Sukses

Awas! Pandemi Bisa Bikin Kucing Alami Stres

Perubahan apapun yang tidak biasa, bahkan perubahan positif sekalipun bisa membuat kucing stres.

Liputan6.com, Jakarta Sudah lebih dari setahun, kita harus beradaptasi dengan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya. Ya, pandemi. 

Pandemi memang memberi dampak yang signifikan, bukan hanya menyulut finansial saja, tapi juga kesehatan mental, seperti stres. Nah, stres ini ternyata bukan hanya dialami manusia saja lho. 

Kucing sebagai hewan peliharaan pun bisa stres karena pandemi. Laman Catster menjelaskan bahwa banyak kucing menderita selama pandemi dan masalahnya karena terlalu banyak cinta dari manusia. 

Jenni Grady dari pusat medis komunitas yang merupakan bagian dari Pusat Medis Hewan Cummings Universitas Tufts di North Grafton, Mass menjelaskan bahwa perilaku manusia ternyata dapat membuat kucing menjadi stres. 

"Perubahan apapun yang tidak biasa, bahkan perubahan positif sekalipun bisa membuat kucing stres. Kucing yang biasanya sendirian, tiba-tiba menemukan banyak orang di sekelilingnya," kata Grady. 

Grady menjelaskan bahwa pola kerja yang berubah, sekolah dari rumah dan aktivitas yang dilakukan dari rumah selama pandemi, menjadi hal baru bagi kucing. 

Ketika banyak orang di rumah, menurut Grady, tak sedikit manusia yang ingin memeluk si kucing. Hal inilah yang ternyata membuat risih si kucing hingga menyebabkannya stres. 

Lantaran pola kebiasaan yang berubah itu, kucing yang stres akan lebih rentan terserang infeksi penyakit. Oleh karena itu, Grady menganjurkan agar pemilik hewan peliharaan harus benar-benar menjaga kesehatan mental kucing kesayangannya. 

Misalnya dengan memberikan ruang, menjaga kenyamanan kucing, hingga tetap memperhatikan asupan makanannya. Salah satu rekomendasi makanan kucing yang bernutrisi seimbang adalah Muezza. 

Muezza merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. 

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.