Mengenal Arti Al Fatihah dengan Bacaan Latin, Pahami Kandungan dan Keutamaannya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 01 Mei 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 16:30 WIB
Mengenal Arti Al Fatihah dengan Bacaan Latin, Pahami Pula Kandungan dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Fatihah merupakan surah pembuka dalam Alquran. Surat ini diturunkan di Mekkah yang terdiri dari 7 ayat dan surat pertama yang dibaca seseorang dalam setiap rakaat salat. Surat ini memiliki banyak nama diantaranya Ummul-Kitab (Induk Kitab) atau Ummul-Quran (Induk Quran) yang merupakan induk dari semua Al-quran. Nama lainnya adalah As-sab’ul Matsani (tujuh yang berulang ulang) karena jumlah surah al-fatihah sebanyak 7 ayat yang dibaca berulang-ulang dalam salat, Asy-Syifa atau Ar-Ruqyah.

Membaca surat Al Fatihah merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dilakukan. Pasalnya setiap muslim yang menunaikan ibadah salat, baik salat wajib maupun sunnah, selalu dianjurkan membaca surat al Fatihah. Selain itu, surat ini juga kerap dibaca dalam pembukaan sebuah acara seperti majelis, pengajian, pembelajaran, dan lain sebagainya.

Ternyata surat Al memiliki kandungan yang penuh dengan makna mendalam dan segudang keutamaan bagi umat muslim. Berikut ini telah dirangkum oleh Liputan6.com mengenai arti Al Fatihah yang lengkap dengan arab dan latin, serta kandungan beserta keutamaannya dari berbagai sumber, Sabtu (1/5/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bacaan Surat Al Fatihah Beserta Artinya

Mengenal Arti Al Fatihah dengan Bacaan Latin, Pahami Pula Kandungan dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Kitab Al Qur’an Credit: pexels.com/Abdulmeilk

Berikut ini adalah bacaan dan arti surat al Fatihah latin yang perlu Anda ketahui :

Bismillahirrahmanirrahim 

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

Alhamdulillahi rabbil alamin

Artinya : “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,”

Ar-Rahmanir Rahîm

Artinya : “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

Maliki yaumiddin

Artinya : “Yang menguasai di hari Pembalasan,”

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta'in

Artinya : “Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan,”

Ihdinash shirathal mustaqim

Artinya : “Tunjukilah Kami jalan yang lurus,”

Shirathal ladzina an'amta 'alaihim ghoiril maghdzubi ‘alaihim waladldlallin

Artinya : (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal Kandungan Surat Al Fatihah

Mengenal Arti Al Fatihah dengan Bacaan Latin, Pahami Pula Kandungan dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Kitab Suci Al Qur'an Credit: pexels.com/Sameer

Ummul Qur’an (induk Al-Qur’an) merupakan salah satu nama lain yang disandang Al-Qur’an. Sebab isi kandungan ketujuh ayatnya merupakan intisari dari Alquran, meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa. Berikut isi kandungan surat al-fatihah meliputi :

1. Ayat pertama dan ketiga

Menyakini Allah dengan segala sifat keutamaan Nya.

2. Ayat kedua

Menyakini bahwa Allah telah mencurahkan kasih sayang-Nya dan menciptakan serta mengatur alam semesta, sebab Allah adalah Sang Penguasa alam.

3. Ayat keempat

Menyakini bahwa hanya Allah yang mengetahui dan menentukan hari akhir.

4. Ayat kelima

Meyakini bahwa tidak ada Dzat lain yang patut disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah SWT. Sehingga ayat ini berisi tentang keikhlasan, kepasrahan dan totalitas.

5. Ayat keenam dan ketujuh

Hendaknya manusia hidup dengan mematuhi segala perintah Nya dan menjauhi segala larangan Nya agar Allah selalu menunjukkan umat Nya ke jalan yang benar dan mudah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keutamaan Surat Al Fatihah

Mengenal Arti Al Fatihah dengan Bacaan Latin, Pahami Pula Kandungan dan Keutamaannya
Perbesar
ilustrasi Al-Quran/freepik

Setelah mengetahui arti surat al Fatihah, baiknya kita juga memahami keutamaannya. Adapun keutamaan dari surat al Fatihah tersebut yaitu sebagai berikut :

1.  Memudahkan hajat

Membaca surat Al Fatihah dengan niat sesuai dengan apa yang diinginkan, maka Allah akan memudahkan hajatnya.

2.  Sebagai obat

Surat Al-Fatihah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Al-Fatihah menjadi kunci pembuka segalanya. Dikutip dalam buku berjudul 'Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Alquran untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker, Tumor dan Kista' oleh H Fadhil Zainal Abidin BE dan Muhammad Vandestra mengutip surat Al Israak ayat 82, Allah SWT telah menegaskan bahwa ia telah menurunkan Alquran di dalamnya ada obat bagi berbagai macam penyakit.

"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al Israak 82).

3.  Sebagai ruqyah

Surat al Fatihah merupakaan bacaan ruqyah yang sangat penting. Ruqyah adalah salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan jin atau setan pada diri manusia.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah. Nabi bersabda bahwa tidak meruqyah seseorang, kecuali dengan membacakan Al Fatihah. Begitu istimewa surat ini maka surat ini memang dianjurkan untuk dibaca ketika sedang melakukan ruqyah.

4.  Sebagai syarat sah salat

Surat ini masuk dalam rukun salat sehingga tidak ada salat tanpa Al Fatihah. Dan apabila seseorang tidak membaca surat Al Fatihah saat salat, maka salatnya dianggap tidak sah.

5.  Melancarkan rezeki

Keutamaan surat Al Fatihah selanjutnya yakni dapat melancarkan rezeki. Dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 20 kali setelah melaksanakan salat fardhu atau salat lima waktu, maka Allah akan membukakan pintu rezeki kepada seorang muslim yang membacanya.

6.  Mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al quran

Seorang muslim yang membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah, maka Allah memberikannya pahala seperti halnya membaca sepertiga Alquran.

7.  Dilindungi dari godaan setan yang terkutuk

Membaca surat Al Fatihah ketika hendak tidur dan diikuti dengan surat Al Falaq dan An Naas akan memberikan perlindungan kepada seseorang muslim dari godaan setan yang terkutuk saat tidur.

8.  Sebagai doa meminta jodoh

Dengan membaca surat Al Fatihah setiap hari dengan hati yang tulus dan ikhlas kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Baqarah, maka Allah akan mendekatkan jodoh untuk seorang yang telah membaca surat tersebut.

9.  Mendapatkan ampunan dosa

Seorang muslim yang rajin dan ikhlas membaca surat Al Fatihah, maka Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

10. Menyelamatkan dari api neraka

Orang yang semasa hidupnya rutin membaca surat Al Fatihah, maka kelak di akhirat Allah akan menyelamatkan lidah orang tersebut dari panasnya api neraka.

Lanjutkan Membaca ↓