Sukses

Pengertian Wirausaha Menurut Ahli, Karakteristik, dan Sifatnya

Pengertian wirausaha bisa sangat luas dalam dunia bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian wirausaha bisa sangat luas dalam dunia bisnis. Wirausaha biasanya dilihat sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, dan bisnis. Wirausaha memainkan peran kunci dalam perekonomian suatu negara.

Pengertian wirausaha sangat penting diketahui bagi kamu yang bercita-cita sebagai pengusaha. Kewirausahaan biasanya dimulai sebagai bisnis kecil tetapi visi jangka panjangnya jauh lebih besar, untuk mencari keuntungan tinggi dan menangkap pangsa pasar dengan ide baru yang inovatif. Pengertian wirausaha berhubungan dengan kreativitas, inovasi, dan keberanian.

Pengertian wirausaha berkaitan dengan penciptaan hal-hal baru untuk mencari keuntungan. Pengertian wirausaha juga sangat dekat dengan profesi yang selalu dikaitkan dengan risiko besar. Berikut pengertian wirausaha, karakteristik, dan sifatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(27/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian wirausaha secara umum

Wirausaha dalam bahasa Indonesia merupakan gabungan dari wira yang artinya gagah, berani, perkasa, dan usaha yang berarti bisnis. Jadi pengertian wirausaha secara bahasa adalah orang yang berani atau perkasa dalam usaha atau bisnis. Seseorang yang mengambil risiko memulai usaha bisnis baru bisa disebut sebagai wirausahawan.

Seorang wirausahawan menciptakan perusahaan untuk mewujudkan idenya, yang dikenal sebagai kewirausahaan. Wirausaha mengumpulkan modal dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Kewirausahaan sangat berisiko tetapi juga bisa sangat bermanfaat, karena berfungsi untuk menghasilkan kekayaan ekonomi, pertumbuhan, dan inovasi.

3 dari 7 halaman

Pengertian wirausaha menurut ahli

Josep Schumpeter

Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

Zimmerer

Menurut Zimmerer, pengertian wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan risiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.

Effendy

Wirausaha adalah orang atau individu yang melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

Raymond

Wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Kasmir

Wirausaha adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

Peter F Drucker

Wirausaha adalah sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda. Peter Drucker berkata bahwa wirausaha tidak mencari risiko, mereka mencari peluang.

Kathleen

Menjelaskan bahwa wirausaha adalah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

Stein dan John F. Burgess

Menurut Stein dan John F. Burgess wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Ahmad Sanusi

Wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

4 dari 7 halaman

Karakteristik wirausahawan

Menurut Scarborough dan Zimmerer, wirausahawan memliki delapan karakteristik khusus. Karakteristik tersebut meliputi:

Desire for responsibility

Memiliki rasa tanggung jawab atasusaha-usaha yang dilakukannya. Seorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan selalu mawas diri.

Preference for moderate risk

Lebih memilih risiko yangmoderat, artinya ia selalu mengindari risiko yang rendah dan menghindari risiko yang tinggi.

Confidence in their ability to success

Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil.

Desire for immediate feedback

Selalu menghendaki umpan balik yang segera.

High level of energy

Memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginanya demi masa depan yang lebih baik.

Future orientation

Berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan.

Skilll at organizing

Memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.

Value of achievement over money

Selalu menilai prestasi dengan uang.

5 dari 7 halaman

Sifat-sifat wirausaha

Menurut Sudrajad (2011:30-37) sifat-sifat yang perlu dimiliki wirausaha adalah sebagai berikut:

Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan sikap dan keyakinan yang harusdimiliki seorang wirausaha dalam menghadapi tugas dan pekerjaan. Di dalam sikap percaya diri terkandung nilai-nilai keyakinan, optimisme, individualisme, dan ketidaktergantungan serta yakin akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan.

Berorientasi pada tugas dan hasil

Seorang wirausaha yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengedepankan nilai-nilai motif berprestasi, ketekunan, tekad, kerja keras, energik, dan mempunyai dorongan kuat dalam meraih tujuan atau sasaran bisnis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, seorang wirausaha harus berinisiatif, disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, dan semangat berprestasi.

Berani mengambil risiko

Keberanian dan kemampuan mengambil risiko merupakan nilai utama dalam kewirausahaan. Misalnya, seorang wirausaha yang takut mengambil risiko bisnis, akan menyebabkan wirausahawan tersebut akan megalami kesulitan dalam berinisiatif. Tentu pengambilan risiko ini dilaksanakan setelah melalui pemikiran, analisis, perhitungan serta pertimbangan yang matang.

6 dari 7 halaman

Sifat-sifat wirausaha

Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang sukses tidak terlepas dari sifatkepemimpinannya, kepeloporannya, keteladanannya dalam mengendalikan usaha bisnisnya. Selain hal tersebut, pemimpindalam menjalankan usahanya secara transparan dan jujur dengan tujuan tidak hanya mencari laba saja, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan para karyawannya.

Berorientasi ke masa depan

Seorang wirausaha haruslah berwawasan ke masa depan, mempunyai visi ke depan, dan mengetahui kemana kegiatan bisnisnya tersebut akan dibawa, apa yang ingin dicapai? Strategi-strategi apa saja yang harus ia lakukan agar kegiatan dan kelangsungan hidup usahanya dapat terus terjami? Jadi, dalam hal ini diharapkan perusahaan dapat berkembang dan tetap terjamin kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang.

Kreatif dan inovatif

Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada.

Sifat kemandirian

Yang dimaksud sifat kemandirian yang dimiliki seorang wirausaha menunjukkan bahwa ia selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi. Keberhasilan dan kegagalan merupakan konsekuensi pribadi wirausaha. Dalam hal ini, seorang wirausaha bertindak dapat mengambil keputusan dan memiliki berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan.

7 dari 7 halaman

Sifat-sifat wirausaha

Memiliki tanggung jawab

Ide, perilaku, dan implementasi dari aktivitas yang dijalankna seorang wirausaha tidak terlepas dari tuntutan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab.

Selau mencari peluang usaha

Seorang wirausaha biasanya mampu melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Kemampuan inilah yang membuatnya ia bisa menangani berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.

Memiliki kemampuan personal

Semua orang yang berkehidupan sebagai wirausaha harus terus mau belajar berbagai pengetahuan, misalnya melali membaca buku atau rajin menghadiri seminar, lokakarya, terutama di bidang bisnis. Dengan demikian wawasan dan kompetensi para wirausaha akan meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.