Belum Afdal, Jika Tidak Berbuka Puasa dengan Makanan Satu Ini

Oleh Reza pada 28 Apr 2021, 16:25 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 16:25 WIB
Menu Ramadan
Perbesar
Ilustrasi menu sahur dan berbuka puasa. (Foto: Dok. Shangri-La Hotel)

Liputan6.com, Jakarta Momen Bulan Ramadan biasanya dibarengi oleh makanan yang enak dan lezat. Makanan minuman untuk buka puasa ini terasa nikmat ketika disajikan. Ada pula makanan itu biasanya muncul ketika bulan puasa saja. 

Sebagai referensi, berikut makanan buka puasa yang tak boleh ketinggalan selama Bulan Ramadan. 

2 dari 6 halaman

Kolak pisang

[Bintang] Kolak Pisang
Perbesar
Menu Buka Puasa, Kolak Pisang. (Daniel Kampua/Bintang.com)

'Berbuka dengan yang manis' mungkin itu menjadi kalimat yang pas ketika berbuka puasa. Salah satu menu yang harus kamu cicipi adalah kolak pisang. Semangkuk kolak pisang bisa membuat rasa lapar seharian terbayar lunas. 

Dengan perpaduan santan, gula merah, dan potongan pisang membuat setiap orang yang mencobanya tak ingin berhenti melahapnya. 

3 dari 6 halaman

Klepon

Melambangkan Perjuangan Hidup
Perbesar
Ilustrasi Klepon Credit: Liputan6.com/Kerupuk

Kue klepon merupakan jajanan pasar yang bis menjadi menu buka puasa yang nikmat. Saat digigit, rasa manis dari gula jawa akan lumer di mulut. Maka dari itu, saat buka puasa tak cukup satu klepon saja untuk disantap. 

4 dari 6 halaman

Es Timun Suri

Es Timun Suri
Perbesar
Ilustrasi Es Timun Suri Credit: shutterstock.com

Saat bulan puasa, buah timun suri selalu diburu oleh masyarakat. Pasalnya, buah itu bisa dijadikan es timun suri dan disajikan dingin dan dikonsumsi sebagai takjil.

Selain harganya yang cukup terjangkau, rasanya yang lembut dan enak, serta segar dan manis cocok banget untuk melepas dahaga saat berbuka puasa.

5 dari 6 halaman

Teh

Meminum Teh Hangat
Perbesar
Ilustrasi Teh Hangat Credit: pexels.com/freestocks

Banyak orang menganggap meminum teh hangat saat berbuka menjadi hal yang wajib dilakukan. Kehangatan dari teh yang disajikan bisa mencegah kamu sakit tenggorokan. Kini, sudah banyak varian teh yang bisa kamu rasakan. 

6 dari 6 halaman

Sirup

5 Racikan Minuman Istimewa untuk Berbuka Puasa, Gampang Dijamin Bisa
Perbesar
Foto: heinzabc.com

Setelah meminum teh hangat, kamu bisa memulainya dengan minuman yang segar, seperti sirup. Minuman ini bisa melepas dahaga kamu setelah seharian puasa penuh. 

Lagi pula, sirup kini memiliki varian rasa, seperti manggo squash, jeruk, lemon dan sebagainya. Pastinya saat kamu minum, tubuh akan terasa segar kembali. 

Untuk mendapatkan minuman sirup atau varian teh, kamu bisa cek marketplace, seperti di Tokopedia. Beragam jenis bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau. Lagi pula, Tokopedia memiliki promo selama Bulan Ramadan ini. 

Yuk, coba!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓