Paket Wisata Bromo Terbaik, Lengkap Menuju Puncak sampai Lokasi Wisata di Sekitarnya

Oleh Laudia Tysara pada 03 Mei 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 11:45 WIB
Bromo
Perbesar
Wisatawan berada di kawasan Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur, (29/7). Ratusan wisatawan berbagai daerah setiap harinya memadati kawasan Bromo untuk berwisata melihat terbitnya matahari dan juga kawah Gunung Bromo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Ingin berkunjung ke Gunung Bromo, wajib banget mempelajari paket wisata Bromo terbaik. Pakai paket wisata Bromo terbaik ini, wisatawan bisa memilih dari kota mana perjalanan akan mulai ditempuh sampai ke puncak Gunung Bromo. Pastikan memilih moda transportasi yang efektif, murah, dan efisien.

Bila moda transporasi sudah mendapat gambaran yang jelas, pahami paket wisata Bromo terbaik dengan jalur menuju puncaknya. Untuk sampai ke puncak, paket wisata Bromo terbaik harus di mulai dengan berangkat dini hari saat masih gelap sekitar pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Melalui jalan yang penuh pasir sampai menaiki 250 anak tangga.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter. Bila berkunjung dengan paket wisata Bromo terbaik, pesona matahari terbit dari arah timur kaki gunung bisa dinikmati dengan eloknya. Rasakan sensasi menunggang kuda, mobil jeep, sampai menyaksikan upacara adat masyarakat suku Tengger. Penasaran ingin mencoba?

Berikut Liputan6.com ulas paket wisata Bromo terbaik dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021).

2 dari 6 halaman

Paket Wisata Bromo Terbaik dari Berbagai Kota

Para wisatawan yang hendak berlibur dengan paket wisata Bromo terbaik dari Probolinggo biasanya menempuh perjalanan darat. Paket wisata Bromo terbaik tersedia dalam berbagai macam variasi. Terdapat paket wisata Bromo terbaik dengan perjalanan yang destinasinya Surabaya, Malang Jember hingga Banyuwangi.

Bila paket wisata Bromo terbaik bertolak dari Surabaya atau Malang, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan bus menuju arah Jember atau Banyuwangi dengan tujuan Terminal Probolinggo.

Jika paket wisata Bromo terbaik bertolak dari Jember atau Banyuwangi, pilih bus menuju arah Surabaya dengan tujuan ke Terminal Probolinggo. Sementara itu, paket wisata Bromo terbaik dari Terminal Probolinggo menuju kawasan Bromo, biasanya harus menempuh perjalanan sekitar 57 km lagi.

3 dari 6 halaman

Paket Wisata Bromo Terbaik Menuju Puncak

Gunung Bromo
Perbesar
Gunung Bromo. (Sumber: Pixabay)

Butuh perjuangan untuk bisa mendapatkan momen sunrise yang cantik dengan paket wisata Bromo terbaik. Untuk sampai ke puncak, paket wisata Bromo terbaik harus di mulai dengan berangkat dini hari saat masih gelap sekitar pukul 03.30 atau 04.00 WIB.

Paket wisata Bromo terbaik ini dilalui dengan jalan yang penuh pasir sampai menaiki 250 anak tangga untuk menuju puncak gunungnya. Keelokan Kaldera Tengger akan terlihat dari puncak gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Watangan, Kursi, dan Gunung Widodaren.

Dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini, para wisatawan dengan paket wisata Bromo terbaik akan melihat kawah Gunung Bromo. Kepulan asap putih yang tebal dan material vulkanik membuat wisata Gunung Bromo terlihat semakin eksotis dengan paket wisata Bromo terbaik.

Menariknya, wisatawan paket wisata Bromo terbaik akan menjumpai masyarakat Suku Tengger yang mengadakan upacara adat Kasodo pada hari tertentu. Upacara ini melemparkan sesaji di kawah sebagai permohonan panen dan meminta tolak bala bagi masyarakat Suku Tengger.

Usai melihat matahari terbit, paket wisata Bromo terbaik bisa dilanjutkan dengan merasakan sensasi mengendarai jeep melewati lautan pasir dan jalan berbatu. Hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 500 ribu untuk 6 orang penumpang, para wisatawan dengan paket wisata Bromo terbaik akan dimanjakan dengan sejuknya udara padang savana.

4 dari 6 halaman

Paket Wisata Bromo Terbaik dan Sekitarnya

[Bintang] Jawa Timur
Perbesar
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo, Jawa Timur. (Instagram.com/adi_mrizal)

Air Terjun Madakaripura

Madakaripura adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Secara harfiah mengandung makna 'tempat terakhir Sang Patih Gajah Mada'. Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini dahulu digunakan oleh Patih Gajah Mada sebagai tempat menyepi dan memperdalam ilmu.  

Untuk sampai ke lokasi utama dengan paket wisata Bromo terbaik ini, tiap pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, dan terkadang harus membelah sungai. Ada trek yang basah, disarankan bagi para pengunjung menyiapkan pakaian ganti, atau jas hujan. Penggunaan sepatu sandal lebih disarankan ketimbang memakai sepatu biasa.

Keistimewaan dari air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terletak pada dindingnya yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didaulat sebagai air terjun tertinggi sekaligus terindah di pulau Jawa.

Bukit Teletubbies Bromo

Bukit teletubbies adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Selain bisa menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijau, wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini menjadi spot foto terbaik.

Pakai paket wisata Bromo terbaik ini akan membuat wisatawan bertemu tempat yang dipenuhi dengan rerumputan hijau sangat cantik. Rumput di sini sangat terjaga sehingga nampak begitu rapi. Jadi, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Gunung Widodaren

Gunung Widodaren adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Gunung ini berlokasi masih bersebelahan dengan Gunung Batok dan berada di satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut. Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa beberapa penduduk asli suku Tengger.

Padang Rumput Savana

Padang rumput savana bromo adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi, letaknya di selatan timur Gunung Bromo. Pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Paket wisata Bromo terbaik harus dilalui dengan jalur mencapai savana adalah Lautan Pasir yang gersang. Namun, saat memasuki padang rumput ini kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang benar-benar hijau di kelilingi bukit-bukit yang menambah indahnya tempat wisata ini.

Terletak di lembah jemplang, akses paket wisata Bromo terbaik dan termudah untuk ke sini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah via Malang atau via lumajang. Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini cocok buat melepas penat untuk berakhir pekan.

5 dari 6 halaman

Paket Wisata Bromo Terbaik dan Sekitarnya

Kawah Bromo
Perbesar
Kawah Gunung Bromo. (Merdeka.com/D.N. Marhendri)

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Di sini, selain bisa menyaksikan keindahan sunrise, kamu juga dapat memanjakan mata dengan deretan bukit yang mengelilinginya.

Pada pagi hari, kamu bisa menyaksikan keindahan lembah dan bukit yang masih tertutup awan kabut. Dijamin, wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini akan membuatmu ketagihan mengujungi.

Sedangkan, pada siang hari meskipun sedikit panas, kamu bisa menyaksikan hijaunya pegunungan dengan deretan bukit-bukit yang nampak cantik dan mempesona. Lokasi bukit cinta ini masih bersebelahan dengan bukit kingkong.

Kawah Bromo

Kawah bromo adalah salah satu paket wisata Bromo terbaik. Kamu dapat melihat langsung kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona. Untuk mencapai wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini, paket wisata Bromo terbaik hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir.

Jika kamu malas berjalan kaki, paket wisata Bromo terbaik bisa menyewa kuda. Setelah itu, kamu tinggal menaiki anak tangga yang mencapai puncak kawah bromo. Bagaimana? Bikin semakin tertarik datang ke wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi bukan?

Pasir Berbisik

Pasir berbisik adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Sebelum sampai ke kawah Gunung Bromo, paket wisata Bromo terbaik akan disambut dengan hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan pasir wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini diberi nama dengan sebutan pasir berbisik.

Area wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah mengambil spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, di pasir berbisik ini kamu juga dapat menikmati kegiatan lain, seperti mengendarai motor trail, menunggangi kuda, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

6 dari 6 halaman

Paket Wisata Bromo Terbaik dan Sekitarnya

Bukit Kingkong
Perbesar
Ilustrasi bukit kingkong. (Instagram.com/onezliano)

Pura Luhur Poten

Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini memang cukup unik. Jika sebelumnya wisata Gunung Bromo dipenuhi dengan keindahan alam, sekarang paket wisata Bromo terbaik juga bisa menemui tempat ibadah, yaitu Pura Luhur Poten. Pura di wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi merupakan tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu.

Tidak heran saat perayaan Nyepi tiba, kawasan wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini selalu diramaikan dengan kunjungan warga lokal yang ingin melakukan ibadah di sana. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger pun juga ikut ditutup demi kenyamanan warga yang ingin melaksanakan ibadahnya di Pura ini.

B 29 Argosari

B 29 Argosari adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi dengan spot camping favorit di Bromo. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penanjakan 1.

Sehingga udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah serta ditambah hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Letak dari wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke B 29 ini, paket wisata Bromo terbaik pakai akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang, jalur selatan.

Bukit Mentigen

Bukit mentigen adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi dengan spot view sunrise terbaik. Di sini, paket wisata Bromo terbaik hanya menuntut pengunjung untuk jalan kaki saja dari area penginapan atau hotel di daerah cemara lawang probolinggo.

Walaupun wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini bukitnya tidak terlalu tinggi, tetapi bisa menjadi alternatif terbaik kalau berangkat ke Bromo ala backpacker. Tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2. Jalan kaki pun tidak jauh dari cemara lawang.

Bukit Kingkong

Bukit Kingkong adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Bukit Kingkong menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk melihat kecantikan sunrise di Bromo. Tempat wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini tidak jauh dari penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km saja.

Meskipun menjadi alternatif untuk melihat sunrise, paket wisata Bromo terbaik ini begitu populer di kalangan wisatawan. Sehingga untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise pun kamu harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikan keindahan sunrise dari bukit ini.

Lanjutkan Membaca ↓