Sukses

Sopir Bus Ini Larang Penumpang Ucapkan Terima Kasih Padanya, Alasannya Bikin Heran

Tak sedikit orang merasa aneh saat dilarang mengucapkan terima kasih.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial manusia tak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Setiap orang tentu membutuhkan interaksi, bersosialisasi dengan orang lain. Ada kalanya kamu membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga sebaliknya.

Setelah meminta bantuan, sudah sepatutnya kita mengucapkan terima kasih dengan tulus. Meski terlihat simpel dan sederhana, tapi itu adalah sebuah penghargaan bagi orang yang telah membantu. Namun hal berbeda dilakukan oleh seorang sopir bus asal Taiwan ini.

Sopir bus yang tak disebutkan namanya itu melarang penumpang untuk mengucapkan terima kasih padanya. Larangan itu ia tulis di sebuah kertas dan ditempel pada bus yang ia kendarai. Sontak larangan ucapan terima kasih itu membuat banyak orang bingung.

Tak sedikit orang merasa aneh karena selama ini ucapan terima kasih juga jadi salah satu bentuk kesopanan ketika menerima bentuk layanan apapun dari seseorang. Kata 'Jangan' dalam tulisan Mandarin tersebut pun dicetak tebal.

“Saat kamu turun dari bus, tolong jangan ucapkan terima kasih.” tulis sopir itu seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Jumat (30/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karena Tidak Ingin Membalas Ucapan Terima Kasih

Salah satu penumpang merasa aneh bahwa pengemudi bus akan menulis pemberitahuan seperti itu, mengambil foto dan mempostingnya di media sosial. Tentu hal itu memicu perdebatan berbagai netizen.

Netizen lain telah membagikan pengalaman mereka dan mengatakan bahwa mereka telah menggunakan bus itu. Ia pun mendapat alasan yang tak terduga dari sopir itu. Sopir bus mengatakan merasa lelah dan mengalami konflik ketika dirinya mendapat ucapan terima kasih.

Tak hanya itu, alasan lain yang membuat heran adalah jika ia tak ingin membalas ucapan terima kasih tersebut. Namun saat sopir itu tak membalas ucapan terima kasih, ia akan dinilai tak sopan oleh penumpang.

“Ketika orang berterima kasih kepada saya, saya perlu memberi mereka balasan. Jika tidak, mereka akan mengatakan bahwa saya tidak sopan." tutur sopir tersebut.

3 dari 3 halaman

Netizen Merasa Aneh

Meski adanya larangan untuk tidak mengucapkan terima kasih padanya, beberapa netizen mengaku aneh dan tak biasa. Kemudian mereka memberikan beberapa komentar.

“Jika saya tidak mengucapkan 'terima kasih', saya akan merasa tidak enak.” ucap salah satu netizen.

“Bolehkah aku mengucapkan 'selamat tinggal'?” komentar salah satu netizen.

“Sepertinya aku harus mengatakan 'Aku cinta kamu'.” kata salah satu netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.