Sukses

18 Wisata Pacitan Paling Hits yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Memesona

Wisata Pacitan begitu lengkap, sehingga kamu bisa memilih destinasi sesuai keinginan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pacitan terkenal dengan alamnya yang komplet. Mulai dari wisata pantai, sungai, dataran tinggi, air terjun, hingga wisata gua bisa kamu temukan di sini. Tidak heran nama Pacitan sebagai destinasi wisata sudah harum ke mana-mana.

Kepopuleran wisata Pacitan, seperti Pantai Klayar, Gua Gong, hingga Sungai Maron bahkan sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Keindahan pantai dan alam Pacitan tentunya tidak lepas dari letak geografisnya yang berada di wilayah selatan pulau Jawa.

Wisata Pacitan begitu lengkap, sehingga kamu bisa memilih destinasi sesuai keinginan. Menghirup udara pegunungan, menjelajahi gua, menyusuri sungai, atau bermain air di pantai dan air terjun bebas kamu pilih.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2021) tentang wisata Pacitan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Pantai

Pantai Klayar

Wisata Pacitan yang pertama adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki ciri yang identik dengan semburan air yang unik dan gulungan ombak yang eksotik. Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang yang ada di permukaan.

Sementara ombak besar di pantai ini bisa kamu nikmati setiap saat. Pantai Klayar menjadi pantai terindah dan terfavorit di kalangan wisatawan, batu karang di pantai ini punya banyak celah. Setiap kali ombak menerpa, muncul pula bunyi seperti siulan.

Pantai Kasap

Pantai Kasap terletak di Gumuharjo, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Wisata Pacitan ini adalah pantai yang disebut menjadi Raja Ampatnya Pacitan, karena kalau kamu naik ke atas bukitnya, pantai ini memiliki pemandangan seperti di Raja Ampat, Papua. Ada pulau-pulau kecil yang apik dan enak dipandang dari atas.

Perjalanan untuk menuju bukit tersebut medannya tidak sulit, tetapi bisa bikin kamu ngos-ngosan. Waktu tempuh untuk sampai ke atas bukit tersebut kurang lebih 15 menit. Kalau ingin naik kapal keliling pulau-pulau tersebut cukup membayar 17.000/orang.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berlokasi di daerah Kecamatan Donorojo, Karak, tepatnya di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Menurut dongeng yang beredar dikisahkan, mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas pantai, di mana mahkota itulah batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir Pantai.

Pantai Buyutan ini tidak hanya mengisahkan cerita fiksi belaka, namun juga keindahan alam yang masih terjaga secara alami. Perbukitan yang diselimuti sabana hijau, ombak biru laut yang asri, serta hamparan pasir yang lembut dan pepohohan rindang adalah sebab tempat ini wajib dikunjungi.

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Kasap, jadi sekali tempuh bisa dapat 2 tempat wisata Pacitan yang pemandangannya sama bagusnya. Pantai Watu Karung terletak di Ketro, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Watu Karung ini lebih terkenal dengan julukan Pantai Pasir Putihnya.

Ombak Pantai Watu Karung yang cukup besar khas pantai selatan dan biru lautnya sangat cocok untuk surfing. Perbukitan karang di Pantai Watu Karung ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berkemah, melihat sunset, hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak. Bukit karang, ombak biru laut nan jernih, hamparan pasir luas, sunset, dan sunrise adalah alasan mengapa ajang foto tidak boleh terlewatkan.

Pantai Banyu Tibo

Salah satu pantai di Pacitan ini memiliki air terjun yang berada di salah satu sisinya. Airnya yang turun langsung terjun ke pantai selatan. Keberadaan air terjun ini merupakan muasal dari pemberian nama pantai ini. Sesuai namanya Banyu yang berarti Air dan Tibo yang artinya jatuh atau terjun, pantai ini punya air terjun. Keindahannya pun tidak perlu disangsikan lagi. Salah satu rekomendasi pantai yang memiliki pemandangan indah di Pacitan.

3 dari 7 halaman

Wisata Gua

Gua Gong

Wisata Pacitan yang sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke luar negeri adalah Gua Gong. Objek wisata Pacitan satu ini menawarkan pemandangan indah dari stalaktit dan stalagmit. Bahkan karena keindahan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki membuat Gua Gong menjadi gua terindah se-Asia Tenggara.

Panorama stalaktit dan stalagmit yang keren tersebut bisa kamu temukan di dalam gua yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan. Kedalaman Gua Gong mencapai 256 meter dan dibutuhkan waktu 2 jam untuk menelesuri keseluruhan area gua.

Dari mulut gua, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang memesona, dimana terdapat sebuah pagar kristal yang sangat indah, dibalut dengan pancaran lampu yang tidak kalah menarik. Di ujung gua, pengujung juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar dan ketika dipukul akan mengeluarkan suara ‘gong’, seperti suara gong dalam gamelan.

Gua Tabuhan

Wisata Pacitan selanjutnya adalah Gua Tabuhan. Gua Tabuhan adalah salah satu gua yang menjadi kebanggan Pacitan. Di gua ini tersimpan sejumlah stalaktit yang menghasilkan bunyi seperti gamelan lengkap. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan grup kesenian setempat memainkan musik dengan batu-batu di sana.

Dari fenomena unik itu gua tersebut kemudian diberi nama Gua Tabuhan. Hingga saat ini, keunikan itu yang menjadi daya tarik tersendiri salah satu lokasi wisata favorit masyarakat Pacitan ini. Objek wisata Pacitan satu ini terletak di desa Wareng, kecamatan Punung, Pacitan.

Gua Luweng Ombo

‘Ombo’ dalam bahasa Jawa artinya adalah lebar. Nama ini disematkan karena gua ini memang cukup luas. Mulut guanya berdiameter 50 meter. Kedalaman gua ini mencapai 130 meter dari permukaan tanah.

Berdasarkan penelitian, Luweng Ombo dulunya merupakan gua horizontal yang atapnya runtuh karena erosi. Dengan menggunakan peralatan SRT (single rope technique), kamu bisa mencapai dasar gua dalam waktu setengah jam.

Di objek wisata Pacitan selain pantai ini kamu tidak hanya akan menemukan bebatuan seperti di gua lain, tetapi juga pepohonan setinggi 1,5 meter. Berdasarkan keunikan geologinya Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite dari Geopark Gunung sewu area Pacitan.

Gua Luweng Jaran

Wisata Pacitan selanjutnya adalah Gua Luweng Jaran. Untuk gua satu ini, barangkali bisa dikhususkan bagi kamu yang suka tantangan. Konon, panjang goa Luweng jaran ini 48 km, sehingga disebut perjalanan menuju perut bumi. Sepanjang jalan, kamu bisa menikmati ornamen unik yang terbentuk secara alami. Jika berkunjung ke goa ini, kamu harus siapkan tenaga, air yang cukup banyak dan mental.

4 dari 7 halaman

Wisata Sungai

Sungai Maron

Keindahan sungai Maron tak perlu diragukan, di sini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang menakjuban. Wisata Pacitan satu ini juga sering disebut dengan Amazonnya Indonesia, karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai terpanjang kedua di dunia tersebut.

Sungai ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Selain memiliki panorama indah, sungai Maron juga dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasananya pun sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai menawarkan sensasi seperti Sungai Amazon.

Untuk menyusuri sungai ini, kamu bisa menyewa perahu yang disediakan di area wisata ini. Saat menyusurinya, kamu akan terbius dengan panorama alamnya yang eksotis.

Sungai Cokel

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Sungai yang biru ditambah ratusan pohon kelapa di kanan kirinya membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak persis di dekat Pantai Watukatung ini.

Ada dua cara untuk menikmati Sungai Cokel ini, yang pertama dengan berjalan dan menikmati keindahan sungai dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit. Selain itu, kamu juga bisa dengan menikmati salah satu wisata Pacitan ini di atas air dengan mendayung sebuah papan Stand-Up Paddle Board.

Kali Barong

Di Kali Barong ini kamu bisa menyewa perahu, sepeda air dan banyak lagi lainnya untuk menikmati keindahan sungai. Perahu mancung yang bentuknya unik menjadi nilai tersendiri di Kali Barong ini.

Lokasinya berada di Jalan Dadapan Watukarung, Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ketika menyusuri sungai ke arah hulu, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang cukup terkenal di Pacitan, yaitu Grojogan Dhuwur.

5 dari 7 halaman

Wisata Air Terjun

Air Terjun Gringsing

Air Terjun Gringsing merupakan wisata alam yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Suasana di sini sangatlah asri, deburan air dipadu dengan indahnya alam yang hijau. Lokasinya berada di kawasan pegunungan, membuat siapa saja yang datang pasti ingin berlama-lama karena masih sangat alami.

Pada saat musim penghujan tiba, air yang mengalir di salah satu wisata Pacitan selain pantai ini akan semakin deras. Bebatuan besar dan kokoh yang berbentuk tidak beraturan, membuat air terjun ini seperti berundak dan terlihat makin menakjubkan.

Grojogan Dhuwur

Grojogan Dguwur berada di Dusun Barong Kiulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang sangat memukau. Pemandangan berupa pepohonan hijau diantara gemercik air terjun yang berjatuhan serta terlihat kolam raksasa dengan warna natural biru yang jernih bisa menjadi obat kepenatan.

Kamu bisa berenang di grojogan yang memiliki tiga aliran yang menyegarkan ini. Wisata Pacitan selain pantai satu ini sangat bagus untuk menjadi destinasi liburan pelepas penat.

6 dari 7 halaman

Wisata Dataran Tinggi

Gunung Lanang

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah berupa panorama dari ketinggian, kamu bisa ke Gunung Lanang. Dari puncak gunung tertinggi kedua di Pacitan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan mengesankan Pacitan dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

Sensasi terbaik berada di Gunung Lanang adalah ketika bisa menyaksikan terbitnya fajar di pagi hari dan tenggelamnya matahari dari kejauhan. Kamu bisa menyaksikan kedua fenomena tersebut dari Gunung Lanang ini.

Lokasinya berada di Mantren, Kebonagung, Mantren, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kamu juga bisa menikmati alam Gunung Lanang dengan kegiatan berkemah. 

Bukit Semar

Bukit Semar di Pacitan menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah memesona. Di sini, kamu bisa menyaksikan perbukitan nan hijau dan Laut Selatan di kejauhan sebagai latar belakang.

Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi wisata Pacitan satu ini, karena kamu dapat menyaksikan indahnya sunrise sekaligus perbukitan yang diselimuti oleh kabut dan awan yang bergerak naik dengan lambat.

Berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, di Bukit Semar kamu juga bisa menyaksikan sunset yang sangat menawan.

7 dari 7 halaman

Wisata Alam Pacitan Lainnya

Hutan Pinus Kita Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo memiliki panorama elok yang menarik untuk diabadikan. Hutan Pinus ini berada di daratan yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu ingin berlama-lama disini.

Wisata Pacitan selain pantai ini berlokasi di Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Hawa sejuk, bebas polusi sangat terasa di wisata alam ini. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang keren dan kekinian seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon dan masih banyak lagi.

Beiji Park

Wisata Pacitan selain pantai berikutnya adalah Beiji Park. Wisata alam yang dilengkapi spot foto instagramable ini menjadi favorit anak muda. Lokasinya beradi di jalur utama Pacitan-Solo, tepatnya di Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti panggung terbuka yang terletak di bagian bawah tebing, ada pula ayunan, sepeda gantung, hingga flying fox. Bahkan dari perbukitan Beiji Park ini, kamu juga bisa melihat pemandangan teluk Pacitan di sisi selatan. Pemandangan ini bisa kamu saksikan dari Gardu Pandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini