Sukses

Artis Muda Korea Selatan Jo Hana Ditemukan Bunuh Diri, Ini 5 Faktanya

Jo Hana ditemukan meninggal dunia tak lama usai menjadi korban penipuan.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari dunia entertainment Korea Selatan. Pasalnya, lagi-lagi seorang artis ditemukan meninggal dunia.

Aktris baru Korea Selatan, Jo Hana ditemukan meninggal dunia dengan cara bunuh diri. Wanita 23 tahun tersebut sebelumnya diketahui menjadi korban penipuan melalui telepon dengan kerugian mencapai 2 Juta Won atau sekitar Rp 26 juta.

Dilansir Liputan6.com dari kdramastars.com, Rabu (28/4/2021) kabar meninggalnya Jo Hana ini pertama kali disampaikan oleh salah satu temannya di media sosial. Ia juga membagikan potret bersama Jo Hana dalam akun Instagram @plusian_don. Akun tersebut juga menuliskan jika Hana menderita kesepian setelah menjadi korban penipuan dan memilih untuk mengakhiri hidupnya.

"Memegang impian menjadi seorang aktor, Hana yang baik hati menjadi sekuntum bunga dan terbang ke surga pada usia 23 tahun. ditipu dua juta won dalam penipuan telepon dan menderita kesepian." ujar akun tersebut seperti yang dilansir Liputan6.com dari kdramastars, Rabu (28/4/2021).

Kabar mengenai aktris muda Korea Selatan yang ditemukan meninggal dunia ini pun cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Jo Hana juga diketahui pernah tampil dalam acara variety show 'Ask Us Anything Fortune Teller'.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait aktris muda Jo Hana yang ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri, Rabu (28/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidak diketahui kapan meninggal dunia

Meninggalnya aktris muda Jo Hana ini sempat menjadi sorotan publik. Bermula dari unggahan salah seorang temannya di media sosial, ia menyebutkan jika Hana sempat menderita setelah menjadi korban penipuan via telepon sebanyak 2 juta Won atau 26 juta.

"Ditipu dua juta won dalam penipuan telepon dan menderita kesepian. Dia memutuskan untuk memilih hidup tanpa rasa sakit." ujar akun @plusian_don, Rabu (28/4/2021).

Meski begitu hingga saat ini belum diketahui dengan pasti kapan dan bagaimana serta Jo Hana mengakhiri hidupanya. Pasalnya, media Korea Selatan hanya mengabarkan meninggalnya Hana tanpa adanya informasi detail.

3 dari 7 halaman

2. Memulai sebagai influencer dan bekerja di klub

Sebelum menjadi seorang aktris, Jo Hana harus menjalani kehidupan yang cukup berat. Dirinya bahkan pernah bekerja di sebuah klub untuk membantu ibunya dan memenuhi kebutuhan hidup.

Dirinya bahkan sempat menjadi seorang influencer sebelum menjadi seorang aktris. Jo Hana sendiri pertama kali muncul di televisi dalam acara KBS 'Ask Us Anything Fortune Teller' pada Mei 2019 lalu.

Dalam acara tersebut, Hana turut serta menceritakan mengenai pengalaman hidupanya serta perpisahan kedua orang tuanya. Ia menceritakan jika orangtuanya berpisah karena sang ibunda Hana kerap mengalami kekeradan dalam rumah tangga (KDRT).

4 dari 7 halaman

3. Tidak mengenyam pendidikan resmi

Dalam acara Ask Us Anything Fortune Teller, Hana menyebut jika kedua orang tuanya telah berpisah sejak ia masih berada dalam kandungan. Hal ini pula yang menyebabkan dara 23 tahun tersebut tidak memiliki akta kelahiran.

Bahkan, akibat dirinya tidak memiliki dokumen resmi, membuat Hana hanya bisa bersekolah secara home schooling saat anak-anak. Tak hanya itu saja, dirinya bahkan tidak memiliki jaminan kesehatan yang seharusnya dibutuhkan oleh semua masyarakat. Untungnya, seorang pengacara bersedia membantu dalam mendapatkan akta kelahiran saat berusia 19 tahun.

5 dari 7 halaman

4 Inginkan bertemu dengan sang ayah

Jo Hana menyebutkan jika ia masih berharap bisa bertemu dengan sang ayah. Pasalnya meski kedua orangtuanya berpisah karena alasan KDRT, ia meyakini jika sang ayah masih memiliki sisi baik dalam dirinya.

"Seburuk apapun ia, ia adalah orang yang membuat diriku hadir di dunia ini. Aku masih percaya ada kebaikan di dalam dirinya," ujar Jo Hana.

6 dari 7 halaman

5. Sempat buka channel YouTube pribadi

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Jo Hana disebut-sebut telah membuka channel YouTube pribadinya. Meski terbilang masih menjadi artis baru, namu Hana diketahui begitu giat dalam belajar agar bisa sukses di dunia entertainment Korea Selatan.

Namun sayang, impian tersebut pun harus terkubur saat ia menjadi korban penipuan melalui saluran telepon. Hana pun dikabarkan mengalami syok berat dan memilih menyendiri hingga ditemukan meninggal dunia.

7 dari 7 halaman

6. KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.