Sukses

Gempar Penampakan Awan Mirip KRI Nanggala 402 di Bali, Ini 4 Faktanya

Fenomena gumpalan awan tersebut dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Liputan6.com, Jakarta Pada Selasa (27/4) sebuah unggahan video yang menampilkan penampakan awan yang disebut mirip kapal selam ini curi perhatian warganet. Video yang menggegerkan media sosial ini terekam oleh pemilik akun Instagram @andrawan_ari.

Dalam video tersebut, tampak gumpalan awan yang menyerupai sebuah kapal selam. Video tersebut diambil di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali. Gumpalan awan tersebut kemudian dikaitkan dengan KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam di perairan utara Bali. 

“Ada yg aneh bentuk awan itu,” tulis pemilik akun @andrawan_ari pada kolom keterangan diikuti emoticon bergambar perahu yang dikutip Liputan6.com pada Rabu (28/4/2021).

Fenomena awan tersebut rupanya merupakan awan jenis cumulus. Hal itu diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Berikut fakta lain tentang awan tersebut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Video tersebut diambil pukul 05.00 Wita di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Kota Denpasar, Minggu (25/4/2021).

3 dari 6 halaman

2. Pemilik akun baru menyadari bahwa video yang ia rekam mirip kapal selam setelah melihat ulang videonya.

4 dari 6 halaman

3. Menurut BMKG, bentuk awan tersebut dipengaruhi oleh proses cuaca yakni pergerakan angin, uap air, dan jumlah uap air di wilayah tersebut.

5 dari 6 halaman

4. BMKG juga menambahkan bahwa awan yang menyerupai kapal selam itu merupakan awan jenis cumulus.

6 dari 6 halaman

Simak videonya berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini