumah bagi berbagai macam jenis flora dan fauna khas daerah tropis. Luas tempat wisata di Malaysia ini sekita 1.213 hektar dan menjadi tempat penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai kampi.

10.  The Habitat Penang Hill

Tempat wisata di Malaysia yang berikutnya adalah the habitat penang hill. Tempat wisata di Malaysia terfavorit ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang asyik. Anda dapat memperkenalkan alam dan hutan pada anak dengan cara menyenangkan. The Habitat Hill adalah tempat wisata edukatif di mana pengunjung bisa melihat hutan, keindahan ragam flora, dan pemnadangan laut yang mengagumkan.

Tempat Wisata di Malaysia yang Lagi Hits

15 Tempat Wisata Di Malaysia yang Wajib Dikunjungi, Dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Destinasi wisata Malaysia .

11. Petronas Twin Tower

Menara 88 lantai ini dikenal juga dengan sebutan Menara Kembar Petronas. Menara ini merupakan landmark Negeri Jiran. Meskipun sudah banyak dikenal orang, banyak wisatawan yang telah mengunjungi menara ini lebih dari sekali karena kemegahannya.

Menara dengan tinggi 451,9 meter ini lokasinya ada di tengah kota Kuala Lumpur. Selain bangunan arsitektur yang mewah, menara ini memiliki skybridge yang menghubungkan menara satu dengan menara lainnya. Uniknya, jembatan tersebut merupakan jembatan dua lantai yang berada di ketinggian 175 meter, tepatnya di lantai 41. 

12. Kuala Lumpur Tower

Menara lain yang wajib masuk wishlist kamu ketika liburan di Malaysia adalah Menara Kuala Lumpur atau sering disebut dengan KL Tower. Anda bisa menikmati pemandangan kota yang keren banget dari atas menara setinggi 421 meter ini. Salah satu spot paling menarik ketika berkunjung ke menara ini adalah Sky Deck. Anda akan merasakan sensasi memandangi keindahan kota Kuala Lumpur dari atas menara tanpa terhalang kaca. Selain itu, jangan lewatkan pengalaman unik berdiri di atas kaca transparan Sky Box. Bangunan kaca yang menjorong keluar ini terbuat dari bahan kaca tebal transparan.

13.  Bukit Bintang

Jangan terkecoh dengan namanya. Ketika mendengar bukit bintang, Anda mungkin berpikir tentang suasana perbukitan yang sunyi. Nyatanya, Bukit Bintang adalah nama sebuah kawasan di pusat Kuala Lumpur. Bukit Bintang adalah kawasan perbelanjaan dan hiburan. Berbagai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang branded, klub malam, dan hotel bintang lima berjajar di sana. Lokasinya pun strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, seperti MRT, LRT, bus lokal, maupun taksi.

14.  Batu Caves

Batu Caves merupakan kuil yang terletak di dalam gua. Batu Caves berlokasi di Selangor, di kawasan perbukitan kapur yang menawan. Di sana terdapat patung tertinggi Murugan, salah satu dewa yang dihormati rakyat Hindu India. Jika kamu datang bertepatan dengan Hari Raya Thaipusam, akan ada atraksi yang tak boleh kamu lewatkan. Untuk menuju kuil di puncak, Anda harus mendaki ratusan anak tangga. Kamu pun bisa mencicipi jajanan khas India di sepanjang pintu masuk menuju ke area kuil.

15. Genting Highlands

Inilah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang gemar bersenang-senang di dataran tinggi. Genting Highlands terletak di perbatasan antara Pahang dan Selangor. Salah satu primadona dari wisata ini adalah Awana Skyway Gondola yang memungkinkan Anda melihat keseluruhan aktivitas hiburan dari puncak Gunung Ulu Kali setinggi 1800 meter.

Meski berada di puncak gunung, namun Anda bisa menjumpai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang branded dengan harga miring, taman hiburan, hotel, dan banyak gedung pencakar langit. Pada station terakhir ketika menaiki gondola, Anda akan turun di sebuah mall yang juga terdapat SkyCasino di dalamnya. Dijamin Anda tak akan berhenti berdecak kagum ketika berada di sini.

Lanjutkan Membaca ↓