20 Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi, Masih Asri dan Jarang Dikunjungi

Oleh Laudia Tysara pada 21 Apr 2021, 08:10 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 08:14 WIB
Curug Tilu Leuwi Opat
Perbesar
Curug Tilu Leuwi Opat. (Instagram.com/curugtiluleuwiopat)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam Bandung yang tersembunyi memiliki daya tarik tersendiri. Jarang terjamah oleh manusia dan membuatnya masih begitu asri. Ada air terjun atau curug, pegunungan, sungai ala pegunungan, bukit, gua, sampai tebing-tebing bekas gunung purba.

Untuk sampai di wisata alam Bandung yang tersembunyi sudah pasti tak akan mudah. Trekking menantang akan selalu ada di depan mata. Akses jalannya pun tak semulus wisata alam Bandung yang sudah hits dan populer lainnya, tetapi tempatnya begitu memesona.

Wisatawan yang ingin berlibur di tempat-tempat ini, direkomendasikan membawa bekal sendiri. Di tempat yang jarang dikunjungi pasti sulit mencari toko atau sekadar warung yang menjual makanan. Namun kelebihannya, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk di wisata alam Bandung yang tersembunyi, pasti gratis!

Berikut Liputan6.com ulas wisata alam Bandung yang tersembunyi dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Wisata Alam
Perbesar
Ilustrasi gunung batu. (sumber: Pixabay)

Ranca Upas

Masih di Ciwidey, Ranca Upas adalah destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi. Selain bisa melakukan aktivitas camping, di sini kamu juga bisa bermain dengan ruas. Tempat wisata alam Bandung ini tak terlalu sulit dijangkau.

Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini. Bersantai di pemandian air panas Ciwalini bisa menjadi opsi lain yang bisa kamu ambil. Lokasinya juga tidak jauh dari Ranca Upas, jadi bisa sekali jalan.

Perkebunan Teh Rancabali

Kamu bisa ke Perkebunan Teh Rancabali untuk sekadar menghirup udara segar khas pegunungan dan merasakan ketenangan yang menyenangkan. Kebun teh ini adalah wisata alam Bandung yang tersembunyi. Akan tetapi, tempatnya seperti destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits lainnya. Di Ciwidey, kamu tetap bisa menemukan berbagai spot instagramble.

Gunung Batu

Gunung Batu, merupakan destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi. Wisata alam Bandung ini terbuat dari patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Sebagai salah satu puncak tertinggi di Lembang, dari sini wisatawan akan dimanjakan dengan melihat pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari yang terlihat jelas.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat ini terletak di Desa Ciwangun, Parongpong, Bandung Barat. Di tempat wisata alam Bandung yang tersembunyi ini kamu akan dimanjakan dengan penampakan 4 air terjun, sungai, dan gua yang berada di satu area seluas 5 hektar.

3 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Curug Malela
Perbesar
Curug Malela. (Instagram.com/curugmalela.id)

Curug Malela

Curug Malela adalah destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi. Air terjun ini memiliki pesona dengan keindahan dan keunikannya sendiri. Anda bisa berendam di bawah air terjun ini dengan aman sembari menikmati semburan butiran air.

Destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi ini dijuluki sebagai air terjun Niagara versi mini. Itu terjadi karena debit air yang tinggi dan dibawahnya memiliki sarana air jatuh melebar.

Lokasi wisata alam Bandung yang tersembunyi termasuk terpencil dengan Medan yang susah. Namun, ketika Anda sampai semuanya akan terbayar dengan keindahannya.

Bukit Teletubbies

Bukit ini berada di wilayah Bandung Timur, tepatnya di kecamatan Cicalengka. Wisata alam Bandung yang tersembunyi satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bentuk bukit wisata alam Bandung yang tersembunyi ini sama dengan serial program televisi anak-anak, Teletubbies. Bukit Teletubbies juga menawarkan sensasi berbeda ketika kamu ingin menikmati sunset di sore hari.

Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi, berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah.

Keindahan wisata Lembang ini pun dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

4 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Kawah Putih
Perbesar
Kawasan objek wisata Kawah Putih mulai ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan Natal. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kawah Putih

Kamu juga bisa mencoba melancong ke arah Bandung Selatan. Di sana ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika mengunjungi destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi, kamu dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Taman Hutan Babakan Siliwangi

Kalau kamu ingin menikmati panorama alam yang masih asri, Hutan Babakan Siliwangi sangat cocok untuk didatangi. Saat kamu memasuki area wisata alam Bandung yang tersembunyi ini, kamu akan merasakan atmosfer alam yang sangat segar apalagi ketika pagi hari. Taman Hutan Babakan Siliwangi ini terdapat di jalan Siliwangi, kota Bandung.

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi ini juga terkenal akan danaunya. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

5 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Tebing Gunung Hawu
Perbesar
Tebing Gunung Hawu. (Instagram.com/geojourney_indonesia)

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan adalah destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi. Mata air jelita ini menawarkan udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemariĀ anakĀ muda di sini tentu saja underwater selfie.

Wisata alam Bandung yang tersembunyi ini terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000.

Tebing Gunung Hawu

Tempat wisata alam Bandung yang tersembunyi ini akan menantang adrenalinmu. Di sini kamu bisa menikmati suasan tebing yang indah dan berfoto-foto selfie. Untuk memasuki wisata alam Bandung yang tersembunyi ini, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Namun bagi kamu yang ingin mencoba tantangan untuk tidur di tengah tebing ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 100 ribu per orang.

Sungai Palayangan

Tempat wisata alam Bandung satu ini paling cocok buat outbond. Lokasinya tak begitu sulit dijangkau meski tempatnya masih sangat asri. Wisatawan bisa mencoba arung jeram yang bikin adrenalin memuncak di sungai beraliran deras ini. Tarif di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, minimal Rp150.000,00 (dengan 6 orang peserta)

6 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Sanghyang Tikoro
Perbesar
Sanghyang Tikoro. (Instagram.com/anyrus.munir)

Curug Brugbrug

Curug Brugbrug adalah destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi. Air terjun tunggal yang cukup cantik ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Dinamai Brugbrug karena suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug...brug. Untuk tiket masuk wisata alam Bandung yang tersembunyi ini dihargai sebesar Rp. 7.500 saja.

Sanghyang Tikoro

Wisata yang sangat indah menyuguhkan nuansa alam dan air jernih ini bisa kamu nikmati di Bandung. Tanpa merogoh uang sama sekali, kamu sudah bisa bersantai di pinggiran air. Namun sebelum kamu sampai menuju lokasi wisata alam Bandung yang tersembunyi ini, kamu perlu melewati jalanan yang cukup menantang terlebih dulu.

Curug Upas

Curug Upas masih sangat asri karena dikelilingi dengan pegunungan. Sehingga wisata ini menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang suka mengunjungi wisata alam. Apalagi di destinasi wisata alam Bandung yang tersembunyi ini tersedia berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda seperti bumi perkemahan serta sejumlah fasilitas umum lainnya.

Berkemah di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini akan sangat menyenangkan. Apalagi dengan suara gemericik air dan dedaunan yang akan membuat suasana lebih menenangkan. Tak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati beragam kuliner.

7 dari 7 halaman

Wisata Alam Bandung yang Tersembunyi

Sanghyang Heuleut
Perbesar
Sanghyang Heuleut. (Instagram.com/dnansamsuleh)

Tangkuban Perahu

Wahana wisata gunung dan kawah paling terkenal di Bandung ini sering menjadi tujuan wisatawan saat libur hari biasa, termasuk Lebaran. Lokasinya hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara.

Selain itu, harga tiket masuk ke destinasi wisata alam Bandung yang paling terkenal dan hits ini cukup terjangkau. Rp 22 ribu (hari biasa) dan Rp 31 ribu (hari libur atau weekend) per orangnya. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang tersaji bersama keluarga atau kerabat saat mengisi liburan nanti.

Sanghyang Heuleut

Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Wisata alam Bandung yang tersembunyi ini merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut destinasi wisata alam Bandung yang paling terkenal dan hits, cocok untuk mandi dan berfoto. Bagi yang hobi menguji nyali, silakan melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati buat yang kurang jago berenang. Tarif: Rp10.000,00

Gunung Puntang

Wisata alam Bandung yang tersembunyi selanjutnya adalah Gunung Puntang. Buat Anda yang suka mendaki jangan melewatkan Gunung Puntang. Ketinggian Gunung ini 222 MDPL, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Selain bisa menikmati keindahan alam yang mampu menyejukkan mata, Anda juga akan merasakan keunikan tersendiri ketika berada disini. Pasalnya Gunung Puntang menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari penjajahan Belanda dulu. Tak hanya itu Gunung Puntang juga tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan.

Gua Purba Sanghyang Poek

Bandung juga memiliki spot wisata goa yang indah dan menakjubkan. Wisata alam Bandung yang tersembunyi ini berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Di tempat wisata alam Bandung yang tersembunyi ini kamu akan melihat bebatuan yang masih natural dan alami ada di dalam gua. Bebatuan yang masih alami ini merupakan pusat keindahan Sanghyang Poek.

Lanjutkan Membaca ↓