Suku Bangsa adalah Keterikatan Identitas Pada Kesatuan Budaya, Ini Macamnya di Indonesia

Oleh Laudia Tysara pada 03 Mei 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 08:30 WIB
20150822-Festival-Pontianak-Suku-Dayak-Landak
Perbesar
Sejumlah warga suku Dayak bersiap meriahkan pagelaran Karnaval Katulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pengertian suku bangsa adalah berkaitan dengan kesatuan sosial. Wujud suku bangsa adalah keterikatan identitas pada kesatuan budaya. Mulai dari ras, agama, adat, bahasa, tradisi, dan lain-lain.

Ahli sosiologi dari Indonesia, Koentjaraningrat mengatakan, pengertian suku bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu dalam budaya secara sadar dan juga terikat identitas. Kesadaran dan identitas ini pada akhirnya dapat memperkuat kesatuan antar masyarakat.

Suku bangsa adalah pembeda suatu golongan sosial dalam sistem sosial. Pemengaruh suku bangsa adalah asal usul tempat tinggal dan budaya yang dekat daerah tinggalnya. Berikut Liputan6.com ulas tentang suku bangsa lebih jauh dan macam-macamnya di Indonesia dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021).

2 dari 7 halaman

Suku Bangsa Menurut Ahli

Jember Fashion Carnaval
Perbesar
Seorang peserta mengenakan kostum dalam Jember Fashion Carnaval (JFC) di Jember, Provinsi Jawa Timur pada Minggu (4/8/2019). Kegiatan ini mengangkat tema 'tribal grandeur', dengan menghadirkan keagungan 8 suku di dunia. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP)

Hasan Shadily MA

Pengertian suku bangsa adalah sekumpulan rakyat yang saling memiliki hubungan biologis.

Fredrik Brath dan Eriks Wolf

Pengertian suku bangsa adalah tanggapan terhadap etnisitas keanekaragaman sebagai perwujudan interaksi kelompok.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian suku bangsa adalah bagian kesatuan sosial berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa yang dibedakan dari unsur kesatuan sosial lain.

Ensiklopedia Indonesia

Pengertian suku bangsa adalah sekelompok atau sekumpulan manusia yang bersosial dalam suatu sistem sehingga melahirkan keputusan bersama meskipun berbeda garis keturunan, adat, agama, idiologi, bahasa dan lain sebagainya.

Raroll

Pengertian suku bangsa adalah persatuan suatu penduduk yang memiliki kesamaan rasa sehingga menyebabkan munculnya identitas diantara warga negaranya.

Koentjaraningrat

Ahli sosiologi dari Indonesia, mengatakan jika makna pengertian suku bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu dalam budaya secara sadar dan juga terikat identitas. Kesadaran dan identitas ini pada akhirnya dapat memperkuat kesatuan antar masyarakat.

John W. Santrock (Santrock: 2003)

Pengertian suku bangsa adalah budaya, karakteristik suatu kewarganegaraan, atas ras, bahasa, dan agama.

Webster’s  New  Collegiate  Dictionary (Webster: 1976)

Pengertian suku bangsa adalah sekelompok orang  yang  memiliki kesamaan tradisi dan biologis.

3 dari 7 halaman

Suku Bangsa adalah Keterikatan Identitas Pada Kesatuan Budaya

Pengertian suku bangsa adalah berkaitan dengan kesadaran manusia akan identitasnya. Suku bangsa adalah bentuk keterikatan identitas pada kesatuan budaya yang dimiliki seseorang. Suku bangsa adalah pembeda.

Ciri suku bangsa adalah berkaitan dengan asal usul tempat manusia dan kebudayaan yang dekat daerah tinggalnya. Pengertian suku bangsa adalah dapat dikaitan dengan pembeda suatu golongan sosial.

Suku bangsa adalah pembeda golongan sosial manusia satu dengan golongan manusia yang lain. Keberadaan suku bangsa adalah bagian dari kelompok sosial dalam sistem sosial karena garis keturunan, adat, agama, bahasa, tradisi, dan lain sebagainya.

4 dari 7 halaman

Suku Bangsa di Indonesia

Indonesia merupakan negeri yang kaya. Kekayaan itu tidak hanya ragam sukunya saja, tetapi juga hasil alamnya, bahasa, agama, kepercayaan, dan adat istiadat. Inilah bagian dari asal muasal suku bangsa Indonesia.

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010. Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas, hal ini akibat dari perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan saling mempengaruhi.

Macam-macam suku di Indonesia terbagi berdasarkan daerahnya. Suku bangsa Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi. Sedangkan di Kalimantan dan Papua memiliki populasi kecil yang hanya beranggotakan ratusan orang. 

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku Bangsa di Indonesia

Pacu Jawi, Balapan Sapi Khas Minangkabau
Perbesar
Seorang joki memacu sapinya saat mengikuti "Pacu Jawi" (sapi) di areal pesawahan di Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (1/12). Pacu Jawi merupakan permainan olahraga tradisional yang diadakan usai panen padi. (ADEK BERRY/AFP)

Suku Bangsa di Pulau Jawa

Suku Jawa

Macam-macam suku yang pertama adalah suku jawa. Suku jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang mana berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suku Sunda

Suku Sunda adalah salah satu suku yang berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu suku sunda juga dikenal sebagai suku terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dimilikinya yang dikenal dengan nama angklung.

Suku Madura

Suku Madura dikenal sebagai macam-macam suku di Indonesia yang menghuni kawasan Jawa Timur. Namun selain suku Madura ada pula suku lainnya, seperti Suku Osing, atau pun Tengger. Untuk suku Madura ini sendiri dikenal sebagai etnis yang memiliki populasi cukup besar.

Suku Betawi

Macam-macam suku di Indonesia adalah Suku Betawi. Betawi adalah salah satu suku yang berada di kawasan DKI Jakarta, selain dari pada suku Sunda dan juga Jawa. Suku Betawi dikenal dengan ondel-ondelnya yang sangat populer.

Suku Bangsa di Sumatera

Suku Batak

Suku batak adalah macam-macam suku yang berasal dari kawasan Sumatera Utara. Beberapa suku bangsa yang termasuk atau dikategorikan sebagai batak adalah Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungan, Batak Pakpak, Batak Angkola, serta Batak Mandailing.

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau adalah suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sumatra Barat. Suku Minangkabau sering pula disebut sebagai suku Minang yang mana memiliki sistem kekerabatan matrilineal.

Suku Melayu

Suku Melayu dikenal sebagai salah satu suku yang berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung selain dari pada suku-suku lainnya, seperti halnya suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

Sementara itu, suku Melayu sendiri memiliki nama yang berasal dari kerajaan Malaya yang mana kerajaan tersebut dikenal sebagai salah satu kerajaan di kawasan tersebut lebih tepatnya sekitar Sungai Batang Hari.

Sedangkan penggunaan kata Melayu itu sendiri terus meluas hingga ke luar Sumatra dan mengikuti teritori imperium dari Sriwijaya hingga akhirnya ia pun berkembang menuju Jawa, Kalimantan, serta Semenanjung Malaya.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku Bangsa di Indonesia

dayak
Perbesar
Mandau dan perisai menjadi pemandangan dan perlengkapan harian suku Dayak ketika menempuh perjalanan. (foto: Liputan6.com / FB / edhie prayitno ige)

Suku Bangsa di Pulau Kalimantan

Suku Dayak

Suku Dayak adalah salah satu suku yang berasal dari pulau di Kalimantan. Namun selain suku dayak, Kalimantan Barat juga dikenal dengan beragam jenis suku bangsa lainnya.

Sementara itu, untuk suku Dayak sendiri dikenal sebagai suku bangsa yang berasal dari pedalaman pulau Kalimantan secara keseluruhan. Suku Dayak juga dikenal sebagai suku dengan warisan magis yang kuat. Beragam ilmu spiritual menjadi ciri khas dari adat kebiasaan suku tersebut.

Suku Banjar

Banjar adalah salah satu suku yang berada di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan. Suku Banjar sendiri dikenal dengan jumlah penduduknya yang mencapai angka 4, 1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,7 juta jiwa yang tinggal di kawasan Kalimantan selatan, sedangkan sisa lainnya berada di perantauan.

Suku Bangsa di Pulau Sulawesi

Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku bangsa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa suku lainnya, seperti halnya Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Sa’dan, dan Suku Makassar.

Suku Bugis sendiri dikenal sebagai golongan dari suku Melayu Deutero, yang mana suku tersebut masuk ke Nusantara setelah terjadinya proses dari gelombang migrasi pertama yang terjadi di daratan Asia atau tetapnya di kawasan Yunan.

Suku Makasar

Suku Makassar dikenal sebagai etnis melayu yang berada di kawasan pesisir selatan dari pulau Sulawesi. Karena itulah lidah dari orang Makassar sering kali menyebutnya dengan kata Mangkasara yang berarti bahwa mereka memiliki sifat terbuka.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku Bangsa di Indonesia

20151112-Pembukaan WKF World Junior, Cadet and U-21 Championship 2015 Berlangsung Meriah-Tangerang
Perbesar
Penari Bali menarikan tari pendet saat pembukaan WKF World Junior, Cadet and U-21 Championship 2015 di ICE Serpong, Banten, Kamis (12/11/2015). 1.425 peserta dari 91 negara berlaga di ajang ini. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Suku Bangsa di Bali dan NTT

Suku Bali

Suku Bali sesuai dengan nama yang dimilikinya suku ini menghuni provinsi Bali dan juga terbagi menjadi dua macam suku berbeda yaitu suku Bali Aga serta Bali Majapahit.

Suku Sasak

Suku sasak adalah salah satu suku yang tinggal di kawasan Nusa Tenggara Barat, suku sasak dikenal dengan nama yang berasal dari kata sak-sak, kata sak-sak itu tadi memiliki arti sampan.

Sedangkan dalam tradisi lisan yang terdapat di masyarakat, mereka umumnya percaya bahwa kata sasak berasal dari kata sa’saq yang memiliki arti satu. Sedangkan kata Lombok berasal dari kata Lomboq yang memiliki arti lurus. Karena itulah apabila digabung maka kata tersebut akan mengandung arti sesuatu yang lurus.

Suku Bangsa di Maluku dan Papua

Suku Buru

Suku ini sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Selain sebagai Suku Buru, mereka juga sering menyebut dirinya sebagai gebfuka ataupun gebemiliar. Julukan tersebut mempunyai makna dan arti tertentu yaitu orang dunia ataupun orang tanah.

Suku Asmat

Salah satu suku di Indonesia selanjutnya yaitu Suku Asmat yang dikenal sebagai suku yang ahli dan pintar dalam berburu di hutan. Kehidupan Suku Asmat masih jauh dari jangkauan luar.

Populasi Suku Asmat terbagi ke dalam dua bagian yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai, dan mereka yang tinggal di pedalaman. Walaupun terlihat sama, ternyata kedua populasi Suku Asmat memiliki cara hidup, dialek, dan struktur sosial yang berbeda.

Lanjutkan Membaca ↓